7 Taman Minimalis di Bawah Tangga Rumah, Manfaatkan Area Mungil jadi Tempat Bertanam Keluarga


Helloshabby.com -- Adanya sebuah taman memang akan membuat rumah menjadi sejuk dan asri. Penempatan sebuah taman bisa di mana saja, termasuk memanfaatkan area mungil di bawah tangga rumah jadi taman yang menyegarkan. Ide ini sangat cocok untuk tempat merawat tanaman indoor yang tidak begitu menyukai cahaya matahari langsung. Ruang kosong bawah tangga jadi lebih fungsional dan tidak kaku dengan adanya taman. 

Bila Anda ingin membuat sebuah taman di bawah tangga, kami hadirkan ulasan 7 Taman Minimalis di Bawah Tangga Rumah, Manfaatkan Area Mungil jadi Tempat Bertanam Keluarga.


Taman Kaktus Cantik di Bawah Tangga

instagram/architectural_ideas

Taman bertemakan gurun sangat cocok untuk Anda yang menyukai tanaman kaktus. Buat area di bawah tangga memiliki tanah berpasir yang disukai oleh tanaman kaktus dan sukulen. Tutup tanah dengan kerikil atau pasir khusus agar tampilannya tampak elegan. Taman kaktus selain unik juga sangat mudah dalam hal perawatannya. Anda tak perlu sering menyirami tanaman, pastikan saja tanaman gurun di bawah tangga tetap mendapatkan sinar matahari yang cukup. 


Taman Peace Lily dengan Air Mancur

pinterest/awtifsa

Area mungil seukuran 1 x 0.5 meter saja bisa jadi taman mungil yang keren seperti ini. Space di bawah tangga diisi dengan batuan kerikil dan tanaman hijau peace lily yang berjajar rapi. Dinding taman dimaksimalkan dengan memasang finishing batu alam hitam. Dinding ini juga menjadi penyangga untuk fitur air mancur berundak. Air mancur ini disorot dengan lampu spotlight,yang membuat efek air jatuh yang begitu eksotis. 


Taman Segitiga Elok di Bawah Tangga

pinterest/decorations

Sebagian besar area di bawah tangga membentuk segitiga seperti di atas. Ini memang membuat space di bawah tangga jadi terlihat sempit. Namun, jangan jadikan sebagai halangan untuk memiliki taman cantik. Manfaatkan space segitiga tersebut dengan menghamparkan batuan koral dan menata rapi tanaman indoor pada pot-pot. Beri cahaya hijau neon untuk tampilan taman yang unik dan menyenangkan. 


Taman Kecil di Bawah Tangga Minimalis

instagram/nurrin_nurrinawati

Jika ingin taman bawah tangga yang sederhana dan lega, ide taman ini bisa dicoba. Tangga rumah sendiri sudah terlihat menawan dengan model tangga melayang. Sisi-sisi tangga dijadikan tempat untuk menata tanaman paku dalam pot merah. Area bawah tangga didekorasi dengan dek kayu minimalis dan karpet rumput untuk kesan taman yang asri.  


Taman Segar di Bawah Tangga Outdoor

instagram/dikanzhome

Ada pula yang memasang tangga outdoor untuk mengakses balkon atau roofdeck. Area kosong di bawah tangga pun dapat disulap jadi tempat asik untuk bertanam keluarga. Taman yang diletakkan tepat di bawah tangga lebih minim risiko terinjak dan sebagainya. Mengisi area tersebut dengan tanaman juga akan membuat sudut lebih semarak segar, daripada tampulan kosong yang membosankan. 


Taman Mungil Praktis di Bawah Tangga

instagram/sisilia_sinthadevi

Anda bisa menjadikan taman bawah tangga sebagai tempat relaksasi atau bersantai. Gunakan alas berupa dek kayu untuk kesan taman yang lebih natural.  Tanaman indoor dapat ditata di sudut-sudut agar tak ada sudut ruang yang kosong. Dinding taman juga bisa dihias dengan membuat lukisan hijau atau memasang stiker ala tanaman tropis yang menyegarkan. 


Taman Monstera di Bawah Tangga

instagram/rmah.ryy

Hobi merawat tanaman monstera? Tentu, Anda harus memiliki taman khusus untuk si cantik berdaun unik ini. Salah satu spot yang bisa dimanfaatkan adalah area di bawah tangga outdoor. Tanaman monstera cenderung menyukai sinar matahari tidak langsung, sehingga menempatkannya di bawah tangga bisa jadi opsi yang bagus. Rawat dengan baik agar tanaman monstera kesayangan bisa tumbuh lebat seperti di atas. 



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Taman Minimalis di Bawah Tangga Rumah, Manfaatkan Area Mungil jadi Tempat Bertanam Keluarga sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English