7 Desain Taman Kering ala Jepang untuk Hunian Masa Kini


Helloshabby.com -- Desain taman kering kini sedang banyak digemari. Taman kering menawarkan suasana segar nan unik dengan perawatan yang lebih praktis. Desain taman kering banyak diterapkan pada arsitektur Jepang, yang berfokus pada taman penuh elemen alam untuk menghadirkan hunian yang sejuk dan menyegarkan. 

Bila Anda tertarik untuk memiliki taman kering simpel ala Jepang, yuk, simak ulasan menarik dari 7 desain taman kering ala Jepang untuk hunian masa kini! 7 desain ini cantik dan mudah dicoba di rumah. 


1. Elemen bebatuan dan tanaman hijau

instagram/unna_home

Taman ala Jepang banyak menggunakan material kering. Hal pertama yang mungkin mencolok adalah penggunaan batuan atau gravel yard (halaman batu kerikil) seperti ini. Gravel yard ini dilengkapi jalan setapak untuk kemudahan akses. Halaman dengan hamparan batuan putih ini juga semakin segar dengan kombinasi rumput dan tanaman hijau, yang memeriahkan suasana taman kering yang satu ini. 


2. Kedinamisan bentuk taman

instagram/dr.resna

Penggunaan elemen kering seperti batu koral atau batu kerikil menghadirkan banyak manfaat. Taman dengan hamparan batuan kecil kemungkinkan kecil untuk jadi becek dan tidak menyenangkan. Selain itu, Anda bisa menambahkan border atau pembatas taman dengan bata merah. Pembatas bata merah ini juga secara langsung membuat taman jadi memiliki bentuk yang unik dan lebih dinamis. 


3. Taman kering santai di balkon

instagram/widhyieindah

Taman kering cenderung lebih praktis daripada taman biasanya. Halaman balkon yang kosong bisa dengan mudah diubah jadi taman kering santai. Pada balkon, hadirkan bangku taman permanen yang dibuat menyatu dengan railing pagar tembok. Lantai balkon lebih terasa natural dilapisi dengan hamparan batu kerikil (gravel yard). Taman balkon kering ini cocok untuk tempat mengobrol santai bersama keluarga. 


4. Menambahkan elemen air

instagram/desaintamanrumah

Taman kering tidak sepenuhnya terasa kering dan gersang. Anda justru harus menghilangkan kesan gersang. Salah satunya dengan cara menambahkan fitur air, baik kolam ikan atau air terjun mini. Suasana sejuk ala Jepang bisa didapatkan dengan mendesain taman pancuran air bambu dengan wadah batu alam seperti di atas. Walau kecil, namun taman ini dijamin memberi kesejukkan maksimal.  


5. Taman kering sejuk ala Jepang

instagram/oniwastagram

Punya lahan kosong di samping rumah? Manfaatkan jadi taman kering ala Jepang yang asri. Buat kontras apik antara batuan dan halaman rumput. Gunakan batuan hitam untuk memberi suasana adem seperti ini. Selanjutnya, Anda bisa menanam pepohonan rindang seperti pohon cemara atau ketapang kencana untuk suasana taman yang teduh dan asri. 


6. Menggunakan tanaman padang pasir

instagram/saungindahtaman

Taman kering yang mudah perawatannya, tentu harus menggunakan tanaman yang juga praktis dalam merawatnya. Salah satunya adalah tanaman kaktus. Tanaman hijau berdaging tebal ini cocok dijadikan elemen pada taman kering. Anda bisa menanamnya pada boks khusus di belakanag bangku permanen seperti ini. Tambahkan lampu dengan efek temaram untuk memberi suasana yang cozy. 


7. Taman kering dengan kontras cantik

instagram/selaras_taman

Batuan adalah elemen penting untuk memberi suasana 'kering natural'. Anda bisa menggunakan batu koral hitam-putih untuk mengisi halaman. Atur agar batuan memiliki kontras hitam putih yang secantik dan seestetik ini. Center halaman bisa Anda isi dengan jalan setapak bentuk potongan kayu yang tebal dan besar. Nuansa khas Jepang yang asri akan senantiasa terasa. 


Terimakasih telah menyimak artikel 7 Desain Taman Kering ala Jepang untuk Hunian Masa Kini sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English