7 Cara Menciptakan Desain Dapur Minimalis untuk Rumah Kecil


Helloshabby.com -- Rumah kecil sangat tepat bila didesain dengan gaya dan penataan minimalis. Dapur minimalis memang terdengar sederhana dan mudah. Tapi untuk mewujudkannya, tentu tidak semudah itu. Anda dituntut untuk mengedapankan fungsi tanpa mengabaikan estetika. Dengan begitu, interior dapur akan terasa lebih luwes, dan makin membuat masak jadi lebih asik. 

Agar Anda tidak kebingungan untuk mendesain dapur minimalis yang pas di rumah mungil, Helloshabby.com telah merangkumkan 7 Cara Menciptakan Desain Dapur Minimalis untuk Rumah Kecil. Inspirasi cara dan desain dapur di bawah ini, bisa jadi opsi menarik untuk merenovasi dapur Anda. 



1. Pertimbangkan Layout yang Pas dengan Dimensi Dapur

cr:instagram/mellyputrie

Layout atau tata letak adalah hal yang pertama kali harus dipertimbangkan dengan matang. Ada beragam model layout untuk dapur, dari dapur bentuk L, U sampai dapur lorong. Bila Anda memiliki model dapur terbuka seperti di atas, dapur bentuk U bisa dipilih. Sisi meja dapur bisa difungsikan sebagai meja bar sekaligus area pembatas dapur. 


2. Memilih Model Meja Dapur yang Sesuai

cr:instagram/arianidesi020

Meja dapur adalah furnitur utama di dapur. Pilih model meja dapur yang sesuai dengan dimensi ruang. Bila sudah rumah sendiri, tak masalah bila Anda membuat desain meja cor seperti ini. Model sebaris seperti ini cukup pas untuk rumah kecil. Di bawah meja dapur masih terdapat space untuk penyimpanan perabot dapur. Siasati keterbatasan ruang dengan mengaplikasikan lebih banyak warna putih di dapur minimalis Anda. 


3. Pilih Kombinasi Warna Sesuai Selera

cr:instagram/lia4812

Dapur minimalis identik dengan pilihan warna netral. Namun, Anda tetap bisa menambahkan warna favorit ke dalam dapur minimalis Anda. Misalnya, memiliih kombinasi warna pink ke dalam dapur. Warna pink ini memberikan visual yang lebih elegan pada dapur minimalis untuk rumah kecil. Biar makin semarak, tak masalah bila memilih backsplash keramik motif seperti ini. 


4. Penyimpanan yang Multifungsi


Setiap dapur pasti memerlukan penyimpanan. Tentukan penyimpanan yang sesuai dengan luas dapur dan kepribadian Anda. Bila Anda tak suka harus repot-repot membuka kabinet hanya untuk mencari bumbu, opsi kabinet atas bisa digantungkan dengan rak ambalan seperti ini. Rak kayu khusus bumbu masak sampai dekorasi akan membuat dapur lebih praktis, lapang dan lebih rapi. 


5. Prioritaskan Keamanan dan Kenyamanan

cr:instagram/thiedy_home

Anda boleh mendesain dapur minimalis ala Scandinavian seperti dapur ini. Namun, selain estetika, prioritaskan selalu faktor keamanan dan kenyamanan saat memasak di dapur. Bila dapur tidak memiliki jendela atau bukaan, pertimbangkan untuk memasang cooker hood atau penyedot asap masakan. Cooker hood akan membuat dapur lebih bersih dan segar dari udara kotor dan bau masakan. 


6. Manfaatkan Space Dapur Sebaik Mungkin

cr:instagram/abyan_ameera

Dapur minimalis juga mengedepankan pemanfaatan ruang sebaik-baiknya. Tak masalah, bila Anda harus menjadikan area dapur dan mesin cuci di tempat yang sama. Dengan begitu, setiap ruang akan terdaya-guna. Anda bisa membuat visual mesin cuci tampak senada dengan kitchen set. Area dapur dan ruang cuci akan tampak lebih harmonis. 


7. Jaga Selalu Kebersihan dan Kerapian Dapur

cr:instagram/happysilvanailyas

Barangkali banyak dari kita memiliki dapur yang penuh barang seperti ini. Penataan seperti tak masalah, banyaknya barang tetap membuat dapur terlihat estetik dalam kepadatan. Yang terpenting, jaga selalu kebersihan dan kerapihan dapur. Tempatkan setiap barang pada tempatnya. Dapur pun akan tetap fungsional dan nyaman dipakai. 




Terimakasih telah menyimak artikel 7 Cara Menciptakan Desain Dapur Minimalis untuk Rumah Kecil sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English