Ide Rumah Panggung Sederhana yang Rapi dan Bikin Betah


Helloshabby.com --  Meski rumah bergaya minimalis modern makin populer, namun desain rumah tradisional seperti rumah panggung tak akan kehilangan peminatnya. Bukan tanpa sebab. Rumah panggung menghadirkan kenyamanan dan keasrian tersendiri. Material papan kayu yang digunakan juga lebih hemat bujet dan mudah dibangun. 

Rumah panggung pun akan terlihat lebih menarik dengan penataan yang apik. Seperti hunian yang kita bahas di bawah ini. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan Ide Rumah Panggung Sederhana yang Rapi dan Bikin Betah .


Fasad Rumah Panggung Sederhana

Ace Schatt

Ide rumah panggung masih banyak diterapkan pada di daerah pedesaan. Elevasi lantai bangunan bervariasi, bisa berkisar 50 cm atau lebih. Bangunan yang tidak menyentuh tanah diharapkan melindungi dari binatang yang rawan masuk ke dalam rumah. Rumah ini memiliki bagian teras depan rumah. Teras juga memiliki pagar kecil dengan finishing hijau yang sama dengan eksterior rumah. 


Atap Rumah Panggung 


Atap rumah ini menggunakan model atap pelana. Material atap terbuat dari sejenis atap seng atau galvalum. Jenis atap seperti ini cocok untuk daerah pegunungan yang tidak terlalu panas. Sehingga, atap tidak menyerap panas dengan berlebih. 


Jalan Setapak Menuju Ke Dalam Rumah 

Ace Schatt

Rumah panggung hijau ini dikelilingi oleh taman dengan banyak tanaman. Agar tak terlalu becek, area menuju teras atau depan rumah dibuat permanen dengan model jelan setapak seperti ini. Adanya jalan setapak juga memudahkan tamu untuk mengenali akses menuju ke pintu utama rumah panggung ini. 


Lantai Interior Rumah Panggung Sederhana


Hal yang mungkin menarik perhatian kita adalah desain lantai yang digunakan. Seperti pada kebanyakan rumah panggung, lantai hunian ini menggunakan papan kayu solid yang menutup area bawah dengan rapat. Lantai papan kayu tentu memberikan kesan interior yang lebih natural dan asri. 

Desain Ruang Tamu Sederhana

Ace Schatt

Masuk ke dalam rumah, ruang tamu dengan sofa hijau sudah siap menyambut untuk tamu. Sofa ini memiliki desain pola yang tampak vintage. Ruang tamu juga lebih semarak dengan tirai-tirai penuh warna di sekelilingnya. Tirai-tirai tersebut bisa menjadi pengganti pintu ruangan, agar interior rumah panggung tidak terlalu berat.


Interior dalam Warna Pink


Bila eksterior menggunakan warna hijau pada keseluruhan dinding, interior rumah panggung ini menggunakan kombinasi warna putih dan merah jambu. Cat merah jambu tampak teraplikasikan dengan baik pada pintu dan dinding interior, sehingga memberikan kesan ruangan yang lebih baik. 


Desain Kamar Tidur Sederhana


Desain kamar tidur dibuat sederhana seperti ini. Model kasur lantai lebih dipilih yang cocok untuk desain ruangan yang kecil. Jendela ditutup dengan tirai floral yang juga menjadi ornamen di dallam kamar. Pemilik juga mendekorasi kamar dengan pencahayaan lampu senar dengan wall sticker. Kamar tidur pun jadi terasa lebih personal dengan dekorasi pilihan. 


Desain Dapur Tradisional

Ace Schatt

Dapur pada rumah panggung ini masih menggunakan desain tradisional. Meja dapur memanfaatkan papan kayu tebal, sebagai penyimpanan perabot dapur dan meja persiapan masakan. Meja dapur ini juga tampak memiliki area wastafel agar memudahkan saat membersihkan piring-piring kotor.


Kompor/Tungku Tradisional


Hunian ini masih mengadopsi gaya hunian tradisional sepenuhnya. Terutama pada pilihan kompor dengan model tungku tradisional dengan bahan bakar dari kayu alami. 


Halaman yang Luas jadi Tempat Berkebun 

Ace Schatt

Rumah ini dikelilingi oleh halaman yang luas. Halaman bisa dimanfaatkan jadi sebuah taman atau tempat untuk merawat tanaman. Berbagai jenis tanaman tropis bisa ditumbuhkan di sini. Berkebun pun akan jadi aktivitas hiburan yang bikin betah di rumah panggung sederhana ini. 



Terimakasih telah menyimak artikel Ide Rumah Panggung Sederhana yang Rapi dan Bikin Betah  sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Ace Schatt

Categories in English