Cara Membuat Taman di Atap Rumah


Helloshabby.com -- Tinggal di perkotaan padat penduduk, sering jadi penghalang untuk mendapatkan taman yang segar. Untungnya, keterbatasan ini bisa diatasi dengan menghadirkan sebuah taman di atap rumah. Ya, taman atap atau rooftop garden akan membuat area atap rumah lebih fungsional dan lebih indah. Dengan berbagai tanaman, atap taman juga membantu untuk mengurangi polusi dan menyediakan udara yang lebih bersih. 

Konsep taman di atap rumah memang terdengar menyenangkan. Namuan, ada beberapa cara atau hal yang harus diperhatikan untuk menghadirkan sebuah taman atap. Simak detailnya dalam ulasan Cara Membuat Taman di Atap Rumah.


1. Menentukan desain dan tujuan taman

instagram/aguscwid

Saat hendak membuat taman di atap rumah, pertimbangkan lebih dahulu tujuan dari pembuatan taman rooftop. Anda bisa menjadikan taman sebagai tempat bercocok taman, tempat bersantai outdoor, atau bahkan keduanya. Setelah itu, pilih desain taman yang sekiranya cocok dengan dimensi atap rumah. Jika dirasa perlu, pasang fitur seperti kanopi untuk mendukung kenyamanan pada desain taman atap. 


2. Sesuaikan desain dan kontruksi lahan

instagram/tukang_kebun.id

Taman atap idealnya dihadirkan pada atap datar. Jadi, bila kontruksi atap rumah tidak memungkinkan, agak sulit untuk menghadirkan sebuah taman atap. Pastikan juga kontruksi atap cukup kuat untuk menampung beban di atasnya. Anda bisa membuatnya sesederhana ini, dengan rumput sintetis dan taman kering sukulen yang memberi percik keindahan dan kesegaran. 


3. Pilih jenis tanaman yang cocok 

instagram/acidism

Taman di atap rumah bisa menjadi tempat khusus untuk bersantai dan merawat tanaman. Taman dengan tanaman memang terlihat lebih sempurna. Namun, pastikan memilih jenis tanaman yang cocok untuk ditumbuhkan di atap rumah. Atap cenderung lebih panas, baiknya Anda memilih jenis tanaman yang bisa tumbuh outdoor dengan cahaya matahari langsung yang melimpah. 


4. Memasang Pelindung 

instagram/lulukmd

Taman atap atau rooftop garden bisa dibuat terbuka tanpa atap. Namun, apabila Anda ingin menikmati taman tanpa merasa kepanasan, pertimbangkan untuk memasang atap pelindung di atasnya. Atap bisa menggunakan kanopi dengan penutup semi transparan seperti ini. Penutup seperti ini akan membuat beberapa area atap terlindung dari matahari dan hujan. Atap ini juga bisa menjadi opsi untuk beberapa jenis tanaman yang tidak menyukai sinar matahari langsung. 


5. Sediakan tempat duduk

instagram/reniimomthree

Taman rasanya kurang lengkap tanpa adanya tempat duduk. Untuk itu, sediakan tempat duduk agar Anda bisa duduk santai sambil menikmati suasana luar di atap rumah. Model tempat duduk baiknya menyesuaikan kontruksi atap. Atap yang tidak terlalu besar lebih cocok dengan kursi outdoor yang ringan dan ramping. Anda bisa menggunakan bangku permanen untuk rooftop yang lebih luas. 


6. Tambahkan Dekorasi 

instagram/unwndluxhostel

Jangan lupakan untuk menambahkan dekorasi pada taman rooftop! Beri dekorasi sesuai dengan konsep tema kesukaan Anda. Ingin suasana rooftop dengan sentuhan rustic? Cobalah untuk membuat lampu taman string lights dengan kap rustik yang cantik. Kap lampu rustik dengan nyala temaram akan menghadirkan suasana yang hangat di malam hari. 


Terimakasih telah menyimak artikel Cara Membuat Taman di Atap Rumah sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English