Rekomendasi Dapur Terbuka Menghadap Taman, Lengkap dengan Tips dan Ukurannya!


Helloshabby.com -- Dapur terbuka memang menawarkan pengalaman memasak yang berbeda dari dapur biasa pada umumnya. Memasak di dapur terbuka tentu akan terasa lebih segar, apalagi bila lokasi dapur berhadapan langsung dengan taman rumah yang sejuk. Dapur terbuka juga memungkinkan kegiatan memasak tidak mengganggu aktivitas penghuni di dalam rumah, seperti asap masakan yang membuat penghuni tidak nyaman dan bau asap masakan yang bisa menempel pada perabotan ruangan. Angin segar dari luar bisa membawa panas dan juga bau masakan, sehingga udara di dapur akan tetap terasa segar dan anti pengap.

Nah, khusus bagi Anda yang tertarik dengan desain dapur terbuka kami hadirkan ulasan 7 Rekomendasi Dapur Terbuka Menghadap Taman, Lengkap dengan Tips dan Ukurannya! Rekomendasi desain dapur di bawah ini juga dilengkapi tips dan trik agar dapur terbuka kita selalu aman dan nyaman. Selamat membaca!



Dapur Terbuka + Ruang Makan Menghadap Taman


cr:instagram/any_a.romy

Saat hendak mendesain dapur terbuka, sebaiknya kenali kebutuhan keluarga Anda. Jika keluarga menyukai aktivitas memasak dan makan bersama, desain dapur bisa dibuat menyatu dengan ruang makan langsung menghadap taman belakang. Ruangan di atas setidaknya berukuran 2 x 4 M, area dapur sendiri dibuat lebih kecil dengan ukuran 2 x 1.5 M, sedang sisanya dimaksimalkan untuk area ruang makan bersama. Dapur terbuka di atas menghadap ke arah matahari, untuk itu pemilik memasang tirai bambu di khususnya di area memasak, sehingga area dapur lebih teduh dan tidak terlalu kepanasan. 


Dapur Terbuka ala Suasana Tropis


cr:instagram/camperenik_home

Jika space dapur dan taman sangat berdekatan, Anda bisa membuat desain dapur terbuka dengan suasana tropis yang segar. Dengan begitu, tampilan dapur dan taman tampak seperti menyatu dan menyajikan kesegaran natural yang kuat. Area dapur ini berbentuk lorong dengan ukuran 1 x 3 M. Dapur terbuka ini dipenuhi tanaman hijau sebagai dekorasi dapur dan penyemarak suasana di taman dekat dapur. Dapur terbuka dan taman yang di atas dilengkapi dengan atap transparan, yang memungkinkan tanaman hijau tumbuh subur dan membuat area dapur tetap terlihat terang. 


Dapur Terbuka dengan Atap Kaca Tempered


cr:instagram/classichomeidea

Banyak dari Bunda mengaku khawatir akan gangguan tikus dan serangga, kala mendesain dapur terbuka. Padahal kekhawatiran ini bisa diatasi, salah satunya dengan memasang atap tambahan pada area dapur dan taman. Atap ini berfungsi untuk menghalau serangga dan tikus, juga hujan yang dikhawatirkan akan membuat dapur ikut menjadi basah. 

Bunda bisa memasang atap kaca tempered atau kanopi polikarbonat bening di area dapur terbuka sebagai pelindung dari terik dan hujan. Dengan begitu, memasak di dapur terbuka akan lebih terasa aman, nyaman dan menyenangkan. 


Dapur Terbuka Menghadap Taman dengan Material yang Tepat


cr:instagram/klgproperty

Sekilas pandang saja, dapur di atas terasa sejuk dan menyenangkan. Anda tinggal meletakkan kursi taman untuk menikmati kudapan yang dibuat sambil merasakan segarnya suasana taman. 

Area dapur dibuat terpisah dari ruang-ruang selainnya. Dapur ini berukuran 3 x 1 M saja. Desain dapur dipilih dengan tampilan berbentuk belah ketupat untuk memberi kesan unik dan modern. Saat mendesain dapur terbuka yang menyatu dengan taman, pastikan Anda memilih material lantai, dinding dapur, atap dan kitchen set yang kuat, tahan lama dan tahan terhadap perubahan cuaca. Misalnya, pilih material lantai yang terbuat dari ubin, keramik, beton dan batuan alam. 


Dapur Belakang Menyatu dengan Taman Minimalis


cr:instagram/mam_hilmar

Lokasi yang paling sering untuk mendesain dapur terbuka adalah area paling belakang rumah. Dapur belakang ini berukuran setidaknya 2 x 2 M dan sangat pas dibuat menyatu dengan taman minimalis. Anda tidak perlu memasang cooker hood atau penghilang asap di area dapur. Pasalnya, asap dan panas masakan akan langsung tergantikan oleh udara segar dari taman. Karena diletakkan di luar ruangan, pilih kabinet dapur dari material kayu jati, kayu lapis atau bahan polymer supaya lebih awet. 


Dapur Terbuka 1 x 1 M Dekat dengan Kolam Ikan


cr:instagram/rakean_genyas

Mendesain dapur terbuka tak harus membutuhkan banyak lahan, bahkan dengan ukuran 1 x 1 M saja, Anda bisa membuat dapur terbuka yang nyaman seperti pada gambar di atas. Meskipun mungil, dapur ini dilengkapi dengan kitchen set lengkap yang akan memudahkan soal penyimpanan barang. Area dapur ini menghadap langsung ke kolam ikan, yang membuat suasana di dapur jadi ikut terasa segar dan lebih asri. 


Dapur Terbuka Menghadap Taman Void


cr:instagram/rumahazkaa

Dapur terbuka juga tak selalu berada di luar ruangan. Anda bisa mendesain dapur terbuka, meski dalam area ruang yang tertutup. Pastikan saja area dapur tetap terasa lapang dengan membuatnya satu lokasi dengan taman void. Dapur yang menyatu dengan taman void tetap terkesan terbuka, terlihat segar dan lebih luas. Dapur terbuka berukuran 2.5 x 1 M ini juga tetap terlihat luas dan lapang, berkat pemilihan warna furnitur dapur yang didominasi warna netral, seperti putih dan abu-abu.


Itulah  7 Rekomendasi Dapur Terbuka Menghadap Taman, Lengkap dengan Tips dan Ukurannya! Anda bisa memilih desain dapur terbuka yang sekiranya cocok dengan desain rumah Anda. Tak lupa, kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English