6 Ide Brilian Mendesain Dapur Kecil yang Perlu Dicoba


Helloshabby.com -- Dapur kecil yang dirancang dengan sebaik mungkin juga bisa membawa banyak manfaat. Mendesain dapur berukuran kecil tentu akan lebih mudah dan lebih ergonomis. Selain itu, dapur kecil menawarkan kepraktisan saat memasak. Memiliki dapur kecil juga membuat kita lebih mudah dalam membersihkan dapur sehabis dipakai. 

Desain dapur kecil juga bisa tampil cantik dan menarik. Pastinya, dapur yang terlihat menarik akan selalu membuat kita semangat saat memasak. Lantas bagaimana cara mendesain dapur kecil? Anda bisa mulai dari pemilihan tema dapur, lantas memilih furnitur dan dekorasi lain yang hendak diletakkan di dapur. Tenang saja, mendesain atau merenovasi dapur kecil tidak selalu membuat pengeluaran jadi membengkak. Coba simak dulu ulasan 6 Ide Brilian Mendesain Dapur Kecil yang Perlu Dicoba.  
 

Pilih Desain Kitchen Set yang Praktis 

cr:instagram/mrsthina17

Untuk dapur yang berada di sudut ruangan, Anda bisa memilih desain kitchen set dengan bentuk L yang menempati ruang sempit dengan pas. Pada dapur bentuk L yang menghadap dinding kosong, Anda masih bisa memanfaatkan area dinding dengan memasang rak atau lemari dinding. Dengan begitu, setiap ruang termanfaatkan secara maksimal. 

Supaya tampilannya terlihat menarik, Anda bisa memilih tema biru dan putih dipadukan dengan lantai tegel cantik. Meski kecil, tampilan dapur yang satu ini terlihat sangat classy dan elegan.  
 

Pilih Warna Terang untuk Dapur Kecil

cr:instagram/momsathomee

Saat mendesain dapur kecil, ada baiknya kita memilih warna terang untuk diaplikasikan pada dapur. Pilihan warna putih, krem, biru atau warna cerah lainnya dapat diaplikasikan pada lantai, dinding dan aksesoris dapur. Warna-warna cerah akan memantulkan cahaya yang dapat membuat dapur terlihat lebih luas dan lapang. Pastikan selalu memasang jendela atau atap transparan di area dapur, namun jika tidak memungkinkan, kita bisa memilih lampu ruangan yang cukup kuat untuk menerangi seluruh area dapur. 

Desain Dapur Cor Minimalis dengan Aksen Merah

cr:instagram/oemahaleyza

Bagi Anda yang menyukai  meja dapur cor, desain dapur di atas bisa diaplikasikan pada dapur Anda. Meja dapur atau counter table ditata dengan model double galley, dimana meja dapur di letakkan di sisi kanan dan kiri ruangan dapur. Penataan ini menyisakan space tengah kosong yang digunakan untuk aktivitas memasak. Model penataan ini juga lebih ringkas, Anda tidak perlu membeli rak atau meja tambahan, sebab sudah terdapat meja dapur khusus untuk menyimpan masakan sampai beberapa perabot dapur. 

Jika merah adalah warna favorit Anda, tambahkan aksen merah pada beberapa furnitur dan aksesoris dapur untuk membuat tampilan dapur terlihat lebih unik dan menarik. 

Manfaatkan Kolong Dapur 

cr:instagram/sweet_hoonesty

Pada meja dapur cor seringkali menyisakan area kolong dapur. Space di kolong dapur ini dapat dimanfaatkan sebagai penyimpanan, misalnya penyimpanan perabot memasak, kompor gas dan lain sebagainya. Ada model penyimpanan dengan mendesain kabinet khusus kolong dapur. Ada pula yang meletakkan berbagai perabot dengan menggunakan boks kontainer di bawah kolong dapur.

Supaya tampak rapi, area kolong dapur yang terbuka bisa ditutup dengan tirai kolong dapur. Pilih desain tirai dan kabinet dengan warna senada, agar dapur jadi terlihat memiliki tampilan yang senada. 

Pasang Jendela di Dapur 

cr:instagram/tika_moestika

Dapur di ruang tertutup cenderung terasa pengap dan sumpek, terutama saat aktivitas memasak berlangsung. Untuk itu, selalu perhatikan sirkulasi udara di dapur. Banyak orang memasang cooker hood di dapur tertutup. Cooker hood ini bisa menyerap asap, panas dan bau saat memasak di atas kompor. Namun, harga cooker hood yang mencapai sekitar harga 3 jutaan terbilang pricey bagi beberapa orang. 

Solusi lain selain cooker hood tentu memasang jendela di dapur. Pemasangan jendela lebih praktis, bahkan bentuknya bisa menyesuaikan ukuran dapur. Di dapur kecil, Anda juga bisa memasang jendela berukuran kecil. Jendela ini diletakkan di atas kompor, supaya asap masakan cepat tergantikan dengan udara luar. Memasak pun jadi lebih segar dengan adanya jendela di dapur. 


Hiasi Keramik Dinding

cr:instagram/yusroh_amalia

Keramik dinding dapur atau backsplash memiliki fungsi yang cukup vital di dapur. Backsplash dapur berfungsi untuk melindungi dinding dapur dari cipratan air, minyak dan kotoran selainnya. Backsplash juga membuat tampilan dapur jadi terkesan cantik dan estetik.

Di dapur dengan tema serba hijau, Anda bisa memilih model backsplash + meja dapur dari bahan keramik dengan corak bintang dengan aksen hijau tua. Backsplash ini semakin melengkapi tampilan dapur yang penuh dengan nuansa hijau. 


Demikian beberapa ide mendesain dapur yang bisa Anda terapkan di rumah. Terimakasih telah menyimak artikel 6 Ide Brilian Mendesain Dapur Kecil yang Perlu Dicoba sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber


Categories in English