6 Desain Dapur Terbuka Minimalis, Bikin Masak Makin Asik

 

Heloshabby.com --  Dapur tak hanya digunakan sebagai tempat memasak saja. Dapur bagi sebagian besar keluarga bisa menjadi tempat berbagi dan berkumpul lewat masakan ibu tercinta. Untuk itu, desain dapur juga harus didesain senyaman mungkin agar masak menjadi asik dan menyenangkan. Desain dapur yang kini mulai tren adalah desain dapur terbuka minimalis. Dapur terbuka cocok diterapkan bagi Anda yang memiliki ruang terbatas di dalam rumah. Dengan dapur terbuka Anda dapat  memaksimalkan setiap ruang di rumah Anda.

Berikut ini kami hadirkan artikel dengan judul 6 Desain Dapur Terbuka Minimalis, Bikin Masak Makin Asik. Semoga bermanfaat bagi Anda yang hendak membuat desain dapur terbuka minimalis.

 

gambar ig @damaricha

Konsep dapur terbuka minimalis di atas tampil unik mengusung perpaduan gaya industrial dan natural. Gaya industrial tampil dari dinding semen dengan unfinished style dan perabot dari material logam. Rak besi  didesain vertikal tinggi agar alat masak dan dekorasi dapur dapat dipajang secara maksimal. Pemilik pun menambahkan unsur kayu pada dapur ini, supaya dapur tampil lebih natural. Unsur kayu ini tampil dari pemilihan meja dapur, ambalan dan meja bar yang ditempatkan di dapur. Pemilik dapur juga memasang tirai bambu supaya ketika hujan, air hujan tidak membasahi area dapur.  Secara keseluruhan, dapur terbuka yang satu ini tampil harmonis dengan hijaunya dedaunan pada area taman belakang.


 

gambar ig @anis_zara15 

Dapur terbuka yang satu ini memaksimalkan sisa lahan di luar rumah. Letak dapur bersebelahan langsung dengan area luar rumah. Ini memungkinkan Anda tidak kepanasan saat memasak di dapur, sebab angin segar bisa langsung meniup rasa gerah Anda. Desain meja menggunakan meja dapur cor yang kuat dan memiliki daya tahan yang lama. Desain meja dapur cor pun tahan terhadap cuaca, sehingga Anda tidak perlu khawatir meja dapur akan keropos bila ditempatkan di luar ruangan. 

Tak perlu khawatir soal tampias hujan yang mengotori area dapur. Dengan desain dapur terbuka di atas, tampias hujan akan jatuh ke batuan koral putih yang berada di atas tanah resapan air hujan. Air tidak akan bercampur tanah, sehingga Anda hanya perlu mengelap tempias hujan dengan lap pel biasa.


gambar ig @baitii_jannatii 

Jika Anda menginginkan agenda makan bersama terasa sejuk dan menyenangkan, maka desain dapur yang satu ini bisa Anda coba. Dapur diletakkan dekat dengan area taman dan ruang makan. Ini memudahkan Anda dalam penyajian makanan untuk keluarga tercinta. Kegiatan memasak pun makin asik sambil  ditemani tanaman hijau di taman mini.
Untuk desain penataan dapur, dapur terbuka ini didominasi warna krem dan coklat alami kayu. Warna-warna tersebut hadir pada meja dapur, dinding dan pemakaian kabinet yang ditata rapi. Pada area lantai dipasang karpet biru supaya telapak kaki lebih nyaman ketika sedang memasak.

 
gambar ig @indanarfab

Dapur terbuka di atas terasa luang dengan memanfaatkan area luar rumah yang dipasang kanopi fiber glass. Kanopi ini didesain tinggi hampir seatap supaya memasak tidak terganggu oleh air hujan. Kanopi ini pun membuat dapur terlihat cukup terang.
Pada area dapur menggunakan meja dapur cor dengan kabinet bawah putih motif sulur hitam yang cantik dan elegan. Di sisi dapur dipasang panel-panel kayu sebagai pembatas dan tempat untuk menggantung dekorasi.
Di dapur yang luang ini, Anda masih bisa menempatkan satu set kursi dan meja yang bisa Anda gunakan sebagai breakfast table atau menikmati secangkir teh hangat sambil melihat suasana luar.


gambar ig @indanarfab
 
Area belakang rumah dapat disulap menjadi dapur terbuka yang santai dan menyegarkan. Satu set meja dapur dan kabinet dengan warna putih dan coklat susu tampil rapi diletakkan di satu sisi dapur. Ini membuat dapur terbuka lebih luang pada area tengahnya. Anda pun bisa lesehan di area tengah dapur untuk memotong bahan masak dengan lebih santai. 
Penggunaan warna coklat susu pada lantai dan  kabinet dapur membuat dapur minimalis ini terlihat lebih segar dan menyatu dengan ruang terbuka hijau di sebelahnya.


gambar ig @ikhsanmustafa

Desain dapur terbuka minimalis ini dijamin bikin masak makin asik. Dapur yang satu ini didesain dekat dengan taman  air mancur yang terbuat dari batuan tebing relief. Ditemani suara gemiricik air jatuh Anda akan makin betah dan tak jenuh berlama-lama di dapur.
Dapur terbuka didesain minimalis dengan hanya menempatkan kabinet ramping dan peralatan dapur utama seperti kompor dan alat makan. Backsplash keramik dengan motif bata ekspos membuat tampilan dapur terlihat elegan diantara nuansa warna putih yang netral. Dengan furnitur dapur yang minimalis dan fungsional, Anda masih bisa menempatkan mesin cuci di dapur terbuka ini. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.


Penulis     : Yeni
Editor       : Munawaroh
Sumber    : Berbagai sumber

Categories in English