Desain Rumah Minimalis 5 x 12 Meter dengan 2 Kamar Tidur, Bergaya Tropis selalu Menyejukkan


Helloshabby.com -- Rumah berkonsep minimalis merupakan solusi cerdas menghadirkan hunian nyaman di lahan yang terbatas. Konsep rumah yang lapang tanpa banyak dekorasi yang menyesakkan ruang menjadi daya tarik tersendiri bagi pemilik lahan terbatas. Rumah minimalis pun tidak sekaku itu. Desain rumah minimalis bisa dikombinasikan sesuai selera. Misalnya, memasukkan elemen bergaya tropis untuk menghadirkan kesegaran tersendiri pada rumah minimalis yang dimiliki. 

Bagi Anda yang mencari inspirasi desain dan denah rumah minimalis untuk lahan terbatas, kami hadirkan ulasan Desain Rumah Minimalis 5 x 12 Meter dengan 2 Kamar Tidur, Bergaya Tropis selalu Menyejukkan. Hunian ini memiliki tipe 36 yang cukup pas untuk pasangan baru atau keluarga catur. Desainnya juga cocok untuk di tengah kota yang padat. Selamat membaca :)


Desain Fasad Rumah Minimalis Tropis 

desainrumah36

Desain rumah ini memiliki desain fasad yang tampak menjorok ke belakang. Halaman depan dan teras cukup berjarak, sehingga membuat fasad terlihat lebih lapang dan terbuka. Elemen tropis dimainkan dengan baik pada bangunan fasad. Dari segi kontruksi rumah, terdapat aksen list kayu yang ditambahkan pada dinding eksterior. Dinding di sampingnya juga dibuat full dengan kaca supaya udara dan cahaya matahari bisa masuk lebih maksimal ke dalam rumah. Tak lupa, ditambahkan kisi-kisi kayu untuk menambah privasi di teras. 



Desain Rumah Tampak Atas 


Yang istimewa dari hunian ini adalah adanya taman hijau depan rumah. Sebuah taman akan membuat rumah tidak tampak gersang dan kering. Taman juga bisa menjadi area resapan air hujan. Di samping teras, terdapat carport yang cukup untuk menampung mobil compact atau kendaraan sepeda. Lantai carport terbuat dari material solid yang tidak licin dan lebih aman. 


Struktur Atap Rumah 

desainrumah36

Stuktur atap rumah ini menggunakan model atap pelana. Atap pelana sangat pas untuk desain rumah minimalis tropis. Atap pelana dapat membuat rumah jadi lebih sejuk. Ini karena terdapat ruang kosong di area plafon yang berfungsi untuk menunjang sirkulasi udara. Di depan teras turut dipasang dak cor, supaya air hujan tidak masuk ke area teras atau ke dalam rumah. 


Desain Tampak Muka 


Beginilah desain tampak jarak dekat dari muka rumah. Elevasi lantai teras dinaikkan 10-20cm, agar debu dan kotoran dari carport atau taman tidak langsung masuk ke area teras. Adanya kisi-kisi kayu berfungsi sebagai penghalau panas juga menambahkan privasi di area teras. 


Desain Teras Rumah Minimalis 

desainrumah36

Masih terdapat space yang cukup di teras untuk dijadikan ruang tamu outdoor atau ruang santai outdoor. Anda tinggal meletakkan sepasang kursi minimalis dan sebuah meja kopi kecil sebagai tempat duduk di teras. Letakkan tanaman hijau sebagai dekorasi yang menyegarkan teras. Tamu atau kurir yang mengantarkan paket Anda bisa duduk sejenak sambil menunggu Anda bersiap menerima mereka. 


Desain Ruang Tamu / Ruang Keluarga 


Ruang tamu dalam rumah juga bisa dimanfaatkan sebagai ruang keluarga. Di area ini terdapat kabinet meja yang cukup panjang untuk meletakkan TV set atau dekorasi lainnya. Bentuk ruangan terbilang sempit dan memanjang, sehingga cukup tepat memilih sofa memanjang seperti ini. 

Ruangan ini juga dimanfaatkan sebagai ruang makan minimalis. Meja dan kursi makan minimalis cukup pas diletakkan di ujung ruangan. 


Ruang Tamu dari Sisi Lainnya 

desainrumah36

Ruang tamu yang sempit dan memanjang akan terasa lebih sumpek dengan perabotan yang cukup besar. Anda bisa menyiasatinya dengan mendesain jendela kaca yang lebar seperti di atas. Jendela ini akan menyalurkan udara sekaligus memberikan pencahayaan alami di siang hari. 


Desain Kamar Tidur Utama 


Pada rumah minimalis baiknya kamar tidur tidak didesain secara berlebihan. Cukup lemari compact dan king size bed sebagai furnitur utama di kamar. Pilih tampilan ruang sesuai selera. Misalnya, nuansa monokrom yang terlihat kekinian dan tetap cozy. Aksen lukisan bernuansa warna pastel juga sangat pas untuk mencerahkan nuansa di dalam kamar tidur. 


Desain Kamar Tidur Anak 

desainrumah36

Kami sarankan Anda untuk memilih desain furnitur yang hemat tempat. Seperti desain lemari sekaligus meja belajar kecil. Meja belajar ini menyatu dengan lemari, sehingga menempati sudut ruang dengan sangat sempurna. Pilihan desain lemari baiknya juga menggunakan pintu geser supaya lebih hemat tempat. 


Desain Dapur Minimalis 


Desain dapur langsung berhadapan dengan ruang makan dan ruang keluarga. Namun di antara keduanya, terdapat dinding solid sebagai penyekat ruangan. Dinding ini sangat bermanfaat untuk memberi privasi dan kenyamanan, saat memasak. Desain dapur sendiri dibuat dalam balutan putih dan hitam. Warna putih memberikan ilusi ruang yang tampak lega, sedang warna hitam membuat dapur jadi lebih elegan. 


Desain Kamar Mandi Bersama 

desainrumah36

Dikarenakan ukurannya yang terbatas, ada baiknya mengganti bak mandi permanen dengan sebuah shower. Shower lebih menghemat tempat dan membuat ruangan jadi lebih lega. Shower juga dirasa mampu menghemat penggunaan air untuk mandi. Manfaatkan juga dinding kamar mandi untuk memasang rak ambalan yang menampung alat mandi Anda. 


Denah Rumah 5 x 12 M 


Rumah minimalis 5 x 12 Meter ini memiliki area carport dengan ukuran 2.4 x 4 M, taman hijau berukuran 2.3 x 2.9 M, teras berukuran 2.3 x 1.96 M, ruang keluarga + ruang makan berukuran 2.4 x 4.05 M, kamar utama berukuran 2.3 x 3 M, dapur berukuran 2.4 x 2.35 M, kamar mandi berukuran 1.7  x 1.2 M, kamar tidur anak berukuran 2.3 x 2.15 M, dapur berukuran 2.25 x 2.35 M dan ruang cuci jemur berukuran 2.25 x 1 M. 



Terimakasih telah menyimak artikel Desain Rumah Minimalis 5 x 12 Meter dengan 2 Kamar Tidur, Bergaya Tropis selalu Menyejukkan sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : youtube/desainrumah36

Categories in English