7 Tips Desain Ruang Tamu Minimalis Type 36 Agar Nyaman dan Luas


Helloshabby.com -- Ruang tamu tipe 36 biasanya memiliki ukuran yang cenderung kecil, 2 x 3 M atau 3 x 3 M. Ukuran ruang yang kecil jangan sampai membuat kita merasa terbatasi untuk memaksimalkannya. Ada beragam cara untuk membuat ruang tamu minimalis terlihat menarik dan terasa cozy. Anda bisa mulai dari cara termudah, seperti membersihkan atau menata ulang furnitur dan dekorasi yang ada di ruang tamu. 

Berikut ini kami sajikan beberapa ide desain ruang tamu minimalis yang bisa diterapkan di rumah tipe 36 Anda. Simak ulasannya dalam 7 Tips Desain Ruang Tamu Minimalis Type 36 Agar Nyaman dan Luas.



1. Beri Sentuhan Statement Piece

cr:instagram/dwrth_

Beri aksen dekoratif yang dapat mencuri perhatian di ruang tamu minimalis. Anda bisa membuat dinding artsy dari rajut rotan beraneka warna. Tanaman kering dalam pot juga terlihat senada dengan dinding artsy ini. Dengan begitu, tamu yang berkunjung tidak terfokus pada luas ruangan, namun terpana melihat dekorasi yang ada di ruang tamu


2. Berani Berkreasi dengan Warna

cr:instagram/desita_ike

Ruang tamu minimalis biasanya memang dikonsep dalam warna netral. Agar tak terkesan kaku dan monoton, Anda dapat berkreasi dengan warna. Ruang tamu dengan palet warna hangat ini, sangat pas diberi warna merah jambu, baik pada tirai jendela, bantal sofa dan dekorasi dinding. Aksen warna pink membuat ruang tamu minimalis type 36 ini lebih terlihat lembut dan nyaman. 


3. Tata letak yang Fleksibel

cr:instagram/dara_fitriasyarief

Ruang tamu minimalis yang nyaman dan luas juga bergantung pada tata letak furnitur dan dekorasinya. Anda bisa menata sofa dalam bentuk L seperti ini. Sebagian sofa bisa dianggap sebagai pembatas ruang. Model seperti ini juga cukup fleksibel dan tidak mengganggu akses keluar masuk dari pintu utama yang berada di sisi ruang tamu. 


4. Pilihan Sofa sesuai Dimensi Ruang

cr:instagram/rumah_upi_dan_uni

Hal pertama yang harus dipertimbangkan saat mendesain ruang tamu 36 adalah pilihan sofa. Pilih sofa yang memiliki bentuk yang pas dengan dimensi ruang tamu. Bila ruang tamu memiliki bentuk memanjang, Anda bisa memilih sofa seksional yang juga memanjang. Sofa ini sangat pas diposisikan merapat ke dinding. Anda pun akan mendapatkan lebih banyak ruang duduk, walau dalam luas yang terbatas. 


5. Pencahayaan Natural yang Optimal

cr: nziarko

Ruang tamu mungil bisa terlihat luas dan nyaman dengan pencahayaan yang memadai. Usahakan ruang tamu memiliki jendela yang cukup. Bila tidak, opsi menggunakan pintu kaca seperti ini bisa dipilih. Pintu kaca akan meneruskan cahaya alami ke dalam ruang tamu, sehingga ruangan terlihat cerah. Beri tirai tarik (rollerbind) untuk memberi privasi dan menghalau panas ekstrim di musim kemarau. 


6. Membuat Ruang Tamu Konsep Terbuka

cr:instagram/ist_ie

Untuk memaksimalkan ruang, Anda bisa mendesain ruang tamu terbuka. Ruang tamu bisa jadi satu area dengan ruang TV keluarga. Caranya mudah saja, tinggal letakkan set TV di area tersebut. Anda bisa menambahkan karpet untuk alas duduk. Konsep lesehan dan adanya sofa akan membuat ruangan lebih dinamis. Tata dengan apik, sehingga ruang tamu terbuka terlihat bersih dan lapang. 


7. Pilih Palet Warna Netral 

cr:instagram/rumah.na.la

Cara ini menjadi cara yang paling efektif untuk membuat ruang tamu terkesan lapang. Palet warna netral seperti putih, krem, dan abu-abu bisa diterapkan pada interior dan furnitur ruang tamu. Selain terlihat lapang, ruangan dengan palet warna netral juga terlihat cerah dan hangat. Beri dekorasi tanaman hias, agar ruang tamu tidak terkesan kaku. 




Terimakasih telah menyimak artikel 7 Tips Desain Ruang Tamu Minimalis Type 36 Agar Nyaman dan Luas sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English