7 Desain Kolam Ikan Minimalis Keren


Helloshabby.com -- Menghadirkan kolam ikan di rumah banyak memberikan kelebihan. Pertama, bagi Anda pecinta ikan hias tentu merawat dan melihat ikan hias tumbuh besar nan cantik akan memberi kesenangan dan kepuasan tersendiri. Kedua, adanya kolam ikan akan melengkapi desain lanskep taman, baik taman luar atau taman indoor. Ketiga, kolam ikan bisa menjadi sarana refreshing simpel yang menyegarkan jiwa dan raga. 

Bila Anda tertarik untuk membuat taman dengan kolam minimalis di dalamnya, yuk, simak ulasan menarik tentang 7 Desain Kolam Ikan Minimalis Keren.


Kolam Ikan Minimalis dengan Dek Kayu

instagram/deckingkayuulin

Ada beberapa desain kolam ikan yang dibuat landai dari permukaan tanah. Ini bertujuan agar ikan-ikan hias lebih mudah dilihat. Model kolam seperti ini juga lebih hemat tempat. Anda bisa melengkapi sekeliling kolam dengan dek kayu seperti di atas. Pilih material dek kayu ulin yang awet dan tahan perubahan cuaca. Adanya dek kayu ini bisa digunakan jadi tempat bersantai sambil menikmati keindahan ikan pada kolam. 


Kolam Ikan Keren ala Sungai Alami

instagram/ikankoimu

Desain kolam yang satu ini memang bukan termasuk kolam minimalis. Namun, desain kolam yang keren ini layak untuk kita bahas. Kolam ikan ini tampak menyatu dengan aliran air yang dibuat sealami mungkin, layaknya pada sungai alami. Dengan bagian hulu yang dipenuhi batuan yang tersusun apik. Bagian hilir khusus untuk desain kolam ikan koi jumbo yang bisa dinikmati sambil duduk di serambi teras. 


Desain Kolam Ikan Minimalis di Indoor Garden

instagram/inside.inaku

Daripada bingung, manfaatkan void rumah jadi taman indoor. Taman kecil ini akan terasa menyegarkan dengan adanya kolam ikan koi. Kolam ikan juga makin rindang dengan adanya beragam tanaman hijau tropikal. Meski berukuran minimalis, taman indoor dengan kolam ikan ini bisa jadi sumber penyegaran utama saat berada di dalam rumah. 


Kolam Ikan Keren ala Tropikal Oasis

instagram/rumaalima

Kehadiran taman dan kolam ikan minimalis bisa diibaratkan sebagai oasis di rumah. Kolam ikan akan memberikan suasana rumah yang sejuk dan segar. Dengan tambahan tanaman tropis yang rindang. Spot kolam yang lengkap dengan tanaman dan pancuran mini bisa menjadi spot healing keluarga. Melihat ikan hias berenang,  mendengar suara air mengalir akan menawarkan ketenangan yang menyenangkan jiwa dan raga. 


Kolam Ikan dari Batuan Kali

instagram/mudabeda_naturally

Beralih ke desain kolam yang lebih tinggi dari permukaan tanah. Kolam ini dibangun permanen dengan finishing berupa batuan kali yang disusun rapat dan kokoh. Batuan ini juga menjadi media tanam untuk beberapa tanaman meramat, seperti pakis dan sebagainya. Belum lagi, tanaman berdaun lebar yang akan membuat suasana kolam terasa asri. Desain kolam seperti ini sangat cocok untuk rumah bergaya tradisional vintage. 


Kolam Ikan Minimalis Depan Rumah

instagram/ayrianti

Hadirkan kolam ikan di depan rumah untuk menyambut Anda. Setelah beraktivitas di luar, melihat ikan hias berenang ke sana ke mari dan aliran air yang menyegarkan, bisa meredakan stres yang melanda sehabis bekerja. Buat kolam ikan dengan bentuk dan desain yang menyesuaikan lahan di depan rumah. Semakin sederhana, tentu desain kolam ikan akan semakin minim perawatannya.  


Desain Kolam Ikan U dengan Pohon Rindang

instagram/selaras_taman

Jangan terpaku pada bentuk kolam yang mainstream! Anda bisa membuat desain kolam ikan dalam bentuk U seperti di atas. Kolam ikan U akan membuat ikan memiliki lebih banyak ruang untuk bergerak, sehingga ikan-ikan hias tidak mudah stres saat hidup di kolam. Bagian tengah bisa dimanfaatkan untuk menanam pohon rindang, agar kolam tidak terlalu panas. 


Terimakasih telah menyimak artikel 7 Desain Kolam Ikan Minimalis Keren sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English