7 Desain Ruang Tamu yang Bisa Anda Contoh, Sederhana tapi Cantik


Helloshabby.com -- Ruang tamu punya peranan penting dalam sebuah hunian. Tempat Anda menerima dan menjamu tamu, atau bahkan bekerja ganda sebagai ruang berkumpul keluarga. Ruang tamu biasanya ditempatkan di bagian paling depan rumah. Maka dari itu, penataannya harus dibuat seoptimal mungkin untuk memberi kesan baik bagi penghuni dan tamu yang berkunjung.

Kali ini, Helloshabby.com telah merangkum ide-ide cantik dan praktis yang bagus untuk diterapkan di rumah minimalis Anda. Simak ulasannya dalam 7 desain ruang tamu yang bisa Anda contoh, sederhana tapi cantik.


1. Memanfaatkan ruang persegi dengan cantik

instagram/windhdj

Apakah ruang tamu di rumah berbentuk persegi seperti ini? Anda bisa membuatnya lebih elegan dan tidak kaku dengan penataan simpel tapi cantik. Satu sisi ruang dimanfaatkan baik untuk menempatkan sofa biru dengan meja kopi di tengah. 

Masih terdapat space yang cukup untuk akses dari pintu utama ke dalam rumah, sehingga ruang tamu juga terasa lapang. Kabinet susun bisa digunakan untuk meletakkan ornamen hias. Selain itu, dengan menambahkan tirai pink minimalis juga membuat ruangan terlihat lebih manis.


2. Mengambil sentuhan warna natural

instagram/camperenik_home

Warna berpengaruh untuk memberi suasana yang diinginkan di ruang tamu. Terapkan warna-warni alam pada pilihan furnitur dan dekorasi untuk nuansa ruang yang segar dan cozy. Misalnya, memilih furnitur sofa dua seat dalam warna terakota pekat seperti ini. Atmosfir ruang semakin segar dengan adanya dekorasi tanaman hias yang diletakkan di sudut ruang dan kabinet dekorasi.


3. Tambahan Partisi Minimalis Cantik

instagram/dina_rafasya

Sebagian dari kita mungkin memiliki desain ruang tamu yang menyatu dengan area lain. Untuk menambahkan rasa privasi, pertimbangkan untuk memasang partisi atau pemisah ruang.

Anda bisa pilih desain partisi dalam bentuk kabinet atau rak pajang seperti ini. Partisi ini memisahkan ruang dengan baik dan memberi space untuk mempercantik interior dengan dekorasi-dekorasi pajang. Desain partisi ini sederhana, tapi sangat cocok untuk rumah minimalis.


4. Penataan Simpel dengan Gaya Elegan

instagram/pelangi_shakila

Ruang tamu ini tidak memiliki styling berlebihan. Ruangan ditata apik dengan set tempat duduk dan meja kopi yang tidak banyak menggunakan ornamen hias. 

Dinding putih dengan aksen wall moulding didekorasi apik dengan pemasangan 3 kaca dalam bentuk belah ketupat dengan sentuhan warna emas.  Nuansa putih bersih yang menonjol akan memberi suasana tenang dan elegan bagi siapa saja yang masuk ke dalam rumah.


5. Hijau yang Anti Norak

instagram/rozitikahome

Banyak para Bunda menyukai warna hijau untuk desain interior, termasuk ruang tamu. Sayangnya, warna ini banyak dipandang sebagai warna yang ketinggalan jaman. Padahal dengan penataan baik ruang tamu hijau bisa tampil santai dan menyegarkan.

Anda bisa mencoba untuk mengkombinasikan dinding hijau dan set sofa dalam warna earthy tone. Dengan begitu, ruang tamu bernuansa hijau tidak terlihat berlebihan dan tetap terlihat menawan.



6. Menambahkan Dekorasi Cantik yang Hemat Bujet

instagram/freys.home

Ruang tamu yang nyaman dan cantik tak selalu identik dengan ruang tamu penuh perabotan sultan. Bahkan dengan kursi sederhana dan meja kopi kayu ruang tamu bisa terasa nyaman dan terlihat estetik.

Kuncinya ada pada penataan gaya dekorasi ruang. Jangan ragu untuk menambahkan karpet atau rug berpola yang low budget untuk mempercantik lantai. Tempatkan juga rak susun dengan dekorasi bunga-bunga atau foto keluarga, yang memberi suasana ruang tamu yang hangat nan manis.


7. Penataan Ruang Tamu Pintu Tengah

instagram/myhomeyls

Jika Anda punya ruang tamu model pintu tengah dengan ukuran kecil, penataan perabot perlu dipertimbangkan baik. Penataan furnitur seperti sofa dan kabinet hias bisa dilakukan seperti pada gambar. Spot tengah tetap menggunakan meja kopi yang ramping. Alhasil, Anda akan mendapatkan ruang tengah yang berjarak dan memudahkan akses dari pintu utama ke area lainnya.


Terimakasih telah menyimak artikel 7 Desain Ruang Tamu yang Bisa Anda Contoh, Sederhana tapi Cantik sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English