7 Inspirasi Rumah Atap Dak Sederhana yang Kokoh dan Estetis


Helloshabby.com -- Dewasa ini, semakin banyak desain rumah yang dibuat dengan atap dak. Atap dak memiliki banyak kelebihan. Dak beton membuat rumah sederhana jadi tampak menawan. Atap dak terbilang kuat dan menghalau panas dengan cukup baik. Bentuknya yang datar juga memudakan proses penambahan lantai di rumah. Sehingga, cocok bagi Anda yang ingin memiliki rumah tumbuh dua lantai. 

Untuk memberi referensi desain rumah atap dak yang menarik, simak ulasan 7 inspirasi rumah atap dak sederhana yang kokoh dan estetik.


1. Fasad Rumah Atap Dak yang Elegan

©Sam Architect

Sebelum membahas bagian atap, mari kita menikmati visual dari fasad rumah ini. Bentuk bangunan geometris yang cenderung simpel dibangun. Finishing menggunakan warna soft cream untuk membuat rumah terlihat cerah. Aksen batu alam pada dinding eksterior juga menambah natural vibe yang menyejukkan suasana rumah. 


2. Desain Rumah Modern dan Efisien


Bentuk rumah memang cenderung sederhana. Namun, penggunaan model atap dak membuat rumah jadi lebih modern, cocok untuk rumah dengan konsep minimalis modern. Atap dak pada desain rumah ini juga menaungi bagian teras dan garasi, sehingga Anda tak perlu menambahkan atap kanopi lagi. 


3. Atap Dak yang Kokoh


Meski kontruksinya lebih mahal daripada atap mainstream lainnya, atap dak terbilang kokoh dari terpaan hujan dan angin tinggi. Dak beton tidak mudah rusak dari risiko kebocoran. Menggunakan dak beton dengan ketinggian yang pas juga akan membuat suhu udara tetap sejuk dan segar. 


4. Atap Dak dengan Finishing 

©Sam Architect

Atap dak adalah bagian terluar yang selalu terekspos sinar matahari dan hujan. Anda bisa memberi lapisan cat waterproof. Lapisan cat akan membuat atap dak makin aman dan bebas dari risiko kebocoran. Selain cat waterproof, Anda juga bisa menggunakan cat dekoratif putih untuk menyempurnakan tampilan rumah. 


5. Atap Dak Model Bertingkat


Atap dak pada desain rumah ini memiliki model bertingkat. Tingkatan pertama untuk menaungi bagian terluar rumah, terutama garasi, teras, dan selasar belakang. Tingkatan kedua menaungi bagian inti atau interior rumah. Kombinasi ini akan membuat rumah terlihat berdimensi, 


6. Inspirasi Bagian Belakang Rumah

©Sam Architect

Penampilan bagian belakang rumah tampak seperti gambar. Masih menggunakan atap dak untuk membuat jendela belakang aman dari hujan dan teras jadi lebih teduh. Bagian belakang tetap mendapat sentuhan batu alam pada bagian sudut untuk memberi tampilan yang harmonis keseluruhan. 


7. Inspirasi Denah Rumah


Denah rumah ini memiliki ukuran 10 x 13 m. Rumah terdiri dari beberapa ruang:
  • carport atau garasi parkir dalam dimensi 2.9 m x 12 m
  • sebuah ruang tamu, ruang makan dan dapur dalam konsep terbuka,
  • laundry area,
  • kamar tidur satu dengan kamar mandi dalam, 
  • kamar mandi bersama, 
  • kamar tidur 2,
  • dan kamar tidur 3. 


Terimakasih telah menyimak artikel 7 Inspirasi Rumah Atap Dak Sederhana yang Kokoh dan Estetis sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Sam Architect

Categories in English