Inspirasi Menata Tanaman Di Dalam Rumah untuk Dapatkan Kesan Asri dan Artsy


Helloshabby.com -- Pilihan meletakkan tanaman di dalam rumah bukan hal yang baru lagi. Tanaman dipandang sebagai penyegar ruangan natural yang lebih baik untuk kesehatan jiwa dan raga penghuni rumah. Selain itu, beberapa tanaman spesial tentu memiliki harga yang juga 'istimewa'. Hingga tak jarang membuat kita was-was, tanaman spesial tersebut hilang atau rusak jika diletakkan di luar ruangan. 

Saat meletakkan tanaman di dalam rumah, perhatikan juga posisi dan penataan dari tanaman tersebut. Ini dilakukan supaya tanaman indoor juga bisa menjadi dekorasi ruang yang mempercantik tampilan sebuah ruangan di dalam rumah. Tak usah berlama-lama, coba simak ulasan Inspirasi Menata Tanaman Di Dalam Rumah untuk Dapatkan Kesan Asri dan Artsy



Pojok Kamar dengan Meja Nakas

cr:instagram/bund_kastury

Meletakkan tanaman di dalam kamar juga sangat baik untuk kesehatan. Beragam tanaman dapat menciptakan udara bersih yang baik saat kita tidur, sehingga membuat kita tidur lebih nyenyak. Anda bisa meletakkan tanaman hias di sisi-sisi tempat tidur. Tanaman perdu seperti palm hias atau sukulen bisa ditaruh di atas nakas agar lebih terlihat. Sedangkan untuk tanaman monsetra yang tumbuh merambat dengan media tongkat bisa ditaruh di sisi dekat jendela agar tumbuh dengan baik. 


Letakkan di sudut yang kosong

cr:instagram/duwhie_rahayu

Rasanya ada yang kurang bila terdapat sudut-sudut ruang yang terlihat kosong. Sudut-sudut ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk meletakkan koleksi tanaman hias Anda. Apalagi sudut kosong ini juga dekat dengan jendela, sehingga memungkinkan tanaman hias Anda tumbuh subur dengan pencahayaan yang cukup. Dekorasi ruang tamu dengan tanaman di dalam rumah bisa menjadi pilihan untuk desain ruang tamu ukuran 2 x 2 M dengan tema vintage atau tradisional. 



Mengikuti Susunan Anak Tangga

cr:instagram/mizz_elok

Area tangga juga bisa didekorasi dengan apik dan artsy. Salah satunya dengan menempatkan tanaman sebagai dekorasi tangga. Koleksi tanaman keladi (Caladium) bisa ditata mengikuti anak tangga. Sehingga, tampilannya tampak seperti susunan yang asri dan artsy. Di area bordes yang berukuran setidaknya 0.5x0.5 M, tanaman khusus diletakkan dalam rak khusus untuk membuat tampilannya lebih terlihat dinamis. Letakkan satu lukisan tropikal di area border untuk memberikan kesan asri, artsy dan artistik. 


Sudut Hijau Favorit

cr:instagram/ratnatjahyo

Kita juga bisa mendesain area sudut hijau favorit kita. Di tempat ini kita bebas untuk menata koleksi tanaman hias kita. Pastikan saja, sudut hijau tersebut memiliki akses pencahayaan alami yang cukup, misalnya jendela ruang yang tinggi dan lebar. Tentunya, tanaman kesayangan juga harus ditempatkan di tempat yang istimewa, untuk itu Anda bisa memilih media pot gerabah dengan ukiran-ukiran khas. Tanaman dalam media pot ini pun siap menjadi focal poin dalam sudut hijau favorit Anda. 



Tanaman Penyerap Bau Di Dalam Kamar Mandi

cr:instagram/rumahshabbysidoarjo

Tak ada salahnya meletakkan tanaman di area kamar mandi. Beberapa tanaman terbukti ampuh untuk menyerap bau dan bakteri, dan menjaga kelembapan udara di dalam kamar mandi. Anda bisa menata tanaman tersebut sesuai dengan ukuran tanaman. Kaktus besar yang tumbuh tinggi bisa diletakkan dalam media pot biasa di sisi toilet. Sedangkan, tanaman kecil merambat seperti sirih gading bisa digantung untuk menambah kesegaran di dalam kamar mand mungil Anda.  



Rak-rak untuk menyorot si hijau

cr:instagram/widhyieindah

Ruang tamu menjadi area dalam rumah yang paling sering digunakan sebagai tempat untuk memajang tanaman indoor favorit. Ukuran sofa dan meja kopi yang cukup tinggi, tentu harus diperhatikan saat hendak menata tanaman di area ruang tamu. Oleh karenanya, Anda bisa meletakkan tanaman dalam rak-rak khusus untuk menopang tanaman hijau tersebut. Rak-rak ini akan membuat tanaman terlihat oleh jangkauan mata dan membuat visual ruang tamu jadi makin menarik. 


Terimakasih telah menyimak artikel Inspirasi Menata Tanaman Di Dalam Rumah untuk Dapatkan Kesan Asri dan Artsy sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber


Categories in English