10+ Ide Rumah Mungil Tipe 30 dengan 2 Mezzanine | Banyak Ruang Walau Terbatas Luas


Helloshabby.com -- Rumah tipe 30 adalah pilihan yang pas untuk memiliki hunian nyaman, walau dengan dana yang terbatas. Biasanya, Anda akan mendapatkan dua kamar tidur dan ruang bersama yang pas untuk kumpul keluarga. Rumah tipe 30 pun bisa sedikit dimodifikasi. Misalnya, dengan menambahkan ruang mezanin sebagai ruang keluarga atau ruangan lainnya. Dengan begitu, rumah mungil tipe 30 akan lebih maksimal secara fungsi dan estetikanya. 

Khusus untuk Anda, kami hadirkan ulasan 10+ Ide Rumah Mungil Tipe 30 dengan 2 Mezzanine | Banyak Ruang Walau Terbatas Luas.


Fasad Rumah dengan Kanopi dan Taman Mungil

cr:instagram/the_jasminehouse

Rumah ini memiliki dimensi Lt60m/Lb30m. Bangunan fasad tampak meninggi untuk menyediakan sirkulasi udara yang lebih baik. Langit-langit yang lebih tinggi juga digunakan sebagai ruang mezanin. Fitur eksterior rumah memiliki atap kanopi polikarbonat yang akan menaungi carport dari terik dan hujan. Di sampingnya, terdapat taman kecil hijau yang akan memberikan visual fasad yang lebih sejuk dan segar. 


Teras Sederhana yang Cantik


Teras utama depan rumah memiliki ukuran yang terbatas. Meski begitu, teras tetap didesain apik. Bangku ditempatkan di area carport sebagai tempat duduk santai di area teras depan. Elevasi lantai teras lebih tinggi daripada lantai carport untuk meminimalisir risiko debu memasuki rumah. Penggunaan tegel mozaik seperti ini akan memberikan nilai estetika pada teras rumah sederhana ini. 


Ruang Tamu Merangkap Ruang Keluarga

cr:instagram/the_jasminehouse

Karena ukuran yang terbatas, tak masalah bila Anda menjadikan ruang tamu juga sebagai ruang keluarga. Selain sofa, hadirkan fitur hiburan seperti televisi untuk memberikan pengalaman berkumpul yang lebih mengasyikkan. Televisis bisa dipasang pada dinding dengan rak ambalannya. Dengan begitu, ruang tamu berukuran 2 x 3 M ini akan terlihat lebih rapi dan luas. 


Tangga Lipat yang Fleksibel


Masih di area yang sama. Ruangan ini langsung menghadap dapur. Ruangan juga diapit oleg dua ruang mezanin. Akses menuju ruang mezanin menggunakan tangga besi. Uniknya, tangga ini bisa dibuka dan dilipat sesuai kebutuhan. Saat tidak dipakai, tangga bisa dilipat, sehingga, ruangan akan terlihat lebih lega. 


Dekorasi Dinding Memorabilia


Dinding adalah media yang tepat untuk mendekorasi hunian. Anda bisa membuat dinding memorabilia yang penuh dengan pajangan foto kenangan. Buat foto dalam nuansa monokrom untuk memberikan visual yang lebih bermakna dan memorable.  


Ruang Mezanin 1 dengan Tangga Multifungsi

cr:instagram/the_jasminehouse

Tepat di atas pintu utama, terdapat ruang mezanin 1. Ruangan ini memiliki jendela untuk memberikan pencahayaan yang memadai. Dengan begitu, ruang mezanin juga bisa dijadikan tempat baca favorit. Akses menuju mezanin menggunakan tangga besi. Tangga ini juga berfungsi sebagai teralis jendela. Sehingga, membuat kontruksi jendela lebih aman. 


Ruang Mezanin 2 Di Atas Dapur


Ruang mezanin 2 dibangun tepat di atas dapur. Mezanin dibangun dari plat besi yang tebal. Sehingga, tetap aman saat dipijaki. Area mezanin ini memiliki ukuran yang sekitar 2 x 2.5 M. Digunakan pagar besi wire mash sebagai pembatas dan pengaman saat berada di ruang mezanin. 


Ruang Mezanin 2 Konsep Industrial

cr:instagram/the_jasminehouse

Ruang mezanin sangat cocok diterapkan dengan konsep industrial. Dinding beton dan dinding bata merah ekspos memberikan tampilan ruang yang lebih kekinian. Lantai dilapisi dengan karpet lembut sebagai alas duduk. Ruang mezanin ini bisa digunakan jadi tempat bersantai bersama keluarga. Terdapat pintu dan jendela kaca untuk menuju rooftop. Sehingga, ruang mezanin akan selalu terasa sejuk. 


Dapur Industrial Minimalis 


Dapur di bawah ruang mezanin juga didesain dengan model industrial. Dapur model sebaris sudah cukup untuk melakukan aktivitas memasak dan mencuci. Sebagian lantai dapur menggunakan model tegel motif kuning yang tampak cerah. Posisi dapuur langsung menghadap halaman belakang. Memasak pun akan terasa lebih segar dan tidak kegerahan. 


Kamar Tidur Utama Konsep Lesehan

cr:instagram/the_jasminehouse

Kamar tidur utama dibuat sesimpel namun senyaman mungkin. Konsep lesehan tanpa ranjang dipilih, selain praktis, penataan seperti ini juga mudah lebih hemat pengeluaran. Tempat tidur langsung menghadap ruang terbuka, untuk mendapatkan sirkulasi udara yang lebih baik. 


Kamar Tidur Anak dengan Dinding Kreatif


Beri sentuhan imajinatif untuk kamar tidur anak. Dinding kamar dapat dilukis dengan dengan bentuk imajinatif seperti ini. Dinding ini juga dipasang wall climbing untuk menunjang gerak motorik si kecil. Kamar tidur bernuansa abu juga diisi dengan dekorasi tanaman hijau untuk menyegarkan suasana di kamar si kecil.  


Denah Rumah Tipe 30


Rumah ini memiliki dimensi 30/60 dengan pembagian area sebagai berikut:
carport berukuran 3 x 5 M, taman berukuran 1.78 x 3.85 M, teras berukuran 1.78 x 1.15 M, ruang tamu dan dapur berukuran 2.5 x 5 M, kamar tidur 1 berukuran 2.85 x 2.5 M, kamar mandi berukuran 2.85 x 3 M, teras belakang berukuran 2.15 x 0.6 M dan taman hijau belakang berukuran 2.15 x 2.4 M. 




Terimakasih telah menyimak artikel 10+ Ide Rumah Mungil Tipe 30 dengan 2 Mezzanine | Banyak Ruang Walau Terbatas Luas sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : cr:instagram/the_jasminehouse

Categories in English