7 Ide Desain Kolam Ikan yang Membuat Taman Menjadi Cantik


Helloshabby.com -- Jika Anda merasa ada yang kurang pada desain lanskap taman rumah, cobalah untuk menambahkan sebuah kolam ikan. Kolam ikan dengan air yang jernih dan ikan hias berwarna-warni dijamin akan melipat-gandakan kesegaran pada taman di rumah Anda, baik taman indoor atau outdoor. 

Tak perlu bingung soal desain dan ukuran kolam. Kini, banyak juga desain kolam ikan minimalis yang cocok bahkan untuk sudut terkecil sekalipun. Beberapa diantaranya ada dalam ulasan menarik 7 Ide Desain Kolam Ikan yang Membuat Taman Menjadi Cantik.


Kolam Ikan Transparan dengan Deking Kayu

instagram/deckingkayuulin

Desain kolam ikan seperti ini tentu akan menyajikan kesegaran pandang dan suasana pada taman rumah. Dengan permukaan kaca transparan yang menampilkan keindahan sirip ikan yang berwarna-warni. Sekeliling kolam juga dilengkapi dengan deking kayu ulin Kalimantan yang cocok dijadikan lantai teras atau tempat duduk santai sambil melihat keindahan dan kesegaran desain kolam. 



Desain Kolam Ikan Samping Rumah

instagram/adityabagus_88

Ruang kosong samping rumah, bisa Anda ubah jadi sebuah kolam ikan cantik seperti di atas. Kolam ikan ini memiliki desain landai dari permukaan lantai utama, membuat Anda mudah untuk melihat ikan-ikan dari atas. Kolam ikan memiliki fitur air mancur dalam bentuk kendi di sudut kolam. Sisi yang tersedia juga bisa diisi dengan tanaman hijau untuk memberi warna hijau alami pada taman. 


Desain Kolam Ikan Keren di Taman Indoor

instagram/decorrumah_022

Anda bisa membuat desain kolam ikan modern yang menyerupai aquascape ini. Bedanya, kolam ini memiliki desain percik air dari dinding. Desain kolam seperti ini banyak dijual siap pakai dan bisa langsung dipasang di taman rumah. Sekeliling desain kolam ikan akan lebih semarak dengan beragam tanaman hijau.  Untuk menikmati keindahan kolam, Anda bisa meletakkan sebuah kursi dengan bantalan khusus. 


Kolam Ikan Mini dengan Tanaman Segar

instagram/evi_umqisna

Satu lagi, desain taman dengan kolam ikan mini yang tak boleh dilewatkan. Kolam ini memiliki desain yang sederhana, namun memiliki kedalaman ideal untuk beberapa ikan hias, seperti ikan emas atau koi. Kolam juga dihias cantik dengan beberapa tanaman hijau yang juga berfungsi sebagai sumber udara bersih dan segar untuk si ikan hias. 


Desain Kolam Bentuk L

instagram/pietafebrina

Bentuk kolam bisa dibuat menyesuaikan dimensi yang ada. Selain bentuk kotak, Anda dapat mendesain kolam dalam bentuk L seperti ini. Desain kolam L tidak membosankan dan membuat si ikan memiliki zona yang lebih lega untuk bergerak ke sana-ke mari. Sisi sudut kolam bisa ditanami sebuah pohon untuk merindangkan dan meneduhkan kolam dari terik matahari berlebih. 


Kolam Ikan dengan Permukaan Biru

instagram/muktirita

Selain warna abu-abu alami, Anda dapat membuat kolam ikan dengan alas dalam warna biru seperti ini. Alas biru akan membuat kolam memiliki efek yang jernih, sehingga ikan pun dapat jelas dari atas. Anda bisa membuat boks khusus untuk meletakkan tanaman dan bunga segar. Tambahkan rumput atau karpet rumput hijau di sekitar kolam untuk memberi suasana hijau pada taman dengan kolam ini. 


Desain Kolam Ikan Minimalis 

instagram/ninik_ratnasari

Desain terakhir ini merupakain desain kolam ikan yang cocok untuk Anda yang tidak menyukai kerumitan. Bentuk kolam seperti akuarium dengan fitur aquascape yang memadai. Posisi kolam bisa terletak pada taman teras atau sudut beranda rumah. Buat kolam bisa dinikmati di malam hari dengan memasang lampu sorot dengan nyala temaram di atas kolam. Anda tinggal menyediakan karpet rumput halus dan bean bag untuk bersantai dan melihat keindahan ikan hias yang dirawat. 



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Ide Desain Kolam Ikan yang Membuat Taman Menjadi Cantik sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English