8 Desain Plafon Minimalis yang Cocok untuk Rumah Kecil


Helloshabby.com -- Dewasa ini, makin banyak rumah minimalis memiliki plafon  atau langit-langit yang menutup kontruksi atap. Plafon memang membuat rumah terlihat lebih rapi dan estetik. Bidang plafon bisa menutup jaringan kabel atau pipa pada bagian atas. Desain plafon yang semakin beragam juga dapat memberikan visual ruangan yang lebih elegan dan menarik mata. 

Rumah minimalis tentu lebih cocok dengan desain plafon yang ramping dan minimalis jua. Jika Anda sedang mencari inspirasi desain plafon yang pas untuk rumah kecil atau minimalis, simak ulasan berikut ini: 8 Desain Plafon Minimalis yang Cocok untuk Rumah Kecil.


Desain Plafon Kayu yang Ramah Lingkungan

instagram/99rumahminimalis

Rumah minimalis dengan gaya Japandi tentu sangat pas dengan desain plafon kayu seperti di atas. Plafon kayu ini menyempurnakan desain lantai dan railing yang juga didominasi nuansa kayu. Pilih desain plafon kayu dari material kayu meranti, bengkirai, merbau, jati dan sebagainya. Plafon kayu memang cenderung lebih mahal, namun memberikan visual ruang yang natural dan elegan. 


Desain Plafon Kombinasi

instagram/decoratin_placeplatre_27

Walau punya rumah kecil, Anda bisa memodifikasi bentuk dan desain dari pilihan plafon. Misalnya, membuat plafon ruangan dalam kombinasi up dan drop ceiling. Bagian bidang datar tampak terangkat, namun ada juga bagian yang tampak jatuh. Kombinasi ini memberikan tampilan plafon yang lebih dinamis. Apalagi plafon juga memiliki hidden lamp yang memberi pencahayaan hangat. 



Desain Plafon Bulat Elegan

instagram/decoration_placoplatre_27

Desain plafon tak melulu berbentuk persegi atau persegi panjang. Dimensi ruang 3 x 4 meter juga terlihat cantik dengan desain plafon bundar seperti di atas. Plafon ini memiliki cekungan pada bagian tengahnya. Dengan lampu panel yang tampak berpendar indah pada permukaan plafon. Plafon ini sangat pas dengan tirai elegan seperti ini. 


Desain Plafon PVC Glossy

instagram/gloritinnyhome

Ruangan yang tidak terlalu tinggi bisa menggunakan model plafon PVC. Plafon PVC memiliki beragam varian desain dan warna. Jika ingin ruangan tetap bernuansa minimalis, Anda bisa memilih desain plafon PVC dalam warna putih polos seperti di atas. Plafon ini akan membuat ruangan terlihat terang. Plafon putih juga menjadikan furnitur dan dekorasi ruangan lebih stand out.


Plafon PVC Nuansa Kayu

instagram/kevin_plafon

Satu lagi desain plafon PVC untuk rumah kecil bernuansa Jawa atau rustik. Plafon ini memiliki permukaan kombinasi warna putih dan cokelat kayu. Permukaan bidang dalam pola layaknya kayu alami tampak turun, memberikan kesan plafon yang dinamis. Bagian center digunakan jadi tempat untuk menggantung lampu hias vintage. Plafon ini sangat serasi dengan aksen bata merah ekspos dan jendela gebyok di sekitar ruangan. 


Desain Plafon Laser Cutting Transparan

instagram/lasercutting_jabodetabek

Plafon laser cutting ini memberikan visual ruang yang terlihat mahal, mewah dan elegan. Detail potongan metal yang unik menjadi focal point pada plafon ini. Potongan metal juga dikombinasikan dengan permukaan semi transparan, sebagai media untuk menyalurkan cahay listrik yang menerangi ruangan. 


Desain Plafon Gypsum

instagram/momsathomee

Material plafon gypsum cukup mudah dan terjangkau dari segi biaya dan pemasangannya. Plafon gypsum terlihat rapi karena detail sambungan antar komponen samar terlihat. Gunakan lampu panel atau lampu hidden untuk memberi pendar cahaya hangat dan eksotis pada ruangan Anda. Bagian tengah plafon juga sangat pas dijadikan tempat untuk memasang kipas angin untuk menyejukkan ruangan. 


Desain Plafon Up Ceiling

instagram/mylittltinyhouse

Ada model pemasangan plafon up ceiling dan drop ceiling. Plafon ini memiliki bidang yang tampak terangkat sedikit dari bingkai sisi-sisinya (up ceiling). Plafon up ceiling cocok untuk rumah kecil dengan ruangan tanpa sekat, karena plafon ini bisa menambahkan ilusi ruang yang terlihat luas dan lega. 



Terimakasih telah menyimak artikel 8 Desain Plafon Minimalis yang Cocok untuk Rumah Kecil sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English