Ide Rumah Papan Sederhana yang Hemat Bujet


Helloshabby.com -- Ada banyak ide untuk mewujudkan rumah yang ekonomis. Salah satunya dengan membangun rumah dengan dinding papan kayu atau papan triplek. Meski terdengar sederhana, namun rumah papan bisa memiliki interior yang membuat nyaman penghuninya. Penataan yang apik juga membuat rumah papan tidak kalah dari rumah modern lainnya. 

Khusus bagi Anda yang sedang mencari inspirasi rumah ekonomis, kami hadirkan ulasan menarik berjudul ide rumah papan sederhana yang hemat bujet.


Fasad Rumah Bernuansa Biru

Rizky Robbyani

Fasad rumah ini memiliki tampilan serba biru. Fitur pilar rumah, kusen pintu dan jendela dibuat dalam warna putih untuk memberi tampilan yang lebih seimbang. Aksen woodplank bergaris sudah menonjol pada tampak depan rumah. Dengan begitu, tak perlu menambah aksen dekoratif lain agar rumah tidak terlalu ramai. 


Interior Rumah


Pondasi lantai rumah sudah menggunakan pondasi cor dengan lapisan keramik di bagian atasnya. Keramik lantai yang dipilih memiliki pola geometris 3 warna dengan efek mengkilap seperti ini. Bagian pondasi dinding juga memiliki pondasi semen dan bata, kemudian sebagian lainnya menggunakan papan kayu dengan susunan seperti di atas. 


Dekorasi Pink yang Manis

Rizky Robbyani

Dinding biru dan lantai abu-abu pekat akan terlihat monoton tanpa aksen pemanis. Untuk itu, pemilik menambahkan warna pink yang diterapkan pada tirai pintu dan taplak meja rendah. Warna pink ini walau sedikit cukup untuk memeriahkan tampilan rumah, sehingga tidak monoton dalam warna biru. 


Kamar Tidur Biru Semarak


Kamar tidur yang ada bisa difungsikan jadi kamar tidur bersama, baik untuk ayah bunda dan si kecil. Penataan tempat tidur dibuat saling berdekatan. Khusus untuk baby kecil, pemilik membuat ayunan sederhana yang direkatkan pada balok kayu yang kuat. Suasana kamar tidur biru ini juga terlihat lebih semarak dengan pola-pola kartun yang terlihat di beberapa furnitur lembut, seperti seprai kasur, tirai, dan lainnya. 


Desain Area Belakang Rumah

Rizky Robbyani

Ruang paling belakang rumah difungsikan sebagai area servis. Tempat untuk memasak, bebersih diri, bahkan area mencuci baju. Ukuran ruang cukup lega, sehingga tak masalah menjadi beberapa area sekaligus. Tidak banyak dekorasi yang diletakkan untuk memberi kesan minimalis di rumah ini. 


Dapur Cor Fungsional


Dapur di rumah ini menggunakan model dapur cor. Permukaan bisa menggunakan keramik atau tegel yang lebih mudah untuk dibersihkan dari noda. Kolong meja dapur dibiarkan kosong agar penyimpanan tidak menumpuk. Peralatan masak diatur berjajar di dinding untuk lebih mudah dalam pemakaian dan penyimpanan. 


Kamar Mandi Biru Cerah

Rizky Robbyani

Kamar mandi memiliki desain yang lebih dinamis. Karena cenderung mudah lembab, dinding dibuat 100% menggunakan dinding solid, yang lebih tahan kelembapan. Desain keramik untuk lapisan bak air dan area toilet dibuat berbeda untuk memberi tampilan kamar mandi yang segar. 


Atap Gavalum Bergelombang



Untuk penghematan biaya pembangunan, rumah ini menggunakan kontruksi atap metal. Dengan kerangka kayu kuat yang lebih sederhana dan mudah diterapkan. Penutup atap menggunakan sejenis atap galvalum yang bisa menaungi rumah dengan cukup baik. Hanya saja, jenis atap ini tidak selalu bagus untuk daerah perkotaan panas, karena dapat membuat ruang di bawahnya menjadi pengap. 



Terimakasih telah menyimak artikel Ide Rumah Papan Sederhana yang Hemat Bujet sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Rizky Robbyani

Categories in English