Desain Rumah Sederhana dengan Batako yang Hemat Bujet


Helloshabby.com -- Berapa pun ukurannya. Membangun rumah memang sudah pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit.  Meski begitu, kita masih bisa melakukan penghematan dengan memilih material kontruksi yang lebih terjangkau, tapi tidak menurunkan faktor keamanannya. Salah satunya, dengan memilih material kontruksi dari batako.

Batako adalah material bangunan untuk dinding yang dibuat dari bahan campuran seperti semen, pasir kasar dan air. Harganya relatif murah, berbobot ringan dengan  pemasangannya lebih cepat dan dapat menghemat biaya pengerjaan. 

Berikut ini kami ulasan desain rumah sederhana dengan batako yang hemat bujet


Dinding Batako dan Atap Galvalum 

Fb/Nara Aprilia Putri

Desain rumah dengan material batako ini termasuk dalam rumah tumbuh. Rumah ini belum sepenuhnya jadi 100%, namun sudah cukup siap untuk ditempati sementara. Dinding rumah menggunakan batako yang ditata cukup rapi. Atap pun menggunakan atap galvalum yang lebih mudah dipasang. 

Harga batako memang cenderung lebih murah daripada bata lainnya. Material ini memiliki kelebihan dan kekurangannya, antara lain; 

Kelebihan: 
  • Ukurannya yang lebih besar, membuat pembangunan hanya memerlukan beberapa puluh batako. 
  • Bobotnya ringan, sehingga pemasangannya lebih cepat dan menghemat biaya pembangunan. 
  • Kedap air dan tidak mudah bocor
Kekurangan:
  • Meski lebih murah, batako lebih mudah menyerap hawa panas, terutama di musim kemarau. 
  • Bobotnya ringan, namun kekokohannya masih rendang dibandingkan batu bata merah. 
  • Sebagian tidak meredam suara dengan baik. 
  • Dinding batako juga lebih rentan mengalami keretakan.


Interior Rumah Sederhana


Walau belum sepenuhnya siap, tak masalah menata rumah dengan tampilan tematik seperti ini. Interior rumah pun akan terlihat lebih bermakna, terutama bagi pemiliknya. Interior rumah ini ditata dengan nuansa hijau. Dari karpet hijau sampai tirai hijau. Adanya tirai hijau ini sebagai penutup jendela juga pengganti pintu yang ada di dalam rumah. 


Desain Ruang TV Lesehan 

Fb/Nara Aprilia Putri

Sebelum diisi dengan furnitur berat, desain ruangan dikonsep dengan konsep lesehan tanpa sofa. Kasur lantai dijadikan alas duduk sekaligus tempat rebahan sambil menonoton TV. Televisi dan meja dilapisi dengan dekorasi hijau Keroppi yang melengkapi tema hunian ini.

 

Kipas Angin Pengusir Gerah


Karena dinding batako menyerap panas, kipas angin diposisikan di depan kasur lantai, agar pemiliknya tidak merasa terlalu kepanasan. Rasa panas juga dapat diminimalisir dengan pemasangan ventilasi dan jendela yang memadai di sekitar ruangan


Desain Dapur Sederhana dengan Tema Hijau


Meja dapur bisa dibuat dari meja kayu biasa. Anda bisa menggunakan alas penutup meja, agar permukaan meja tidak terlihat kosong. Meski dengan furnitur sederhana, dapur ini memiliki nuansa ruang serba hijau yang membuat dapur  di rumah batako ini tampak berkarakter. 



Itulah ulasan dari Desain Rumah Sederhana dengan Batako yang Hemat Bujet. Pertimbangkan dengan matang pemilihan material kontruksi bangunan untuk rumah Anda. Jika ingin lebih hemat bujet, ide pembangunan dengan batako bisa dijadikan opsi.

Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English