7 Inspirasi Rumah Murah tapi Tak Murahan


Helloshabby.com -- Membangun rumah memang bukan perkara mudah dan murah. Namun, kita masih bisa memaksimalkan dana yang ada untuk membuat hunian yang asri dan nyaman. Salah satu inspirasinya, hunian ala pedesaan ini. Dari luar rumah memang tampak tradisional dengan dinding anyam bambu. Eksterior pun makin terasa asri karena dikelilingi taman hijau yang segar. Belum lagi dari segi interior. Walau tak banyak furnitur serba mahal, interior rumah tetap menyajikan kenyamanan maksimal untuk penghuninya. 

Lebih lengkapnya, simak ulasan 7 Inspirasi Rumah Murah tapi Tak Murahan.


Fasad Rumah dengan Dinding Bambu

Edith Quirino Balaba

Rumah ini adalah Bahay Kubo atau rumah pedesaan ala Filipina. Dari segi kontruksi bangunan, tak beda jauh dari rumah tradisional di Indonesia. Uniknya, fasad rumah menggunakan dinding anyam bambu yang membuat nuansa tradisional asri makin terasa. Dinding eksterior ini tetap menggunakan material padat seperti campuran semen. Sehingga, bangunan tetap kokoh dan memberikan privasi. 

Dinding anyam bambu ini berpadu indah dengan nuansa hijau pada sebagian finishing bangunan dan tanaman-tanaman rindang sebagai pagar/pembatas rumah. 


Taman Rumah yang Begitu Hijau


Taman dengan penuh tanaman bisa menjadi aset yang tak murahan. Taman ini bisa menjadi daya tarik tersendiri, bagi pemilik rumah atau tetangga kanan-kiri. Adanya taman segar nan rapi ini juga terlihat harmonis dengan dinding hijau pada eksterior rumah. Tinggal letakkan bangku bambu atau amben untuk menikmati suasana luar rumah yang syahdu ini. 


Ruang Tamu Hijau yang Anti Norak

Edith Quirino Balaba

Banyak dari kita menyukai interior dengan cat warna hijau. Warna hijau memang memberikan kesegaran tersendiri. Namun, bila berlebihan menggunakannya, interior hijau bisa terlihat norak. Siasati dengan mengkombinasikan cat hijau dengan furnitur yang tepat. Dinding hijau muda dan pernak-pernik hijau lainnya tampil lebih seimbang dengan adanya set sofa motif polkadot dalam warna hitam. Ruang tamu pun terlihat lebih menarik dengan kombinasi hitam dan hijau. 


Tangga Kayu yang Kokoh


Alih-alih menggunakan material padat, tangga pada rumah ini menggunakan material kayu. Pada negara tropis, kayu lebih mudah dan murah untuk didapatkan. Pastikan saja memilih jenis kayu yang kokoh sebagai tangga, misalnya kayu jati, kamper, merbau dan sebagainya. Tangga kayu pun akan lebih tahan lama  dan membuat interior terlihat natural. 


Interior dengan Dekorasi Tanaman Hijau

Edith Quirino Balaba

Salah satu jenis dekorasi yang murah tapi tak murahan adalah tanaman. Tanaman bisa membuat interior tampak lebih elegan, bila dipadukan dengan pot atau rak kekinian yang cantik. Tanaman sangat pas diletakkan pada sudut-sudut yang kosong dan kecil di dalam rumah. Tanaman hijau juga aktif memberikan pasokan udara yang lebih baik untuk kita hirup. 


Desain Ruang Makan Sederhana


Ruang makan bisa jadi tempat berkumpul bersama penghuni rumah. Buat ruang makan tampak sederhana tapi tetap menawan dengan penataan minimalis. Anda hanya perlu meletakkan set kursi dan meja makan hitam ramping di dalamnya. Sentuhan hijau akan membuat ruang makan sederhana ini tampil senada dengan ruangan lainnya. 



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Inspirasi Rumah Murah tapi Tak Murahan sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Edith Quirino Balaba

Categories in English