7 Ide Desain Laundry Room yang Menyatu dengan Dapur Di Belakang Rumah


Helloshabby.com -- Area paling belakang rumah biasanya dimanfaatkan sebagai ruang khusus untuk melakukan 'pekerjaan rumah'. Area yang digunakan sebagai dapur, kamar mandi sampai laundry room. Penataan yang menyatukan dua fungsi ruang dalam satu tempat memang terbilang praktis dan hemat tempat.

Salah satu ruang yang bisa disatukan adalah laundry room dan dapur. Dua pekerjaan rumah, yaitu memasak dan mencuci baju bisa dilakukan pada satu tempat di belakang rumah. Anda pun bisa mendesainnya sebaik mungkin, agar mood saat melakukan pekerjaan rumah terasa lebih menyenangkan. Khusus untuk Anda, Helloshabby hadirkan ulasan 7 Ide Desain Laundry Room yang Menyatu dengan Dapur Di Belakang Rumah.



1. Layout Sebaris yang Praktis dan Elegan

cr:instagram/rumah_rifan

Punya area belakang rumah yang kecil? Anda masih bisa mengoptimalkannya dengan baik. Pilih layout atau penataan sebaris untuk area tersebut. Model kitchen set linear satu sisi 2 x 1 M terbilang pas untuk aktivitas memasak rumahan. Sisa ruang di sebelah kitchen set dapat digunakan sebagai laundry room. Meski terlihat sempit, laundry room ini memiliki fitur yang memadai, seperti mesin cuci lengkap dengan kran dan saluran air. Area belakang rumah ini pun terlihat elegan berkat motif bata merah ekspos dan earthy tone yang diterapkan. 


2. Nuansa Serba Pink yang Manis

cr:instagram/vyaaa21

Memasak dan mencuci baju adalah aktivitas yang menyita waktu dan tenaga. Buat desain laundry room dan dapur tampak menyenangkan dengan warna favorit Anda, pink misalnya. Anda dapat mengaplikasikan warna pink pada desain kitchen set sampai pilihan mesin cuci. Warna pink ini berpadu apik dengan warna dasar putih. Area belakang rumah ini pun tetap terlihat bersih dan segar. Penataan model L pada dapur dan laundry room juga memberikan akses bergerak yang cukup lapang. 


3. Dapur dan Laundry Room yang Bersebalahan

cr:instagram/fitri_handayani_randjugau

Ingin dapur dan tempat cuci yang lebih lega? Anda bisa mengadaptasi desain gambar di atas. Area dapur dengan meja cor tampak lebih lapang dengan bentuk huruf L. Penyimpan dapur dimaksimalkan dengan kabinet terbuka dan rak ambalan yang dipasang pada dinding. Dapur pun terlihat lebih rapi dan cantik dengan tirai ungu yang menutup kolong meja dapur dengan rapi. 

Di sebelahnya, Anda akan menjumpai ruang cuci yang cukup lega. Perbedaan ruang menggunakan lantai keramik yang berbeda motif. Tempat cuci seperti ini juga pas untuk Anda yang masih mencuci dengan tangan. Ukurannya cukup lebar untuk meletakkan ember-ember untuk merendam pakaian. 


4. Dapur dan Laundry Room Minimalis Scandinavian

cr:instagram/homamemoo

Gaya Scandinavian yang khas dengan nuansa hangat dan minimalisnya sangat tepat untuk area belakang rumah yang terbatas. Dapur dan laundry room dengan sentuhan putih dan cokelat alami memberikan visual ruang yang cozy. Dua tempat ini meski bersebelahan dibedakan dalam hal desain. Area laundry menggunakan karpet rumput untuk membuat suasana ruang tampak menyegarkan. Keduanya tetap terlihat harmonis berkat tanaman indoor yang diletakkan pada sekeliling ruang. 


5. Laundry room yang Tampak Tersembunyi dari Dapur

cr:instagram/mak_sae15

Anda bisa membuat dapur dan laundry room tampak tersembunyi, meski keduanya menyatu di belakang rumah. Dimensi ruang L memungkinkan mesin cuci sebagai laundry room diposisikan di sisi dapur, terpisah dari area memasak. Penataan ini bisa tetap memberikan kenyaman saat memasak atau pun mencuci. Pastikan saja, saluran air mesin cuci memiliki posisi yang tepat agar air cucian tidak menggenang di lantai. 


6. Laundry Room dan Dapur dekat Kamar Mandi

cr:instagram/abyan_ameera

Dapur dan laundry room dengan nuansa warna pink memang tampak manis dan menyenangkan. Posisi mesin cuci terletak tepat di sebelah kamar mandi. Desain penataan seperti ini lebih memudahkan Anda. Selang pembuangan air dari mesin cuci bisa diletakkan ke kamar mandi. Sehingga, air bekas cucian akan langsung mengalir ke saluran pembuangan kamar mandi. 


7. Dapur dan Laundry Room + Jemuran Indoor

cr:instagram/sona_alatas

Bila area belakang rumah cukup lega seperti ini, maksimalkan untuk beberapa ruang sekaligus. Anda bisa menata dapur, ruang makan dan ruang cuci jemur sekaligus. Desain belakang rumah lebih harmonis dengan nuansa monokrom pada ketiga ruang tersebut. Area laundry room juga dilengkapi dengan tempat menjemur pakaian. Bagian atasnya memiliki atap transparan untuk membuat jemuran tetap kering alami, meski di dalam ruangan. 




Terimakasih telah menyimak artikel 7 Ide Desain Laundry Room yang Menyatu dengan Dapur Di Belakang Rumah sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English