Ide Penutup Rumah yang Unik Bikin Rumah Selalu Teduh dan Sejuk


Helloshabby.com -- Area terluar rumah seperti teras dan carport, pada umumnya dibuat lebih terbuka tanpa penutup atap dak di atasnya. Untuk itu, biasanya diperlukan tambahan atap penutup untuk menaungi area di bawahnya supaya tetap teduh dan terhindar dari hujan. 

Ada beragam cara untuk meneduhkan area fasad rumah. Misalnya, penggunaan kanopi beragam jenis, atap genteng sampai pohon dengan dedaunan yang rimbun. Beragam cara ini selain mempercantik tampilan rumah, juga terbilang mudah dan terjangkau Anda wujudkan di rumah. Lebih lengkapnya, simak ulasan Ide Penutup Rumah yang Unik Bikin Rumah Selalu Teduh dan Sejuk.



Kanopi Tanaman Rambat (dengan Buah Markisa)

cr:instagram/anethparintosa

Penggunaan kanopi sebagai pelindung carport (garasi terbuka) sudah sangat sering diaplikasikan. Atap penutup kanopi biasanya memiliki harga yang cukup pricey. Sebagai alternatif, Anda bisa membiarkan teralis kanopi ditumbuhi tanaman rambat. Tanaman rambat ini dibiarkan tumbuh pada wire mash (jaring-jaring besi) sampai menutup bagian atas kanopi. Dengan begitu, carport akan lebih teduh dan terasa segar alami. Boleh juga menumbuhkan tanaman rambat berbuah seperti tanaman markisa, supaya buahnya dapat dinikmati ketika masak. 


Kombinasi Kanopi Polikarbonat dengan Tanaman Hias

cr:instagram/cherly25z

Desain kanopi teralis dengan tanaman rambat saja memang berisiko membuat carport terbasahi hujan. Untuk itu, Anda bisa mengkombinasikan kanopi polikarbonat khusus untuk bagian carport dan menggunakan teralis kanopi dengan tanaman untuk area di sebelahnya. Area yang dinaungi teralis atap kanopi dan tanaman hias ini sangat cocok untuk tempat menjemur pakaian, sebab cahaya matahari masih bisa masuk melalui jaring-jaring besi yang tidak tertutup. 


Kanopi Geometrik Anti Mainstrem

cr:instagram/dikanzhome

Jarang sekali desain kanopi pada carport dibuat maksimal seperti di atas. Pemilik sengaja mendesain kanopi dengan pola geometri acak dengan warna kombinasi hijau dan abu-abu. Desain kanopi ini bisa menjadi focal poin menarik di fasad rumah. Desain pun akan memberikan kepuasan tersendiri bagi si empunya rumah. Bila tertarik, Anda pun bisa mengadaptasi kanopi pola geometrik unik seperti ini. 


Lebih Asri dengan Pohon Ketapang Kencana

cr:instagram/dessyandiniw

Ada juga ide penutup rumah yang lebih natural yaitu penggunaan pohon ketapang kencana. Pohon ini bisa tumbuh tinggi dengan dedaunan yang lebat dan rindang. Dahannya juga sengaja dibentuk supaya bisa menaungi area terluar rumah dengan maksimal. Penggunaan pohon kencana ini selain unik juga bikin rumah senantiasa sejuk.


Lebih Tradisional dengan Atap Genteng Minimalis 

cr:instagram/kiki_antique_wood

Hunian ini sengaja dibangun dalam konsep tradisional. Oleh karenanya, tak salah bila pemilik membuat gapura rumah seperti di atas. Penutup gapura menggunakan model atap genteng dengan kuda-kuda kayu, sehingga tampak seperti atap gapura pada umumnya. Atap genteng ini juga memiliki bentuk pahatan unik di bagian atasnya, sehingga membuat rumah makin terlihat tradisional artistik. 


Kanopi dengan Tanaman Rambat 

via:instagram/konsephunian

Ide penggunaan kanopi dengan tanaman rambat memang jadi pilihan yang unik dan lebih hemat kantong. Desain ini juga dapat membuat rumah jadi terlihat asri nan sejuk. Bila tanaman sudah rimbun, bagian di bawahnya juga akan lebih teduh. Supaya lebih seragam, kanopi teralis ini juga tampak apik dipadukan dengan pagar wire mash atau perforated metal.


Terimakasih telah menyimak artikel Ide Penutup Rumah yang Unik Bikin Rumah Selalu Teduh dan Sejuk sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber


Categories in English