7 Inspirasi Kolam Ikan Dalam Rumah

 

 Helloshabby.com -- Hobi memelihara ikan merupakan salah satu hobi positif yang dapat menciptakan kesejukkan di rumah. Apalagi musim pandemi seperti ini hobi ini semakin populer dan banyak diminati masyarakat. Bagi anda pencinta ikan hias, memiliki kolam ikan sendiri di rumah tentu menjadi wishlist yang ingin diwujudkan.

Desain kolam ikan tidak hanya dihadirkan pada teras rumah, bahkan anda dapat membangun kolam di dalam rumah. Keberadaan kolam ikan di rumah memiliki banyak manfaat yang dapat langsung dirasakan oleh pemilik rumah. Suara gemericik air dapat menjadikan pikiran terasa lebih tenang. Tertarik untuk membangun kolam ikan sendiri di rumah? Helloshabby.com akan menyajikan contoh 7 inspirasi kolam ikan dalam rumah yang dapat anda jadikan sebagai referensi!

 

 1. Kolam ikan di bawah tangga

@siratungu

 
Apabila seringkali space ruang di bawah tangga dibiarkan kosong, anda dapat menyulapnya untuk membangun sebuah taman kolam ikan yang menyegarkan. Desain kolam ikan dibuat dengan desain yang minimalis berbentuk persegi dengan kombinasi material kayu dan kaca transparan sehingga tampilannya pun terasa lebih lega.
Tidak hanya kolam ikan, didekatnya terdapat taman minimalis yang dapat membawa kesejukkan di rumah.

2. Desain kolam ikan dalam rumah dengan kaca transparan


@shaktibilqis

 
Desain kolam ikan dalam rumah tidak harus dirancang dengan ukuran yang besar. Inspirasi kolam ikan dalam rumah yang satu ini memiliki panjang 1 meter dengan kombinasi material kaca dibagian tengah, sehingga ikan menari di dalam air pun dapat terlihat dari luar. Unik bukan? Sekilas tampilan kolam seperti ini lebih mirip dengan akuarium.
Model kolam ikan yang dibuat lurus tanpa sebuah lekukan juga dapat memberikan ilusi tampilan yang lebih luas. Sebagai dekorasi, pemilik menambahkan tanaman gantung untuk tampilan yang lebih estetik.
 
 
 

 3. Inspirasi kolam ikan dalam rumah dengan batu alam

@griyarjuna

Desain kolam ikan dalam rumah selanjutnya dibuat cantik dengan kombinasi material batu alam yang cukup mendominasi. Banyak jenis batu alam yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Bagian dinding backdrop kolam ikan dilapisi dengan batu alam jenis Palimanan sehingga tampilan keseluruhan taman terlihat lebih alami dan menawan. Batu alam dengan nuansa krem ini menciptakan suasana ruangan yang lebih tenang. 

Sedangkan desain kolam ikan dibuat dengan model air mancur yang menambah tampilan kolam yang lebih estetik.


4. Desain kolam ikan sederhana di dalam rumah

@kamila haryanti

 
 Inspirasi kolam ikan dalam rumah yang satu ini dibuat dengan yang simple tapi tetap menawan. Cocok bagi anda yang menginginkan desain sederhana dan mudah untuk ditiru dirumah. Terdapat variasi model air mancur yang berada di tengah yang menghasilkan bunyi gemericik air yang menenangkan. 
Desain kolam ikan yang simple akan semakin cantik dengan dekorasi tanaman hijau disekelilingnya. Jangan lupa hadirkan juga karpet rumput dan dekorasi batuan koral untuk tampilan taman kolam yang lebih natural dan menyatu dengan alam.
 
 

5. Desain kolam ikan dalam dengan atap transparan


@devihomedecor

 
 Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kolam ikan tidak hanya dapat dibangun pada teras rumah. Inspirasi kolam ikan yang satu ini didesain berdampingan dengan ruang makan. Dengan memanfaatkan area belakang rumah, suasana makan bersama pun akan terasa berbeda dengan view pemandangan kolam ikan yang menyejukkan.
Area ini juga terlihat terang sepanjang hari berkat penggunaan atap transparan. Untuk meredam panas, sebuah panel dengan tanaman sintetis diletakkan menggantung, yang sekaligus menjadi dekorasi yang cantik.
 
 

6. Desain kolam ikan dekat laundry room

@cutehomebykenz

 
Sering merasakan malas untuk mencuci? Ide merancang laundry room berada dekat taman indoor berikut ini dapat anda coba terapkan di rumah. Dijamin aktivitas mencuci baju pun akan terasa menyenangkan dengan view kolam yang dapat menyegarkan mata.
Desain kolam ikan ini dibuat dengan desain sederhana, dengan lapisan permukaan dipoles dengan sentuhan biru. Sehingga permukaan air pun akan tampak lebih sejuk dn berwarna. 

7. Desain kolam ikan dengan air terjun 4 level


 

Desain kolam ikan dalam rumah terakhir memiliki tampilan berbeda dengan kolam yang sebelumnya. Ide kolam ikan diatas memiliki variasi air terjun dengan empat level sehingga tampilannya pun terlihat unik dan estetik. Apalagi dibagian sisi tepi kolam dipadukan dengan lampu LED strip yang menambah tampilan kolam ikan terlihat lebih hidup dan menawan. 

Meski ukuran kolam tidak terlalu luas, tetapi penggunaan keramik teras dengan motif mozaik bernuansa terang juga memberikan ilusi kolam yang lebih besar.

Itulah ketujuh inspirasi kolam ikan dalam rumah yang dapat anda jadikan sebagai referensi. Dari beberapa contoh diatas, mana yang menjadi desain favorit? Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda. Jangan lupa dapatkan informasi dan artikel menarik tentang rumah lainnya hanya di Helloshabby.com.

Penulis   : Hafsah
Editor     : Munawaroh
Sumber   : Berbagai sumber

Categories in English