Penataan Rumah Sederhana di Kampung: Tenang & Asri


Helloshabby.com --  Tidak masalah bila, kita hanya tinggal pada rumah sederhana di kampung. Tinggal di kampung memberi suasana yang sejuk dan menenangkan. Rumah sederhana namun tertata rapi tetap bisa memberi rasa nyaman untuk penghuninya. Walau dengan furnitur sederhana, rumah di kampun akan memberi atmosfir dan suasana yang ngangenin bagi yang pernah berkunjung ke sana. Yuk, mari kita lihat inspirasi dari penataan rumah sederhana di kampung: tenang & asri


Fasad Rumah Batako Hemat Bujet

Lugen M Geromo

Rumah di desa bisa dibangun dari material batako seperti ini. Atap rumah menggunakan material genteng galvalum. Opsi ini cocok untuk kampung di area dataran tinggi, karena cuaca tidak akan membuat rumah terasa panas. Pembangunan rumah seperti ini sederhana dan hanya memakan bujet yang tidak terlalu besar. Tambahkan warna dekoratif seperti warna hijau pada pagar dan fitur eksterior untuk menyegarkan suasana rumah. 


Teras Rumah Sederhana


Suasana yang sejuk membuat teras rumah di kampung cocok untuk mengobrol bersama tetangga. Tidak perlu ribet, Anda bisa melapisi lantai dengan karpet khusus ala vinyl seperti ini. Letakkan keset untuk membersihkan kaki sebelum memasuki area teras dan rumah. Pastikan juga lantai teras tetap bersih, supaya Anda bisa duduk lesehan santai sambil mengobrol di teras depan. 


Interior Rumah yang Rapi

Lugen M Geromo

Masuk ke dalam rumah, Anda akan menjumpai interior ruang yang tampak begitu rapi.  Memiliki dua buah sofa tanpa punggung yang diletakkan dekat ke dinding. Penataan seperti ini akan membuat rumah terasa lebih luas dan lapang. Anda juga bisa melapisi lantai rumah dengan karpet berpola untuk menyemarakkan suasana interior rumah.  


Dapur Sederhana dan Fungsional


Area dapur menggunakan karpet dalam pola kayu pekat seperti ini. Ini membuat dapur terasa sejuk dan asri. Memiliki dapur dengan meja cor dengan bagian kolong meja yang kosong. Kolong dapur ini terlihat lebih rapi tertutupi oleh tirai floral minimalis. Meja dapur terbagi dengan jelas, sebagai meja dengan wastafel dan meja khusus untuk memasak dan menyiapkan masakan. 


Dapur Luas dan Lapang

Lugen M Geromo

Dimensi dapur cukup luas dengam bentuk memanjang. Kontruksi di atasnya, menggunakan atap galvalum/seng dengan dinding anyaman bambu berlubang. Ini akan membuat dapur tetap terang dan sejuk. Model dapur yang memanjang cukup untuk meletakkan tambahan meja untuk penyimpanan masakan. Area yang kosong juga masih bisa digunakan untuk menyimpan motor bila saat malam tiba. 


Tempat Tidur Sederhana 


Kamar tidur ini memiliki ukuran yang terbilang kecil. Namun, beruntung, masih terdapat dua jendela sisi di dalam kamar. Jendela akan menyalurkan cahaya dan memberi sirkulasi udara yang baik ke dalam kamar. Kamar yang kecil lebih baik menyediakan ranjang dan memilih model kasur lantai. Kasur lantai yang bisa dilipat juga bisa menjadi opsi untuk fleksibilitas mendapatkan space kamar tidur yang lebih lapang. 


Ide Ruang Serbaguna

Lugen M Geromo

Walau terbatas, rumah ini masih memiliki sebuah ruang serbaguna. Dibatasi oleh sekat bahan papan triplek, ruangan digunakan sebagai tempat penyimpanan pakaian dan tempat untuk menggantung pakaian kering. Ruangan ini juga bisa dimanfaatkan untuk temppat menyetrika baju-baju formal yang akan digunakan ke acara syukuran di kampung. Bila tidak menggunakannya jadi tempat istirahat juga bisa dilakukan. 


Terimakasih telah menyimak artikel Penataan Rumah Sederhana di Kampung: Tenang & Asri sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Lugen M Geromo

Categories in English