8 Inspirasi Desain Jendela Rumah Agar Tak Monoton


Helloshabby.com -- Jendela memiliki fungsi yang cukup vital pada sebuah hunian. Jendela sebagai sirkulasi udara dan cahaya dari dalam dan luar bangunan. Adanya jendela akan membuat interior rumah terlihat terang dan terasa sejuk. Selain itu, bentuk jendela yang selalu tampak dari bangunan rumah akan menambahkan nilai estetik. Semakin unik bentuk jendela, eksterior rumah pun akan semakin terlihat cantik dan berbeda. 

Butuh inspirasi bentuk jendela rumah yang kekinian? Yuk, simak 8 Inspirasi Desain Jendela Rumah Agar Tak Monoton.


Jendela Cantik untuk Rumah Farmhouse

cr:instagram/ayhaharlequin

Jendela bisa menjadi ciri khas untuk rumah bertema farmhouse. Jendela ini menggunakan dua model. Jendela sisir dengan arah bukaan ke luar (teras), dan jendela kotak dengan arah bukaan ke dalam rumah. Salah satu jendela bisa dibuka sesuai dengan kebutuhan. Jendela ini juga dipercantik dengan window box berisikan bunga hias yang tampak menawan. 


Jendela Awning untuk Rumah dengan Nuansa Batu Alam

cr:instagram/belgieangel

Ingin rumah terasa asri dan menyejukkan? Anda bisa memilih model jendela awning seperti ini. 4 buah jendela berjajar rapi dengan bukaan keluar, yang memaksimalkan sirkulasi udara dan cahaya yang masuk. Kusen jendela menggunakan material kayu yang tampak harmonis dengan dinding batu alam seperti ini. 


Jendela Compact Di Depan Rumah

cr:instagram/chacharisa

Pada rumah minimalis, biasanya, pintu utama selalu dibarengi dengan jendela di sisi kanan dan kirinya. Anda bisa membuatnya tampak ramping seperti di atas. 3 buah jendela dari jendela awning dan jendela stationary (kaca mati) tampak membingkai indah pintu utama. Nuansa putih pada kusen jendela dan pintu juga memberikan kontras warna yang apik pada bangunan bernuansa merah di sekitarnya. 


Jendela Stationary untuk Pemandangan Maksimal


Jendela stationary juga disebut jendela kaca mati. Jendela ini fungsinya sebagai sirkulasi cahaya saja. Bentuk jendela cukup memenuhi tembok rumah, sehingga ruangan di rumah akan terlihat terang. Jendela ini juga bisa digunakan untuk menikmati pemandangan luar dengan maksimal. 



Jendela Sisir untuk Nuansa Vintage  

cr:instagram/my.fav.home

Sesuaikan desain jendela dengan konsep rumah. Bila ingin rumah bernuansa vintage yang estetik, Anda bisa mencoba desain jendela rumah seperti ini. Jendela ini memiliki dua model jendela.  Jendela casement dengan engsel bukaan di bagian samping. Kesan vintage makin terasa dengan jendela sisir dari material kayu dan finishing biru toska yang tampak senada dengan finishing pintu utama. 


Jendela Ukir untuk Rumah Menghadap Barat

cr:instagram/nurecaratna

Pemasangan jendela harus dipertimbangkan dengan baik. Fasad rumah ini menghadap Barat, sehingga opsi jendela kaca digantikan dengan jendela kayu ukir khas Jogjakarta. Kusen dan daun pintu memiliki bentuk ukiran yang terlihat etnik dan estetik. Saat sedang terik-teriknya, rumah pun tidak akant terasa terlalu panas, berkat jendela kayu ini. 


Jendela Kontemporer yang Cerah 

cr:instagram/rinaros2110

Jendela ini memiliki bentuk kontemporer yang tampak beda dari jendela biasa. Daun jendela dilapisi kaca dan bingkai kayu dalam bentuk elips. Finishing kusen jendela dalam warna putih yang tampak menonjol dengan finishing rumah bercat oranye ini. Desain jendela juga tampak semarak, membuat rumah jauh dari kesan monoton. 


Jendela Kaca Bulat yang Unik

cr:instagram/salmah_bulbul

Desain jendela bulat paling sering dijumpai pada jendela kabin kapal. Namun, Anda bisa menghadirkannya di rumah. Jendela bulat akan menghadirkan visual eksterior rumah yang lebih unik. Jendela bulat umumnya didesain sebagai jendela kaca mati. Anda bisa menjadikan spot di sekitar jendela bulat sebagai area untuk bersantai menikmati pemandangan luar rumah. 



Terimakasih telah menyimak artikel 8 Inspirasi Desain Jendela Rumah Agar Tak Monoton sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English