7 Konsep Dapur Terbuka, Modern dan Tidak Berantakan


Helloshabby.com -- Dapur bisa dibilang tempat 'tempurnya' para Ibunda. Di sini, para Bunda menyiapkan sampai menyajikan masakan favorit keluarga. Perut kenyang, hati pun senang. Begitu pentingya nilai sebuah dapur, sehingga desain dapur harus dibuat semenarik dan senyaman mungkin.

Salah satu inspirasi desain dapur tebaik adalah model dapur terbuka. Dapur terbuka biasanya dibuat tanpa sekat menyatu dengan ruang lainnya, baik ruang makan atau halaman belakang. Desain terbuka akan membuat area dapur terasa lebih lapang dan segar. Masak pun jadi lebih menyenangkan. 

Bila Anda tertarik dengan desain dapur terbuka, simak ulasan 7 Konsep Dapur Terbuka, Modern dan Tidak Berantakan.



Model Dapur Segaris Di Ruang Terbuka 

cr:instagram/rumahtristan

Manfaatkan sisi halaman belakang rumah Anda sebagai dapur terbuka. Modelnya bisa dibuat mungil berbentuk leter L seperti di atas. Dapur ini sengaja dibuat outdoor, agar asap dan bau masakan tidak membuat berputar di dalam rumah. Dapur pun bebas lembap, karena sirkulasi udara yang memadai. Nah, dapur ini dipercantik dengan adanya taman minimalis dengan batuan koral dan dek ubin kayu. Lukisan dinding tema tropikal makin membuat dapur 


Dapur Terbuka dekat Taman Indoor 

cr:instagram/rumah_enzo

Dapur terbuka yang satu ini masih berada di dalam rumah. Desain dapur diposisikan dekat dengan taman indoor. Adanya pintu kaca geser membantu penerangan dapur secara alami. Desain dapur pun dibuat dalam dominasi warna putih untuk memberikan kesan dapur yang terang, bersih dan lapang.  Penggunaan lantai keramik glossy membuat dapur makin terasa segar dan tampak eklusif, walau sederhana. 


Dapur Terbuka Di Belakang Rumah 

cr:instagram/fifit.fitrisari

Pada hunian ini, ruang servis (masak, cuci, jemur) sengaja di letakkan di ruang paling belakang rumah. Otomatis desain dapur pun dibuat tanpa sekat dengan area mencuci dan taman minimalis. Dapur dibuat dalam tampilan abu-abu dan hitam yang selaras dengan nuansa ruangan. Dapur ini memberikan kesan lega yang membuat kita lebih leluasa saat memasak. 


Dapur + Ruang Makan Terbuka yang Efisien 

cr:instagram/rumahcits

Dapur yang satu ini mengusung konsep terbuka dengan ruang makan dan halaman belakang. Desain dapur dibuat dalam bentuk linear untuk efisiensi ruangan. Masih terdapat space untuk meletakkan set kursi dan meja makan di area yang sama. Posisi dapur dan ruang makan tanpa sekat akan memberi banyak kelebihan. Anda bisa lebih mudah meletakkan masakan matang ke meja makan tanpa harus berpindah ruangan. Jadi lebih cepat dan tidak melelahkan. 


Dapur dan Ruang Makan Terbuka yang Asik

cr:instagram/camilainspiracoes

Memasak di ruang yang lega dan lapang, tentu lebih menyenangkan. Udara segar bebas masuk, menyegarkan Anda yang sedang sibuk mengolah masakan. Untuk hunian modern, Anda bisa memilih kitchen set dengan peralatan masak high-end terkini. Desain dapur bisa dibuat minimalis, namun konsep terbuka tanpa sekat dengan ruangan lain memungkinkan Anda merasakan kebersamaan saat memasak di dapur.


Konsep Dapur Terbuka yang Bebas Bau Masakan 

cr:instagram/ulummunafita

Dapur yang satu ini sengaja dibuat di area yang terpisah dari interior utama. Konsep dapur langsung menghadap taman terbuka hijau. Sehingga, aroma dan asap masakan akan terbawa angin bebas dan tidak menyebar ke dalam ruangan. Desain terbuka cenderung praktis dan hemat biaya. Anda tak harus membeli cooker hood, penyedot asap yang diposisikan di atas kompor. 



Konsep Dapur Terbuka, Simpel dan Minim Risiko  

cr:instagram/bayt_suzwan

Risiko masuknya hama ke dalam dapur terbuka bisa disiasati dengan mudah. Buat atap dapur lebih tertutup dengan memasang atap transparan. Selain itu, pastikan saja dapur selalu bersih dan tidak berantakan. Seperti dapur terbuka ini. Kitchen set minimalis memiliki desain yang modern dan compact. Peralatan memasak ditata rapi pada kabinet-kabinet yang tersedia. Bila memerlukan tambahan penyimpanan, rak keranjang susun bisa diletakkan tepat di samping kitchen set.  



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Konsep Dapur Terbuka, Modern dan Tidak Berantakan sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English