7 Model Desain Rumah Terbaru Type 36 Satu Lantai


Helloshabby.com -- Rumah model tipe 36 satu lantai memang cenderung ditawarkan pada develepor hunian KPR dan sebagainya. Meski begitu, model rumah tipe 36 tetap bisa dibangun oleh Anda secara mandiri. Desain rumah 36 memang menawarkan kepraktisan dan efisiensi bujet dan lahan. Ini adalah tipe rumah yang bisa dibangun pada lahan minim dengan dimensi bangunan 6m x 6m, 4m x 9m dan sejenisnya. 

Nah, bila Anda tertarik untuk membuat sebuah rumah model 36, Anda bisa melirik inspirasi menarik dari ulasan "7 Model Desain Rumah Terbaru Type 36 Satu Lantai" di bawah ini!


Model Desain Fasad Rumah 36

Dodi Kuswandi

Desain rumah ini diproyeksikan untuk ukuran lahan 6 x 15 m. Fasad rumah terutama bangunan tampak depan hampir serupa dengan rumah tipe 36 lainnya, dengan bentuk simetris yang minim detail. Estetika ditambahkan lewat finishing fasad rumah. Dengan permainan batu alam berwarna abu-abu alami yang membuat rumah jadi terlihat lebih adem dan kokoh. Model desain fasad rumah 36 ini juga memiliki pagar dengan jari-jari horizontal yang memberi kesan lebar. 


Model Atap Rumah 36


Biasanya, atap pada model desain rumah 36 menggunakan kontruksi atap perisai atau pelana. Pada rumah ini, model atap yang digunakan adalah kontruksi atap pelana. Uniknya, atap pelana dibuat menyambung dalam bentuk L menyesuaikan dimensi di bawahnya. Dengan begitu, seluruh bangunan rumah akan ternaungi sempurna oleh atap pelana. Bagian belakang dibuat terbuka untuk pencahayaan dan penghawaan taman belakang rumah. 

Perkiraan biaya pada rumah ini sekitar Rp 140-200 juta menyesuaikan pilihan material kontruksi, lokasi dan sebagainya. Cukup terjangkau untuk Anda yang ingin membangun rumah minimalis 36. 


Model Eksterior Rumah 36

Dodi Kuswandi

Eksterior rumah ini memiliki fitur carport, taman dan sebuah teras. Teras dibuat lebih menjorok dengan atap dak di atasnya. Teras depan rumah bisa difungsikan jadi sebuah ruang tamu outdoor dengan meletakkan sebuah sofa dan meja kopi rotan. Selain itu, teras juga bisa menjadi tempat bersantai untuk menikmati suasana taman hijau depan rumah yang penuh bunga-bunga segar. 


Model Ruang Terbuka


Supaya tidak terkesan sumpek dan pengap, baiknya ada satu ruang yang dibuat sebagai ruang terbuka atau ruang tanpa sekat. Model layout rumah seperti ini akan membuat rumah terasa luas dan lapang. Penataan ruang bisa menyatukan antara ruang keluarga dan ruang makan. Selain praktis, model ruang terbuka juga akan memberikan kesan kebersamaan yang lebih terasa. 


Model Desain Belakang Rumah


Menuju ke area belakang rumah, Anda bisa menjadikannya sebagai area semi outdoor multifungsi. Area ini cocok untuk tempat mencuci dan menjemur pakaian. Dengan adanya taman hijau tanpa penutup yang memungkinkan jemuran kering alami. Taman terbuka ini juga membuat sirkulasi udara di dalam rumah terasa lebih segar, dengan semilir angin yang bisa masuk melalui pintu dan jendela-jendela. 


Model Desain Dapur Terbuka

Dodi Kuswandi

Selain laundry room dan taman, area belakang rumah juga menjadi tempat untuk memasak. Dapur outdoor langsung menghadap taman. Dengan kitchen set kecil dan hemat bujet bergaya minimalis modern, yang akan membuat dapur terlihat lebih kekinian. Sebagai efisiensi, tak masalah meletakkan kulkas di area dapur. Namun, bila dirasa tak aman, kulkas bisa dipasang di area ruang makan sebelumnya. 



Model Denah Rumah 36 Satu Lantai


Dimensi rumah tipe 36 ini memiliki: carport berukuran 3 x 4.5 M, taman depan berukuran 3 x 3 M, teras/ruang tamu outdoor berukuran 3 x 2.5 M, ruang keluarga + ruang makan berukuran 3 x 5.5 M, kamar tidur utama berukuran 3 x 3 M, kamar mandi berukuran 1.5 x 1.5 M, kamar tidur 2 berukuran 3 x 3 M, kamar tidur 3 berukuran 3 x 2.5 M, dapur  berukuran 3 x 1.5 M, laundry area berukuran 1 x 2.5 M, dan taman belakang berukuran 2 x 2.5 M. 



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Model Desain Rumah Terbaru Type 36 Satu Lantai sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Youtube/Dodi Kuswandi

Categories in English