7 Ide Teras Mungil Nuansa Tradisional yang Bikin Betah


Helloshabby.com -- Hadirkan teras santai dengan atmosfir yang lebih unik daripada teras biasa. Anda bisa mendesain teras dengan nuansa tradisional yang asri. Teras dengan gaya tradisional akan mengingatkan kita nuansa pedesaan yang asri dan adem. Bikin kita selalu betah berlama-lama berada di teras rumah kita. 

Teras dengan nuansa tradisional juga cocok diterapkan pada rumah modern. Anda tak harus merombak total teras modern untuk bisa mendapatkan teras tradisional yang asri dan tetap kekinian. Lantas bagaimana caranya? Simak jawabannya, dalam ulasan 7 Ide Teras Mungil Nuansa Tradisional yang Bikin Betah.


1. Dekorasi dan Furnitur Tradisional yang Berkesan

via:instagram/dekorasiterasrumah

Nuansa tradisional bisa dihadirkan lewat pilihan dekorasi dan furnitur dengan teras yang tepat. Sehingga, Anda tak harus mengubah total kontruksi teras pada rumah moder. Misalnya, dengan memilih dekorasi anyaman bambu sebagai penanda area teras. Selain itu, peletakkan padasan atau kendi cuci tangan dari tanah liat juga memberikan kesan tradisional yang asri dan adem, pada teras mungil ini. 


2. Elemen Bata Merah dan Furnitur Kayu 

cr:instagram/devvyherawati

Teras dengan nuansa tradisional memiliki visual yang lebih khas daripada teras lainnya. Penggunaan material alam, seperti dinding bata merah dan furnitur kursi kayu jati memberikan karakter teras yang tampak menyatu dengan alam. Teras ini dibuat dalam model semi terbuka. Pemiliknya menambahkan atap transparan di atasnya, juga tirai bambu yang menambah nuansa tradisional pada teras rumah ini.


3. Palet Warna Terrakota untuk Kesan Rustik

cr:instagram/fitri.chenk2

Teras mungil akan tampil lebih classy dengan gaya tradisional. Dinding bata merah yang menampilkan tekstur dan pola yang semarak, menambahkan kesan rustik pada teras ini. Meskipun dinding tampak semarak, Anda masih bisa menambahkan dekorasi dinding, seperti kaca jadul, tanaman gantung dan atau lukisan kontemporer. Kecilnya teras disiasati dengan membuat lantai dalam warna terang tanpa pola, sehingga ruangan tampak lebih luas dan lapang. 


4. Tanaman Hijau yang Merindangkan

cr:instagram/ketji.ts

Selain furnitur berbahan kayu, pilih juga dekorasi teras yang menguatkan kesan tradisional yang asri dan sejuk. Pilihan terbaiknya adalah dekorasi tanaman rumah. Anda bisa menghias teras tradisional dengan tanaman. Letakkan dalam pot-pot atau biarkan tanaman rambat tumbuh rindang pada atap kanopi teras. Sehingga, tanaman ini juga menjadi peneduh teras. 


5. Teras Luar sebagai Ruang Baca Pribadi

cr:instagram/mybrick.house

Teras ini sangat kental akan nuansa pedesaannya. Dimulai dari penggunaan dinding dari papan kayu, kontruksi atap full dari kayu sampai furnitur kayu. Teras ini tampak terpisah dari bangunan utama. Namun, nuansa serba kayu dan dekorasi yang segar, membuatnya sangat pas dijadikan tempat untuk membaca buku dengan santai sambil ditemani semilir angin segar. 


6. Nuansa Earthy Tone yang Asik

cr:instagram/rinaomahbelajar75

Bersantai di teras seperti ini pasti sangat menyenangkan. Kita bisa duduk santai sambil menikmati udara segar dari taman di sampingnya. Tampilan teras pun tampak harmonis dengan konsep earthy tone yang diterapkan dengan maksimal. Warna membumi ini memberikan sentuhan rustik yang hangat di teras. Tak hanya itu, tanaman hijau yang digantung juga memberikan tropical vibe yang sejuk.


7. Teras Jawa yang Pas untuk Bersantai

cr:instagram/rumah_nuansa_jawa

Suka dengan nuansa teras Jawa yang asri? Anda bisa menghadirkannya di rumah. Tinggal sediakan model furnitur kayu tradisional yang ditata apik pada teras rumah Anda. Sediakan penghalang berupa tirai bambu kecil untuk menghalau panas matahari berlebih masuk ke area teras. Teras pun akan terasa sejuk dan sangat pas dijadikan ruang ngobrol dan tempat bermain musik bersama. 



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Ide Teras Mungil Nuansa Tradisional yang Bikin Betah sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English