10+ Inspirasi Interior Rumah Tipe 36, Mungil tapi Bisa Selapang dan Senyaman Ini!


Helloshabby.com -- Impian memiliki rumah kini bisa diwujudkan oleh siapa saja, bahkan oleh kita yang berpenghasilan menengah ke bawah. Tentu penghasilan akan mempengaruhi daya beli sebuah hunian, bukan? Untuk kita-kita yang masih terbatas dana, rumah tipe 36 adalah pilihan yang tepat. Dengan biaya yang terjangkau, kita sudah memiliki hunian tinggal untuk keluarga.

Nyatanya, banyak rumah tipe 36 yang bisa tampil sebagai hunian yang super cozy. Salah satunya, rumah dari selebgram DevieAmbar. Rumah tipe 36-nya disulap cantik jadi rumah tampak lapang dan keren. Nah, barangkali ulasan ini bisa memberikan sedikit referensi untuk merenovasi rumah tipe 36. Simak detailnya, berikut ini!


Semua Membutuhkan Proses 

cr:instagram/vhierenezia

Disadari urusan renovasi rumah tak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh waktu selama 5 tahun untuk membuat rumah tipe 36 ini bisa tampil sesuai selera pemiliknya. Dan benar saja, tentu membuat kita ikut berdecak kagum.


Desain Fasad Rumah Tipe 36, Minimalis dan Pas 


Menurut penuturan pemiliknya, tak banyak renovasi fasad yang dilakukan. Tampak fasad masih asli dari Developer. Ini dikarenakan biaya renovasi fasad yang lebih besar, bila ingin tampilan fasad berubah total. Pemilik hanya mengganti warna cat menjadi putih untuk kesan rumah yang lebih bersih dan cerah. 


Teras Santai bisa jadi Ruang Tamu 

cr:instagram/vhierenezia

Dalam beberapa waktu, area teras direnovasi dengan tampilan seperti ini. Dinding teras dipasangi roster untuk menambah daya tarik. Dinding roster juga berfungsi sebagai tembok pembatas dengan rumah tetangga. Pembatas teras dan tangga dipasangi partisi besi dan kaca, supaya debu atau air hujan tidak memasuki teras. Tinggal letakkan meja dan bangku teras sebagai ruang tamu outdoor. 


Desain Interior Rumah Tipe 36 


Masuk ke dalam rumah, Anda akan disambut oleh ruangan dengan sofa dan meja kopi minimalis. Ruangan ini bisa jadi ruang tamu yang lebih formal. Dekorasi ruang dibuat sederhana dan alami, supaya terkesan lapang dan segar. Lampu gantung halogen dengan bingkai cantik untuk memberikan sentuhan mewah nan elegan.  


Ruang Keluarga Sebelum Direnovasi

cr:instagram/vhierenezia

Dinding penyekat dimanfaatkan sebagai backdrop TV. Desain ini tentu lebih hemat tempat. Televisi pun bisa dilihat dari berbagai sudut di ruangan ini. Diletakkan foto keluarga sebagai dekorasi untuk memberikan nuansa ruangan yang lebih hangat. 


Desain Ruang Keluarga Setelah Renovasi 


Pemilik menginginkan interior rumah yang terkesan lega, tanpa banyak dinding pemisah. Ruangan pun didesain dalam model open space. Dinding solid diubah dengan pembatas kabinet TV yang dibuat dari besi dan kayu. Area samping pun diperluas dengan membuat galeri taman kaktus mini. Lampu sorot sangat membantu untuk memberikan efek dramatis pada galeri kaktus tersebut. 


Desain Interior Dapur 

cr:instagram/vhierenezia

Beginilah tampilan di balik kabinet TV. Interior rumah terasa lebih luas dan lapang. Tampilannya pun sekeren ini berkat partisi di tengah ruangan. Masih terdapat ruang penyimpanan untuk menata bahan masakan kering dan set cangkir di belakang kabinet TV. Dengan model ini interior dapur pun jadi ikut terasa lapang dan menyenangkan. 


Inspirasi Kitchen Set pada Rumah Tipe 36 


Pemilihan kitchen set menggunakan multiplek dengan bahan HPL doff yang dirasa lebih mudah dibersihkan daripada HPL glossy. Ditambahkan meja island sebagai tambahan meja preparasi atau pun meja makan minimalis. Elemen dekorasi diletakkan seminimal mungkin, sehingga pemilik lebih leluasa saat memasak.


Desain Kamar Tidur Gaya Ekletik 

cr:instagram/vhierenezia

Pemilik rumah ini menggemari gaya dekorasi ekletik. Gaya ini merujuk pada dekorasi yang baru dan lebih bebas. Ini terlihat dari dinding semen ekspos yang dipadukan dengan beragam soft furnishings yang berwarna terang. Diletakkan juga tanaman indoor untuk menambah kesegaran di dalam kamar. 


Desain Laundry Room 


Buat mencuci jadi lebih menyenangkan dengan desain ruang laundry yang kekinian seperti ini. Elevasi lantai untuk mesin cuci dan saluran pembuangan dinaikkan untuk efisiensi ruang. Terdapat kabinet terbuka sebagai partisi dan tempat untuk  meletakkan dekorasi. Meski kecil, tapi desain laundry room ini terlihat keren. 



Rumah tipe 36 bisa tampil selapang dan sekeren ini. Tapi tentu saja, ini memerlukan proses yang panjang. Semoga ulasan ini membuat Anda lebih terinspirasi untuk mewujudkan hunian yang sesuai dengan keinginan Anda. 

Terimakasih telah menyimak artikel 10+ Inspirasi Interior Rumah Tipe 36, Mungil tapi Bisa Selapang dan Senyaman Ini! sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : instagram/vhierenezia

Categories in English