Menyulap Area Bawah Tangga Menjadi Ruangan yang Fungsional


 

Helloshabby.com -- Space kosong dibawah tangga seringkali luput dari perhatian kita bukan? Padahal bisa anda manfaatkan menjadi ruangan yang fungsional seperti penyimpanan, perpustakaan mini, ruang bersantai, dan bahkan dapur yang nyaman. 

Terdapat banyak ruang fungsional yang bisa anda ciptakan pada ruang bawah tangga, anda bisa mendesainnya sesuai dengan kebutuhan hunian. Nah sebagai referensi kali ini Helloshabby.com akan memberikan beberapa referensi menyulap area bawah tangga menjadi ruangan yang fungsional. Penasaran kan? Yuk simak ulasannya dibawah ini.


Ruang bawah tangga sebagai perpustakaan mini

 
Design by : @citraki

Mengubah area bawah tangga menjadi ruangan yang fungsional pertama yaitu menciptakan area perpusatakaan mini yang menarik. Tidak hanya menarik area dibawah tangga ini juga dilengkapi dengan tempat duduk fungsional yang nyaman. Tambahkan cushion untuk menambah kesan yang homey. 

Selain itu anda bisa menambahkan dekorasi lampu tumblr untuk memepercantik penampilan. Kemudian letakkan tanaman hijau untuk untuk suasana ruangan yang lebih asri.


Desain kamar mandi berada dibawah tangga

 
Design by : @citraki
 
Siapa sangka, area bawah tangga bisa disulap menjadi kamar mandi yang nyaman. Tidak perlu ruangan yang luas, anda bisa memanfatkan area berukuran 1,5 x 1,5 untuk mendesain kamar mandi. Desain tangga ini juga didesain minimalis berbentuk U yang cocok diaplikasikan pada hunian sempit karena tidak memakan banyak space ruang untuk membuatnya.
Dengan dimanfaatkan toilet dibawah tangga membantu anda menghemat space ruang, dan tentunya membuat hunian anda tampil lebih unik.
 
 

Memanfaatkan area bawah tangga untuk dapur yang nyaman

 
 
Design by : @indunaryadiniscala
 
Apabila anda memiliki space ruang yang tidak terlalu luas, anda bisa memanfaatkan space kosong dibawah tangga menjadi dapur yang nyaman. Dapur dengan nuansa warna pink tampil menawan dengan desain kitchen set yang memukau.
Meskipun berada dibawah tangga, dapur ini tampil fungsional dengan manfaatkan kabinet sebagai tempat penyimpanan perlengkapan dapur yang lainnya. Penggunaan kitchen set pada dapur dibawah tangga juga membuat tampilan dapur menjadi lebih rapi dan terorganisir.
 
 

Memanfaatkan area bawah tangga sebagai ruang keluarga

 
Design by : @rumah_cat_putih
 
Pemanfaatan ruangan fungsional dibawah tangga berikutnya yaitu dengan menjadikannya sebagai ruang keluarga yang homey.  Desain ruang keluarga atau ruang TV seperti ini disarankan apabia anda memiliki space ruang yang cukup luas. Untuk tempat duduk anda bisa mengaplikasikan sofa sekaligus menambah karpet apabila anda ingin konsep lesehan yang juga tidak kalah nyaman
Sedangkan space tersisa dibawah tangga anda bisa menggunakannnya untuk tempat penyimpanan barang-barang dengan tambahan kabinet.
 
 

Memanfaatkan area bawah tangga sebagai ruang tamu yang elegan

 
 
Design by : @varitalucky

Desain ruang tamu dengan nuansa putih ini berada dibawah tangga lho. Warna putih dipilih sebagai tema interior hunian untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Anda bisa memiliki sofa berkaki dengan kapasitas dua dudukan untuk menghindari kesan sesak pada hunian.  Tambahkan sofa bangku disampingnya. 

Kemudian kombinasikan dengan pemakaian meja tamu dengan desain fungsional dengan kabinet dibawahnya yang bisa anda gunakan untuk storage. Area bawah tangga juga bisa anda desain khusus sebagai lemari fungsional seperti pada gambar.


Nah itulah beberapa ide menyulap area bawah tangga menjadi ruangan yang fungsional yang bisa anda terapkan dirumah. Dari beberapa inspirasi diatas manakah yang menjadi favorit anda? Semoga artikel diatas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda.


Penulis     : Hafsah
Editor      : Munawaroh
Sumber      : Berbagai sumber

Categories in English