7+ Desain Taman dengan Kolam Ikan Hias


Helloshabby.com -- Sebuah kolam ikan biasanya dibuat untuk memberi suasana segar dan tampilan taman lansekap yang lebih atraktif. Adanya kolam ikan akan membuat taman terasa lebih 'hidup'. Ikan-ikan hias dalam kolam juga bisa jadi investasi tersendiri, terutama bila Anda seorang kolektor atau pecinta ikan hias. 

Bila Anda sedang mencari inspirasi desain kolam ikan hias yang menarik, kami hadirkan ulasan 7+ Desain Taman dengan Kolam Ikan Hias.


Kolam Ikan Cantik Di Sudut Taman

instagram/cepontzsons

Sudut taman yang kosong bisa diisi dengan sebuah kolam ikan. Buat desain kolam dengan gaya modern dan alami seperti ini. Gaya modern terlihat dari penggunaan kaca transparan pada sisi depan kolam. Kaca ini memungkinkan ikan hias terlihat dari permukaan kaca. Gaya alami sendiri cukup kuat terasa dengan elemen bebebatuan, terutama di sekitar aliran air. 


Kolam Ikan Koi Memanjang

instagram/koiwatergardens

Maksimalkan space taman yang banyak tersisa untuk sebuah desain kolam ikan yang memanjang. Buat kedalaman kolam ideal untuk ikan koi hidup di dalamnya. Secara umum, kedalam kolam ikan koi dua kali panjang rata-rata ikan koi atau sekitar 120-250 cm. Kedalam dan panjang kolam ideal akan menyebabkan ikan tumbuh sehat dan dapat bergerak bebas. 


Desain Kolam Ikan Minimalis

Taufan Maulana

Kolam ikan minimalis dalam bentuk kotak seperti di atas, cukup banyak dijadikan opsi desain kolam. Kolam ini bisa terbuat dari campuran semen khusus dengan permukaan kaca transparan pada bagian tengahnya. Permukaan kaca memungkinkan Anda untuk tetap bisa melihat ikan hias meski di kejauhan. 


Desain Kolam Di Void Rumah

instagram/nishikigoilovers

Area void rumah yang semi terbuka bisa dibuat sebagai habitat ikan hias. Anda bisa membuatnya tampak jernih dengan alas kolam dalam warna biru. Alas berwarna biru dan air jernih akan menampakkan ikan hias dalam corak dan warna-warni yang semarak indah. Tempatkan sofa atau kursi untuk bisa bersantai sambil melihat kolam ikan dalam rumah ini. 


Kolam Ikan Koi dengan Mini Waterfall

instagram/jose_fzj80

Kreasikan desain kolam ikan idaman Anda. Anda bisa membuatnya tampak dinamis dengan aksen lengkung. Bentuk yang tidak terlalu kotak akan membuat tampilan kolam tidak terlalu kaku. Bagian hulu taman dibuat lebih alami dengan adanya mini waterfall. Undakan dibuat dalam tiga step yang akan memberi efek air mengalir yang menenangkan.


Desain Taman Cantik dengan Kolam Ikan

instagram/lagocarpa

Punya taman dengan tempat duduk dan pergola akan terasa makin lengkap dengan keberadaan kolam ikan. Anda bisa menggunakan model kolam ikan alami seperti ini. Alas kolam yang digunakan membuat permukaan air menjadi tampak jernih, dan menampakkan ikan-ikan koi dengan corak dan warna yang beragam. Adanya batuan kali berukuran besar menambahkan kesan alami pada kolam ikan. 


Kolam Ikan Lega dengan Dek Khusus

instagram/terrakoi

Kelebihan dari ikan koi atau ikan hias lainnya adalah kemampuan mereka untuk tidak takut mendekati manusia. Dengan kolam yang cukup lega seperti di atas, ada baiknya Anda menghadirkan spot khusus untuk menikmati keindahan kolam sambil memberi makan ikan. Salah satunya dengan membuat dek kayu khusus untuk tempat duduk outdoor. Bersantai dan mengobrol bersama di tepi kolam ikan pun bisa terwujud. 


Desain Kolam dengan Jembatan Kecil

instagram/koipondbuilder

Jika memiliki kolam ikan yang cukup panjang, Anda bisa membuat sebuah jembatan mini. Jembatan ini sebagai akses penghubung dari satu sisi ke sisi lain. Dengan begitu, Anda tak perlu memutar terlalu jauh bila hendak mengakses area di samping taman. Kolam ikan ini juga cukup aman bila memiliki anak-anak. Dengan pagar kaca dan pagar kawat yang mengelilingi kolam sebagai pembatas dan pengaman kolam. 



Terimakasih telah menyimak artikel 7+ Desain Taman dengan Kolam Ikan Hias sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English