Inspirasi Desain Rumah Mezzanine Terbaru yang Bisa Dicontoh


Helloshabby.com -- Pernah mendengar istilah rumah mezzanine? Rumah mezzanine merupakan rumah dengan tambahan ruang pada hunian satu lantai. Rumah mezzanine tidak membagi antara lantai dasar dan lantai mezzanin dengan plafon. Satu plafon digunakan sebagai langit-langit rumah. Adanya lantai mezzanin akan memberikan kesan hunian yang lebih lega dan terbuka. Tambahan ruang pun akan membuat rumah terkesan dinamis dan modern. 

Bila ingin mencari desain rumah mezzanin, kami hadirkan ulasan Inspirasi Desain Rumah Mezzanine Terbaru yang Bisa Dicontoh.

Inspirasi Lantai Dasar 

instagram/rumahbundas

Satu hal bila ingin memiliki rumah mezzanin, pastikan langit-langit rumah atau plafon dibuat tinggi. Dengan begitu, tambahan mezzanin tidak akan membuat ruangan terasa sumpek dan pengap. 

Buat juga desain ruangan di bawahnya tampak elegan seperti ini. Dengan lantai vinil dan kombinasi dinding finishing biru langit menjadi magnet yang memberikan energi positif pada siapapun yang berada di ruangan ini. Sofa seksional abu-abu tampil jadi center point pada ruangan cantik ini. 


Dimensi Ketinggian


Membangun rumah dengan mezzanin idealnya tinggi plafon sekitar 5 M. Namun, pada rumah Bundas ini memiliki tinggi atap 4.8 M. Jarak antara lantai dasar dan bagian kontruksi mezzanin sekitar 2.7 M dan jarak lantai dasar dengan lantai mezzanin berkisar 3 M. Dengan begitu, udara dan cahaya alami tetap bisa masuk optimal dan tidak membuat ruangan terasa panas. 


Interior yang Terasa Luas 

instagram/rumahbundas

Rumah dengan tambahan lantai mezzanin memang membuat rumah terasa dan terlihat lebih luas. Lantai dasar dan lantai mezzanin dihubungkan oleh tangga minimalis. Tangga ini terbuat dari struktur baja dengan ketinggian anak tangga sekitar 18 cm dengan pjakan kayu kamper berukuran 100 x 29 cm. Tangga dan mezzanin tampak terhubung apik, berkat railing tangga dan sisi-sisi mezzanin dengan desain yang membingkai apik lantai mezzanin dan tangga. 



Inspirasi Lantai Mezzanin

instagram/rumahbundas

Ini adalah salah satu space pada lantai mezzanin. Lantai mezzanin menggunakan material keramik dalam pola marmer tipis-tipis. Ruang ini juga diisi dengan beberapa furnitur dan dekorasi favorit pemiliknya. Misalnya, kabinet kayu dengan ornamen hias di atasnya. Ada pula dekorasi piring hias yang tampak estetik pada dinding biru ini. 



Dimensi Ukuran & Ketinggian Lantai Mezzanin


Jarak antara lantai mezzanin dan plafon berkisar 4.8 M, dengan pintu lipat dalam ketinggian 2.5 M. Desain pintu lipat dipilih untuk memaksimalkan cahaya dan udara saat pintu dibuka sepenuhnya. Masing-masing pintu berukuran 70cm dengan tinggi 2.5 M. Di atas pintu, terdapat kaca mata (stationary window) dengan lebar 70 cm dan tinggi 1.5 M


Inspirasi Balkon Minimalis

instagram/rumahbundas

Adanya lantai mezzanin membuat hunian ini juga memiliki sebuah balkon. Balkon dengan gaya etnik dipilih, agar tampilannya tidak membosankan. Pemilihan lantai tegel motif vintage yang berkilau indah menyempurnakan tampilan balkon. Sepasang kursi ala rotan dan meja kopi kecil sangar pas diletakkan untuk menikmati waktu sore sambil mengobrol bersama. 



Terimakasih telah menyimak artikel Inspirasi Desain Rumah Mezzanine Terbaru yang Bisa Dicontoh sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : instagram/rumahbundas

Categories in English