6 Desain Taman yang Bisa Dijadikan Referensi untuk Rumah Impian


Helloshabby.com -- Mau berukuran kecil atau pun besar, taman rumah harus selalu dihadirkan. Taman berfungsi untuk memberikan tambahan sirkulasi udara yang membuat rumah jadi tidak gersang. Taman juga bisa menjadi tempat atau media relaksasi diri sambil merawat tanaman dan hewan peliharaan, atau sekadar menikmati suasana luar rumah tanpa jauh-jauh pergi keluar. 

Nah, berikut ini beberapa 6 desain taman yang bisa dijadikan referensi untuk rumah impian. Ada desain taman yang minimalis dari ukuran 0.5 x 1 M sampai desain taman yang cukup luas dan lebar. Anda juga bisa mencontoh desain dan tata letak taman, supaya taman rumah Anda nantinya terlihat lebih estetik. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini: 



Taman samping rumah tempat melakukan hobi



Taman tidak harus berada di depan atau belakang rumah. Anda bisa membuat taman di samping rumah. Untuk ukuran taman samping sendiri, tentunya menyesuaikan luas rumah Anda kelak. Taman di atas misalnya, memiliki ukuran sekitar 2 x 9 M. Taman tersebut didesain cantik dengan berbagai tanaman, batuan koral hitam-putih dan kolam air mancur yang segar. Bagian teras samping juga dimanfaatkan sebagai ruang untuk berolahraga menggunakan sepeda statis. Area atap teras samping juga tak lupa digunakan untuk menggantung tanaman serta tempat untuk menaruh burung peliharaan pemilik rumah. Satu taman dengan tapi dengan beragam manfaat. 


Taman teras yang yang cantik dan segar 



Disadari tinggal di tengah kota agaknya cukup sulit untuk mendapatkan lahan kosong sebagai area taman. Namun, bukan berarti kita tidak bisa memiliki taman impian. Kita bisa membuat taman teras yang minimalis tapi terlihat cantik. Di area teras, kita tinggal meletakkan berbagai tanaman dalam media pot sampai membuat tanaman rambat tumbuh dalam pagar taman teras agar nuansa taman selalu terlihat hijau. Sediakan ruang duduk, seperti kursi rotan ayun untuk menikmati suasana taman teras yang sejuk dan segar. 


Taman innercourt simpel 0.5 x 1 M 



Satu lagi solusi bagi kita yang tak memiliki lahan untuk dijadikan taman. Kita bisa membuat taman innercourt atau taman di dalam rumah yang simpel dan mungil. Sediakan saja space berukuran 0.5 x 1 M, kemudian kita bisa meletakkan batuan koral dan rumput artifisial untuk memberikan nuansa taman yang nyata. Pohon kering bisa ditambahkan untuk media menggantung pot gantung dan lampu taman untuk menyemarakkan suasana di taman innercourt. Meski simpel, tapi kombinasi tanaman dan dekorasi lainnya membuat taman ini tetap terasa fresh.


Taman belakang  multifungsi



Jika Anda memiliki space terbatas di belakang rumah, ubah saja menjadi taman belakang yang multifungsi. Taman multifungsi adalah taman yang memiliki banyak manfaat. Desain taman multifungsi tidak selalu rumit. Anda bisa meletakkan beragam tanaman untuk memajang dan merawat si hijau kesayangan. Kemudian, adanya jalan setapak dan batuan koral putih juga bisa dimanfaatkan untuk sarana relaksasi kaki. Bagian dinding yang kosong pun digunakan untuk meletakkan jemuran tempel lipat, sehingga taman ini juga bisa berfungsi sebagai ruang untuk menjemur pakaian. 


Taman terbuka hijau yang ekslusif



Anda juga bisa mendesain taman rumah seperti pada gambar di atas. Desain taman terbilang sederhana, hanya mengandalkan rerumputan, satu pohon dan tanaman merambat. Namun, yang membuatnya tampak eklusif adalah adanya pintu kaca geser yang bisa dibuka saat ingin merasakan kesejukan udara dari taman. Dengan bukaan yang cukup besar, angin yang berhembus bisa langsung masuk ke dalam rumah. Dengan begitu, ruangan di dalam rumah tidak terasa pengap dan panas. Desain taman seperti di atas, kiranya membutuhkan ukuran sekitar 3 x 7 M. Namun, Anda bisa memodifikasi ukuran sesuai dengan desain rumah impian Anda. 


Taman klasik dengan gazebo dan air mancur



Adanya gazebo, jalan setapak dan air mancur di taman merupakan kombinasi yang klasik. Tapi, sesuatu yang klasik belum tentu kuno dan tidak menarik. Taman klasik juga bisa menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi dari segi pembangunan, taman dengan desain klasik lebih memerlukan biaya yang lebih banyak dibandingkan taman minimalis. Anda harus menyiapkan dana untuk pembuatan gazebo, jalan setapak, sampai air mancur. Meski lebih pricey, tapi tampilan dan kesejukkan yang disajikan akan lebih memikat daripada taman biasa. 


Terimakasih telah menyimak artikel 6 Desain Taman yang Bisa Dijadikan Referensi untuk Rumah Impian  sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber


Categories in English