Kumpulan Ide Mezzanine Solusi Memperluas Rumah yang Mungil


Helloshabby.com -- Rumah mezzanine jadi salah satu solusi untuk mengatasi terbatasnya ruang. Mezzanine adalah sebutan untuk tempat atau ruang tambahan di antara lantai dan plafon. Dengan menambahkan lantai mezzanine akan membuat Anda mendapat ruang tambahan yang lebih fungsional. 

Penambahan mezzanin sangat pas diterapkan untuk rumah minimalis yang cenderung sempit. Penambahan ruang mezzanine juga dipandang lebih hemat daripada merenovasi dengan lantai tambahan.

Bila tertarik membuat mezzanin di rumah, Anda bisa melirik Kumpulan Ide Mezzanine Solusi Memperluas Rumah yang Mungil.


1. Ruang Mezzanin pada Rumah Split Level

cr:instagram/anggarahman

Rumah split-level adalah gaya rumah dengan lantai yang saling bergantung. Interior rumah dibuat terbuka dengan model mezzanine pada setiap lantainya. Konsep mezzanin tanpa dinding solid membuat ruangan jadi terasa lebih lapang dan terang. Setiap lantai mezzanine dimanfaatkan dengan apik, baik untuk ruang keluarga dan ruang kerja minimalis.


2. Menambah Ruang dengan Lantai Mezzanine 

cr:instagram/blogyazid

Anda bisa memanfaatkannya sebagai ruang tambahan di rumah minimalis. Seperti lantai mezzanine di atas. Ruang mezzanine ini jadikan tempat bersantai keluarga. Mezzanine ini berukuran 3 x 2.2 Meter. Lantai mezzanine dibuat dengan material cor-an yang sebelumnya sudah dipasang pondasi cakar ayam. Tinggi mezzanine sekitar 4.5 meter dengan jarak dari plafon 2.1 M dan dari lantai 2.4 M. 


3. Lantai Mezzanine Di Bagian Belakang Rumah 

cr:instagram/cerita_mami_arel

Lantai mezzanin bisa dibuat hanya pada posisi tertentu saja. Sehingga, akan menghemat biaya renovasi rumah dibandingkan membangun rumah menjadi hunian dua lantai. 

Mezzanine ini khusus dibangun pada bagian belakang rumah saja. Tangga mezzanine dibuat dari material cor dengan finishing putih yang senada dengan lantai mezzanine dan kitchen set. Area bawah tangga masih bisa dimanfaatkan sebagai kabinet penyimpanan. Sehingga, tetap efektif dan efisien. 


4. Lantai Mezzanine pada Kamar Tidur Anak 

cr:instagram/ckkhome

Siasati terbatasnya lahan untuk si kakak dan adik dengan membuat lantai mezzanine di dalam kamar. Luas kamar tidur anak berukuran 3 x 3.5 meter ini memiliki ketinggian 4 meter. Karena plafon yang tinggi, tak salah bisa kamar juga dilengkapi mezzanine dengan luas 3 x 3.5 meter. Lantai mezzanine terbuat dari material kayu yang mudah dipasang atau dibongkar sesuai kebutuhan. Railing mezzanine dan tangga terbuat dari material besi hollow yang memberikan perlindungan dan tampilan maksimal. 



5. Ruang Mezzanine jadi Tempat Kerja Favorit 

cr:instagram/interiordesign.id

Interior berbentuk kotak dan memajang akan lebih fungsional dengan tambahan lantai mezzanine. Lantai mezzanine terbuat dari material kayu yang solid, tebal dan kokoh. Pemanfaatannya sebagai ruang kerja atau ruang belajar minimalis. Furnitur yang diletakkan di dalamnya terlihat ramping dan ringan. Ini supaya, mezzanine bisa menampung beban furnitur sesuai dengan kapasitasnya. 


6. Kamar Tidur Mezzanine yang Industrial 

cr:instagram/rumah.letramoda

Konsep kamar tidur mezzanine juga cocok diterapkan gaya rumah industrial. Lantai mezzanine terbuat dari material beton dengan penyangga yang kokoh. Tangga memiliki permukaan kayu solid dengan railing tangga dan lantai mezzanine dari material besi hollow. Material galvalum digunakan sebagai langit-langit kamar mezzanine ini. Pilihan material metal, kayu dan warna maskulin menguatkan kesan industrial yang sangat khas. 


7. Interior Mezzanine: Satu Ruang dengan Beragam Fungsi 

cr:instagram/susinurshofa

Tambahan lantai mezzanine memungkinkan Anda untuk memiliki satu ruang dengan beragam fungsi. Misalnya interior ini. Pada area yang sama terdapat ruang tamu, taman indoor, ruang makan dan area mezzanine yang serba guna. Lantai mezzanine memberikan kesan interior yang lebih dinamis dan tidak monoton. Adanya lantai mezzanine juga memungkinkan Anda bisa berbincang, meski berada di ketinggian lantai yang berbeda. 



Itulah Kumpulan Ide Mezzanine Solusi Memperluas Rumah yang Mungil. Anda bisa menambahkan ruang mezzanine di rumah dengan bantuan jasa konstruksi dan pembuatan mezanin terpercaya. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan untuk mewujudkan rumah impian yang nyaman. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada rekan, pasangan dan keluarga Anda. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English