Inspirasi Rumah Panggung Sederhana yang Hemat Kantong dan Hemat Lahan


Helloshabby.com -- Dewasa ini, banyak orang yang memilih desain rumah dengan bangunan yang lebih modern. Meski begitu, tetap ada beberapa yang lebih memilih tinggal pada rumah panggung. Desain rumah panggung terkesan tradisional. Anda mungkin masih menjumpai rumah panggung sederhana di daerah pedesaan, pesisir dan lainnya. 

Rumah panggung umumnya dibuat dari material kayu yang mudah didapat, murah dan mudah dipasang. Desain rumah panggung juga bisa dibuat menyesuaikan lahan, termasuk lahan kecil yang dimiliki. Sebagai tambahan pengetahuan desain rumah tropikal, yuk intip Inspirasi Rumah Panggung Sederhana yang Hemat Kantong dan Hemat Lahan.


Fasad Rumah Panggung Sederhana


Kesederhanaan sudah nyata terlihat dari bentuk fasad rumah panggung ini. Fasad rumah berbentuk kotak simetris dilengkapi dengan fitur jendela hitam. Rumah panggung ini tersusun dari batang kayu sebagai penyangga bangunan dan papan kayu untuk dinding rumah. Pemilik menambahkan finishing berupa wallpaper atau stiker motif batu susun sirih untuk membuat visual fasad rumah lebih asri. 


Teras Mini dan Ketinggian yang Rendah


Rumah panggung ini memiliki ketinggian atau 'panggung' yang tidak terlalu tinggi. Namun, cukup untuk memberi perlindungan dari banjir atau hama di sekitar hunian. Selain ketinggian yang rendah, rumah ini juga memiliki ukuran teras yang mini. Lantai teras dilapisi dengan karpet agar tampilannya tidak terlalu polos. Teras depan juga sebagai akses menuju ke dalam rumah lewat pintu samping. 



Kontruksi Atap Seng


Rumah panggung cenderung ramah lingkungan. Pembangunannya cukup mudah tanpa menyebabkan kerusakan pada lanskap sekitar rumah. Hunian ini menggunakan atap dari material seng/galvalum atau metal. Atap metal memiliki harga yang lebih terjangkau dan mudah dipasang dibandingkan material genteng yang lain. Atap metal ini disangga oleh kuda-kuda dari material kayu yang tersusun kokoh di bawahnya. 


Pemasangan Jendela sebagai Sumber Udara dan Cahaya


Penggunaan atap seng bisa membuat hunian terasa panas. Siasati dengan memasang jendela pada dinding-dinding rumah. Lebih banyak jendela akan memungkinkan lebih banyak udara segar masuk ke dalam rumah. Sirkulasi udara berjalan lebih baik dan ruangan di dalam rumah akan terasa terang alami. 

Note: Penggunaan atap seng memang lebih cocok untuk daerah yang tidak terlalu panas, seperti area pegunungan. 


Ruang Tamu dengan Sentuhan Modern


Dari luar rumah panggung ini memang terlihat sederhana, namun furnitur di dalamnya sudah mendapat sentuhan modern. Penggunaan sofa biru dalam desain yang modern dan elegan. Fitur hiburan seperti televisi dan dvd pada area ruang tamu mungil ini. Furnitur yang dipilih memiliki beban yang cukup berat. Tentunya, kontruksi lantai pada rumah panggung ini menggunakna material kayu solid yang sangat kuat. 


Fitur Hiburan Di Rumah


Walau tinggal di rumah panggung sederhana, pemilik menghadirkan hiburan untuk bisa dinikmati bersama pasangan atau keluarga. Set meja dan TV diletakkan tepat setelah pintu masuk. Meja TV ini diisi dengan dekorasi bingkai memorable photo dan koleksi boneka pemiliknya. Jarak antara pintu dan meja cukup kecil, namun masih bisa menjadi akses masuk. 



Desain Ruang Terbuka


Untuk memaksimalkan lahan terbatas, satu ruang dibuat dalam model terbuka atau tanpa sekat. Area ruang makan yang langsung jadi satu dengan ruang tamu. Area ruang makan tidak terlihat penuh barang, dengan furnitur yang lebih ramping. Dekorasi dipasang pada dinding berupa jam tempel dan bingkai hias untuk mempercantik tampilan ruangan. 


Set Kursi dan Meja Makan Ekonomis


Rumah panggung ini memiliki kelemahan dari segi kemampuan untuk menampung beban furnitur di dalamnya. Oleh karena itu, sebagian set furnitur bisa dipilih dalam desain yang ringan dan hemat tempat. Misalnya, membeli set kursi dan meja makan dari material plastik yang ringan dan hemat kantong
 

Kamar Tidur Sederhana pada Rumah Panggung


Rumah panggung ini berdiri pada lahan yang tidak besar. Maka, jangan heran bila Anda menjumpai kamar tidur berukuran kecil seperti ini. Kamar tidur ini dibuat lesehan tanpa ranjang agar ruangan tampak lebih lapang. Furnitur lainnya dipilih dalam desain rendah untuk menyesuaikan kasur di lantai. Selain itu, kamar juga dilengkapi fitur pendingin ekonomis yang terpasang di dinding. Sehingga, tidur lebih nyaman dan anti kepanasan. 


Terimakasih telah menyimak artikel Inspirasi Rumah Panggung Sederhana yang Hemat Kantong dan Hemat Lahan sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : via: Awesome Phillipines

Categories in English