7 Ide Ruang Tamu dengan Konsep Ruang yang Sejuk (Banyak Jendela)


Helloshabby.com -- Sudah pasti, banyaknya jendela di ruang tamu akan membuat ruangan terlihat terang alami di siang hari. Bahkan, tanpa pendingin ruangan, ruang tamu akan terasa sejuk. Kita tak harus direpotkan lagi akan sirkulasi udara dan pencahayaan, bila ruang tamu memiliki banyak jendela di dalamnya. 

Bila ingin ruang tamu makin terasa menyenangkan, Anda bisa melihat inspirasi dari 7 Ide Ruang Tamu dengan Konsep Ruang yang Sejuk (Banyak Jendela). Siapa tahu ada ide atau desain ruang tamu yang cocok diterapkan untuk renovasi ruang tamu di rumah Anda.



1. Ruang Tamu dengan Konsep Ungu Segar

cr:instagram/astri_purplehomie

Punya ruang tamu dengan dimensi luas seperti ini, maksimalkan dengan desain ruang tamu tematik. Anda bisa memilih konsep warna ungu pada ruang tamu. Selain dinding ungu, pilih juga sofa warna ungu di dalamnya. Pilih cushions dalam warna pop, yang akan menyemarakkan visual. Biarkan lantai tidak terlalu tertutup karpet, agar ruang tamu terasa lebih adem dan sejuk. 


2. Ruang Tamu dengan Jendela Pintu Kaca

cr:instagram/hams.house

Ruang tamu ini memiliki pintu atau jendela kaca yang langsung menghadap teras dan halaman belakang. Penggunaan pintu kaca akan memaksimalkan cahaya alami, sehingga sangat pas bila ruang tamu juga didekorasi dengan beragam tanaman hijau. Tinggal letakkan sepasang kursi dan meja kayu sebagai alas duduk dan tempat menjamu tamu. 


3. Perlakuan Minim pada Jendela

cr:instagram/nurrin_nurrinawati

Bila Anda memiliki ruang tamu berukuran kecil, tapi memiliki banyak jendela, tak usah merasa risau. Alih-alih diberi tirai, beri perlakuan minimal pada jendela tanpa memasang apa pun padanya. Dengan begitu, cahaya alami akan masuk dan mencerahkan ruangan dengan maksimal. Untuk privasi, gunakan teralis jendela atau bila perlu pilih model kaca jendela buram. 


4. Ide Ruang Tamu Monokrom dengan Banyak Jendela

cr:instagram/rumoh.kome

Ruang tamu tematik memang terlihat keren, bahkan pada rumah minimalis. Anda dapat menerapkan tema monokrom pada ruang tamu. Sofa hitam dengan karpet abu-abi, sengaja menghadap jendela agar cahaya yang masuk tidak tertahan oleh furnitur ruang tamu. Nuansa monokrom juga diterapkan pada pilihan tirai. Tirai sheer putih dan tirai hitam jadi pelengkap ruang tamu monokromatik dengan banyak jendela ini. 


5. Ide Ruang Tamu Scandi dengan Banyak Jendela

cr:instagram/novita_ken_suwarno

Ruang tamu Scandinavian memang terlihat elegan. Jendela yang dipilih menggunakan desan awning yang dipasang maksimal pada dinding rumah. Jendela ini akan memberikan cahaya alami, yang membuat interior bernuansa Scandi tampak terlihat segar, terutama penggunaan lantai vinil yang memberi kesan natural. 


6. Tambahan Jendela Di Atas Pintu 

cr:instagram/rikka.restienew

Banyak dari kita mungkin, hanya memiliki jendela kecil tepat di sisi kanan dan kiri pintu rumah. Untuk memaksimalkan pencahayaan, Anda bisa memasang tambahan jendela mati tepat di area atas. Jendela kaca mati ini akan menyalurkan cahaya ke area atas, tanpa membuat ruang di bawahnya terlalu panas. 


7. Ide Ruang Tamu Outdoor untuk Smoking Area

cr:instagram/thyna_oni

Ruang tamu ini adalah teras yang ditutup dengan jendela kaca buram. Ruang semi outdoor ini sengaja didesain untuk tamu yang merokok. Sehingga, asap rokok tidak akan menyebar ke dalam interior rumah utama. Furnitur dan dekorasinya pun cukup apik, sehingga tetap worth it sebagai ruang tamu. Tinggal tambahkan asbak, agar abu rokok tidak mengotori lantai. 



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Ide Ruang Tamu dengan Konsep Ruang yang Sejuk (Banyak Jendela) sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English