7 Trik Menghadirkan Taman Rumah di Area Sempit. Estetis dan Nggak Monoton


Helloshabby.com -- Menghadirkan taman rumah di area sempit bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri. Terbatasnya lahan, terkadang membuat kita jadi ikut 'terbatas' dalam meletakkan berbagai ornamen taman. Tentu saja, ini membuat kita harus memutar otak untuk  mendapatkan taman impian walau di lahan yang sempit dan terbatas. Jika Anda memiliki area yang sempit, Anda tetap bisa mengubahnya menjadi sebuah taman menarik.  Tenang saja, ada beragam  trik untuk menghadirkan taman rumah yang kecil, tapi terlihat cantik dan estetis. Lebih lengkapnya, simak ulasan 7 Trik Menghadirkan Taman Rumah di Area Sempit. Estetis dan Nggak Monoton. 



Modal Tanaman dan Batuan Koral untuk Taman Void


cr:instagram/wian_home

Ruang kosong di antara lantai atas dan bawah (area void) bisa dimanfaatkan sebagai taman kecil. Area berukuran 1 x 2 M bisa didekorasi dengan penataan sederhana saja. Area lantai taman  dihamparkan batuan koral putih dan stepping stone (jalan setapak) untuk memberikan vibe yang sama dengan taman pada umumnya. Tak lupa, letakkan beberapa tanaman hijau berdaun lebat di sudut-sudut taman yang memberikan kesegaran dan kesejukkan yang nyata. Tambahkan kursi sofa agar kita dapat menikmati kesegaran taman rumah di area sempit ini dengan nyaman dan tenang. 


Anti Ribet dengan Karpet Rumput


cr:instagram/ayu_tonmewwen

Menambahkan rumput hijau terbukti bisa memberikan suasana taman yang lebih asri dan natural. Tapi, sayangnya menghadirkan rumput hijau alami/organik juga memerlukan perawatan tertentu. Anda harus rajin menyiangi dan memastikan rumput tidak dipenuhi hama. Namun, kini Anda tak perlu khawatir lagi. Jika Anda ingin suasana taman terlihat hijau dan asri dengan rerumputan, Anda bisa memilih model karpet rerumputan yang bisa dijabarkan di taman di area sempit sekalipun. Karpet rumput ini lebih mudah dirawat dan dibersihkan. Selain itu, pijakannya juga lebih aman untuk anak-anak. 


Taman Depan Rumah 1x2 Meter


cr:instagram/fathyanhouse

Jika Anda kehabisan lahan untuk membuat taman, Anda bisa memanfaatkan space kosong di depan rumah sebagai area taman. Taman di depan pagar akan membuat atmosfir di fasad rumah jadi terlihat lebih asri dan jatuh dari kata gersang. Trik menghadirkan taman depan rumah juga tak sulit. Area dengan ukuran 1x2 meter bisa ditanami berbagai tanaman hijau dan tanaman berbunga yang siap menyemarakkan suasana di depan rumah.  


Perhatikan Tata Letak Tanaman


cr:instagram/evilia_rosanti

Dewasa ini, desain taman indoor jadi cukup populer dan sangat dicari. Ini dikarenakan, lahan terbuka yang semakin jarang ditemukan pada rumah-rumah di area perkotaan. Jadi, tak ada salahnya mendesain taman indoor. Menghadirkan taman indoor pun juga memerlukan beberapa perhatian khusus. Anda bisa memilih tema taman sesuai selera Anda. Anda juga bisa menempatkan pagar kecil sebagai pembatas taman dengan ruangan lainnya.

Tak kalah penting, perhatikan titik-titik yang tepat untuk meletakkan tanaman hijau Anda. Letakkan di sisi-sisi atau dalam rak tanaman agar tanaman terlihat dan turut menghidupkan suasana di taman indoor ini. Tambahkan lampu taman dengan nyala temaram sebagai pencahayaan malam hari, agar taman terlihat lebih romantis. 

 

Kolam Ikan di Taman Sempit, Kenapa Tidak?


cr:instagram/evita_laz

Anda bisa menghadirkan sebuah kolam ikan mini di taman sempit Anda. Mendengar gemiricik air sambil melihat ikan berenang kesana-kemari bisa menjadi sarana self healing tersendiri. Taman di atas berukuran kurang lebih 2x2 M, maka dari itu desain kolam dibuat 0.5x1.25 M. Saat membuat kolam, perhatikan saluran dan filter air dari kolam ikan mini Anda. Anda bisa meletakkan tanaman hijau di sisi-sisi kolam, sebagai penyaring toksin dan bakteri udara juga menambahkan kesegaran pandang di taman mungil ini. 



Lebih banyak tanaman dengan Taman Vertikal


cr:instagram/roemah_andira

Terbatasnya lahan membuat kita tak bisa meletakkan banyak tanaman di area taman. Namun, kondisi ini bisa diatasi dengan membuat taman vertikal di taman mungil Anda. Anda bisa menata tanaman dengan penataan vertikal dengan bantuan rak vertikal atau pun rak dinding. Dengan begitu, Anda bisa meletakkan lebih banyak tanaman di taman. Selain itu, adanya taman vertikal juga membuat dinding di area taman jadi tidak terlihat kosong dan monoton. 



Taman Balkon Hijau Minimalis dan Asri


cr:instagram/rumah.syauqina

Anda juga bisa mengubah area balkon mungil yang sempit sebagai taman minimalis. Desainnya tak terlalu sulit. Anda tinggal meletakkan beragam koleksi tanaman hijau dalam rak-rakan yang ditata sedemikan rupa. Area tengah dibiarkan kosong sebagai space untuk meletakkan karpet rumput untuk ruang bersantai Anda. Taman balkon ini juga dilengkapi dengan kolam air mancur mini yang menambah kesejukkan di taman balkon ini. 


Terimakasih telah menyimak artikel 7 Trik Menghadirkan Taman Rumah di Area Sempit. Estetis dan Nggak Monoton sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English