Desain Rumah Sederhana 5 x 8 M dengan Layout Ruang yang Pas dan Tidak Sumpek


Helloshabby.com -- Kelebihan dari membangun rumah pada lahan terbatas, tentu dari segi pembiayaan dan waktu. Rumah mungil cenderung lebih cepat dibangun dan tidak memakan biaya pembangunan yang besar. Di luar itu, rumah pada lahan terbatas juga membawa konsekuensi. Dari segi tata ruang, rumah berukuran kecil biasanya juga memiliki ruang-ruang yang terbatas. 

Tak mengapa bila Anda hanya memiliki lahan rumah yang tidak luas, seperti ukuran 5 x 8 M. Meski terbilang kecil, Anda masih bisa membangun sebuah rumah sederhana yang nyaman dan tidak sumpek. Sebagai inspirasi, Anda dapat menyimak ulasan Desain Rumah Sederhana 5 x 8 M dengan Layout Ruang yang Pas dan Tidak Sumpek


Fasad Rumah Minimalis Monokrom Trendi

cr:instagram/noman_desainrumah

Model fasad rumah seperti ini sangat pas untuk desain rumah mungil. Bangunan terlihat kokoh dengan detail sederhana tapi berpengaruh besar. Misalnya, detail tali-tali air pada dinding fasad yang memberikan visual fasad yang lebih dinamis dan modern. Area fasad juga memiliki taman mini sebaris yang memberikan atmosifr yang segar dan sejuk. 


Fasad Rumah Tampak Samping


Rumah ini dikonsep tanpa pagar, agar area fasad rumah lebih terbuka dan lapang. Namun, untuk menambah privasi dan keamanan, tak mengapa bila Anda menambahkan pagar depan. Area carport dinaungi oleh kanopi transparan yang akan melindungi kendaraan dari hujan dan terik matahari. 

Walau terbilang kecil dan sederhana, rumah didesain cukup tinggi untuk memaksimakan penghawaan di dalam rumah. Sehingga, ruangan tidak terasa pengap dan sumpek. 


Desain Atap Rumah

cr:instagram/noman_desainrumah

Rumah ini menggunakan struktur atap pelana. Atap pelana memiliki kontruksi yang mudah dibangun. Bila terjadi kebocoran pun, atap pelana mudah untuk diidentifikasi kebocorannya.  Untuk itu, model atap pelana cukup sering digunakan untuk rumah sederhana. Pilihan genteng bisa disesuaikan dengan budget. 


Tata Ruang yang Mengutamakan Privasi


Interior rumah ini memiliki dua kamar tidur. Masing-masing kamar tidur diposisikan dekat kamar mandi, agar mudah diakses. Ruang tamu dan dapur dipisahkan dengan dinding solid dan pintu. Saat berada di dapur, Anda tak perlu sungkan bila ada tamu di ruang tamu. Setiap ruang memiliki pintu tersendiri untuk memberikan privasi dan kenyamanan.


Layout Sederhana dan Dapur Semi Terbuka

cr:instagram/noman_desainrumah

Karena ukuran ruang cukup terbatas, baiknya interior rumah ditata dengan penataan sederhana atau minimalis. Usahakan tidak terlalu banyak furnitur dan dekorasi yang terlalu semarak. Ruangan dapur cukup tertutup, untuk itu dapur dibuat semi terbuka dengan adanya taman hijau kecil. Bagian atas menggunakan atap transparan agar dapur terlihat terang dan segar. 


Denah Rumah Sederhana


Denah rumah ini memiliki area carport berukuran 2.5 x 3.2 M, teras berukuran 2.5 x 0.8 M, taman berukuran 2.5 x 1 M, kamar tidur utama berukuran 2.5 x 3 M, kamar mandi bersama berukuran 1.5 x 1.5 M, ruang tamu berukuran 2.5 x 2.7 M, kamar tidur anak berukuran 2.5 x 2.5 M, dan dapur berukuran 2.5 x 1.3 M. 



Terimakasih telah menyimak artikel Desain Rumah Sederhana 5 x 8 M dengan Layout Ruang yang Pas dan Tidak Sumpek sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : cr:instagram/noman_desainrumah



Categories in English