6 Desain Ruang Tamu Mungil yang Cantik di Hiasi dengan Tanaman Hias

Helloshabby.com -- Desain ruang tamu yang nyaman bukan hanya memberi kepuasan pada pemilik rumah, tetapi juga tamu yang datang berkunjung. Dalam mendesain ruang tamu selain mengutamakan fungsinya, aspek keindahan dan kenyamanan menjadi hal yang tak boleh dilewatkan. Meletakkan tanaman hias menjadi salah satu cara untuk membuat ruang tamu berukuran mungil tampil cantik dan menarik. Tamu pun bakal betah dan nyaman berkunjung di ruang tamu Anda. Kali ini, kami telah menyiapkan artikel 6 Desain Ruang Tamu Mungil yang Cantik di Hiasi dengan Tanaman Hias untuk Anda yang hendak merenovasi tampilan ruang tamu dengan tanaman hias cantik.


gambar ig @rumahtristan
 
Meski terlihat ramai, ruang tamu di atas tetap terlihat luang. Penataan sofa dan dekorasi tanaman hias diletakkan di salah satu sisi ruang tamu saja. Ini memungkinkan ruang tamu terlihat luas dan ruang gerak pun terasa lebih lega. Desain jendela pun dibuat tinggi dan lebar supaya cahaya masuk secara maksimal dan sebagai sumber cahaya alami di ruang tamu ini.
Beberapa tanaman hias berbagai jenis dipilih untuk menghidupkan suasana di ruang tamu. Salah satunya tanaman calathea lutea yang diletakkan di dekat cover table.  Tanaman  calathea lutea ini  tumbuh tinggi  di tengah ruang, tanaman ini pun tampil sebagai center point menarik di antara tanaman hias lainnya.

gambar ig @ovieekaoru 
 
Ruang tamu mungil jika ditata dengan tepat akan tampil nyaman dan indah dipandang mata. Seperti pada ruang tamu di atas. Satu sofa putih minimalis dan stool dengan sarung rajut tampak pas di letakkan di ruang tamu mungil ini. Karpet lantai motif Marocco atau ala bohemian style ini hadir untuk menambahkan aksen warna pada ruang tamu background putih ini. 
Tanaman hias bisa diletakkan di meja dan sudut-sudut ruang tamu. Tanaman seperti tunas monstera dan sansviera yang cukup mungil dapat diletakkan di meja kayu minimalis. Tanaman seperti Areca lutenscens atau palm kuning selain sebagai dekorasi juga dapat berfungsi sebagai filter udara di ruang tamu mungil Anda.
 

 

gambar ig @rumah.rnj.new

Ruang tamu putih minimalis akan lebih segar dengan adanya tanaman hias. Untuk lebih menghemat space Anda bisa menaruh satu atau dua tanaman hias di ruang tamu. Seperti pada ruang tamu di atas. Satu kaktus diletakkan di karpet bersebelahan dengan coffee table. Penataan ini membuat area lantai lebih terasa berisi dan terasa hangat. Tanaman lidah mertua atau sanseviera diletakakan pada sudut ruang , sehingga  ruang sempit di ruang tamu tidak terlihat kosong.


gambar i @ruangtamumungil

Ruang tamu dengan unsur kayu memang terasa hangat. Seperti pada ruang tamu di atas, parket lantai, kabinet dan penyangga meja menggunakan material kayu yang membuat ruang tamu terlihat hangat dan ramah. Supaya lebih segar, pemilik menambahkan tanaman hias di sisi-sisi teras dan di atas kabinet. Tanaman ini bukan hanya mempercantik ruang tamu tetapi juga dapat berfungsi sebagai penghasil oksigen terbaik di ruang tamu mungil.


gambar ig @nurrin_nurriwati

Ruang tamu di atas terlihat terang dengan memanfaatkan sumber cahaya alami yang masuk dari jendela yang dipasang di sisi-sisi ruang. Sofa dengan dudukan lebar dipilih agar  pengunjung maupun pemilik rumah duduk nyaman di ruang tamu. Agar lebih segar dan lega, Anda bisa menaruh tanaman hias di  dekat sofa. Tanaman palm kuning dengan bentuk daun yang ramping tampil cantik di ruang tamu ini. Anda pun bisa meletakkan tanaman hijau atau bunga artifisial di coffee table supaya area tengah tidak terlihat kosong.


gambar ig @nisya.magani

Gaya bohemian minimalis bisa dihadirkan di ruang tamu mungil. Karpet gaya bohemian dengan detail glitter yang menarik membuat ruang tamu tampil cantik. Di dekat jendela, Anda bisa meletakkan tanaman hias seperti kaktus dan anthurium. Dua tanaman ini cenderung cocok dan bisa hidup di dalam ruangan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.


Penulis     : Yeni
Editor       : Munawaroh

Sumber    : Berbagai sumber

 

 

Categories in English