7 Contoh Kolam Ikan Untuk Desain Rumah Minimalis

 

 Helloshabby.com -- Menghadirkan kolam ikan di rumah dapat membuat keseluruhan atmosfer hunian terasa lebih sejuk dan nyaman. Suara gemericik air memang terbukti dapat menenangkan pikiran, sehingga area ini dapat anda gunakan sebagai spot terfavorit untuk tempat bersantai atau tempat berkumpul bersama keluarga yang menyenangkan.

Untuk membuat kolam ikan minimalis tidak harus dengan ukuran ruangan yang luas. Bahkan anda dapat memanfaatkan teras depan,  lahan sisa di samping, hingga belakang rumah. Dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan hunian yang tersedia. Jika anda tertarik untuk membangun sebuah kolam, mari simak terlebih dahulu 7 contoh kolam ikan untuk desain rumah minimalis yang dapat anda jadikan sebagai referensi!


1. Kolam ikan minimalis di samping rumah.

@studiarsitektur19

Apakah anda memiliki lahan tersisa di samping rumah? Daripada dibiarkan kosong, anda dapat memanfaatkannya untuk membuat kolam ikan yang sejuk dan menyegarkan. Desain kolam ikan ini dibuat memanjang sesuai dengan bentuk lahan yang tersedia. Model kolam ikan juga dirancang kotak tanpa sebuah lekukan sehingga menghadirkan kesan tampilan yang lebih lega.

Sedangkan dibagian tepi kolam dirancang khusus dengan sentuhan rumput hijau sistetis dan tempat duduk beton untuk tampilan taman yang lebih estetik.


2. Kolam ikan sejuk di dalam ruangan

@yerry_ane

 
Tidak harus mengusung konsep outdoor atau di luar ruangan, anda bisa menghadirkan desain kolam ikan berada di dalam ruangan. Inspirasi kolam ikan yang kedua mengusung konsep indoor dengan atap transparan sehingga seluruh area taman kolam terlihat terang sepanjang hari.
Untuk mendapatkan kesan kolam ikan terasa lebih natural, hampir seluruh material utama menggunakan material batu alam jenis candi dengan nuansa hitam. Warna hitam sendiri identik dengan tampilan taman terlihat lebih eksotis.

3. Desain kolam ikan sederhana rumah type 36


@rumah.md

 
 Desain rumah typpe 36 identik dengan keterbatasan lahan yang tersedia. Tapi anda tidak perlu berkecil hati, contoh kolam ikan yang terletak di teras samping rumah berikut ini dapat anda jadikan sebagai inspirasi. Model kolam dibuat tidak terlalu besar, hanya sekitar ukuran 1,5x0.5 meter dengan dekorasi tanaman hijau disekelilingnya yang membuatnya tampil lebih sejuk dan cantik.
Hadirkan juga beberapa dekorasi batuan koral disekitar kolam ikan untuk tampilan yang lebih natural sekaligus menjadi area resapan yang baik.

4. Desain kolam ikan mini


 
Bagian sudut dalam rumah dapat anda manfaatkan untuk membuat desain kolam ikan yang menawan. Perpaduan antara nuansa batu alam gelap dan batu alam Palimanan dibagian backdrop menghasilkan tampilan ruangan yang lebih estetik dan elegan.
Sedangkan detail kolam ikan dibuat menarik dengan fitur air  terjun yang cantik. Jangan lupa untuk meletakkan tanaman pot yang disekeliling taman untuk membuat suasana lebih sejuk. 


5. Desain kolam ikan dan taman vertikal

@dzakiralandscape

 
 Contoh kolam ikan selanjutnya tampil menarik dengan kombinasi taman vertikal yang indah. Konsep taman vertikal sendiri sering digunakan untuk mengatasi keterbatasan lahan yang tersedia, karena untuk membuatnya hanya memerlukan sedikit ruang. Kehadiran tanaman hijau selain mempercantik juga membuat tampilan kolam ikan tampil lebih atraktif.
Sedangkan model kolam ikan dibuat dengan kombinasi material kaca transparan di bagian depan, sehingga gerak-gerik ikan menarik dapat anda nikmati dari luar. Sangat menarik bukan? 

6. Contoh kolam ikan minimalis

@dirumah.ps

Masih mengusung konsep minimalis, kolam ikan yang satu ini meski didesain simple tapi tetap menawarkan kesan yan elegan. Untuk keseluruhan desain kolam ikan adalah 7,2 x 2,4 meter, dengan kedalaman ideal  40 - 50 cm. Sedangkan detail kolam, bagian dasar didesan khusus dengan semen acian , kemudian dicat epoxy khsus untuk tampilan kolam terlihat lebih abu-abu elegan.

Bagian atap kolam ikan terdapat material kayu ulin yang melengkapi desain taman kolam agar tampil lebih elegan dan menyatu dengan alam.


7. Desain kolam ikan dengan kaca transparan

@_yuliaglass_

Inspirasi model kolam ikan terakhir tampil menarik dengan dominasi material kaca yang elegan. Apabila desain sebelumnya, kaca transparan diletakkan di bagian depan, kali ini hampir seluruhnya mengaplikasikan kaca transparan untuk tampilan yang menawan. Sehingga secara keseluruhan tampilannya mirim aquarium dengan ukuran yang lebih besar. Model kolam ikan seperti ini  direkomendasikan bagi anda yang ingin mendesain kolam ikan indoor atau dalam rumah.


Itulah ketujug contoh kolam ikan untuk desain rumah minimalis. Dari desain diatas, mana kolam ikan yang menjasi favoritmu? Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda. Terimakasih.


Penulis   : Hafsah
Editor     : Munawaroh
Sumber   : Berbagai sumber

Categories in English