Tips Desain Dan Dekorasi Musholla Dalam Rumah Yang Nyaman

Contoh desain mushola dalam rumah


Helloshabby.com - Bagi umat muslim, sholat merupakan ibadah yang wajib dijalankan. Ditambah kegiatan ibadah yang lain seperti membaca Al Quran dan lain sebagainya. Namun banyak diantara kita tidak mengalokasikan sebuah ruangan dirumah dengan dekorasi yang tepat untuk mendukung kegiatan ibadah tersebut. Padahal dengan desain dan dekorasi yang benar, aktifitas ibadah dirumah dapat menjadi lebih khusuk (khusus bunya dan anak anak ya :) Bapaknya tetap di Masjid atau di Musholla berjamaah. Sebelum membangun mushola dirumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diaantaranya :

MEMPERLIHATKAN UKURAN

Hal pertama yang perlu Anda perlihatkan adalah ukuran luas mushola. Ukuran minimum yang baisa digunakan 70 cm X 140 cm untuk satu orang. Jika Anda ingin mendesain tiga shaf dengan peruntukan 3 orang per shaf maka ukuran ruangan yang diperlukan sekitar 2,5 X 4 m.

MENYESUAIKAN ARAH KIBLAT

Arah mushola disesuaikan dengan arah kiblat agar penggunaan ruangan menjadi lebih efektif. Anda bisa menutup dengan dinding yang permanen  agar aktifitas sholat dapat berlangsung lebih khusuk. Namun Anda juga bisa menggunakan sebuah partisi ruangan dirumah Anda dan juga arah kiblat sholat.

FURNITURE

Rak atau lemari tempat penyimpanan peralatan ibadah sebaiknya ditempatkan di area yang mudah dijangkau. Lemari minimalis dengan model yang simpel dengan pilihan yang tepat.

MEMASANG KALIGRAFI

Pesan Produk melalui whatsapp : 08568160677

Pesan Produk melalui whatsapp : 08568160677

Pesan Produk melalui whatsapp : 08568160677


MENYESUAIKAN WARNA 

Warna interior ruangan mushola sebaiknya dipilih warna yang dingin dan menyejukkan mata. Contohnya warna hijau muda, kre, biru muda, salem dan warna-warna pastel. Jangan menggunakan warna-warna yang terang dan panas. Jika Anda ingin memadupandankan warna, pilihlah warna yang senada atau netral dan jangan memilih kombinasi warna yang kontras.

MEMILIH KARPET

Anda bisa memilih sajadah yang tebal agar proses ibadah sholat terasa nyaman. Anda bisa juga menggelar sebuah karpet tebal lebih dahulu di bawah permukaaan sajadah. Motif dan pola karpet sebaiknya yang polos.

TATA CAHAYA

Tata cahaya ruangan mushola juga perlu dilihatkan. Pencahayaan yang cukup dan juga tidak berlebihan.

MEMBERIKAN PENGHARUM

Hadirkan kenyamanan dalam ruangan mushola dengan menyebarkan aroma wewangian. 

Categories in English