6 Desain Taman Teras yang Hemat Biaya


Helloshabby.com - Budget yang minim terkadang menjadi kendala untuk mewujudkan taman teras impian. Biaya furnitur dan tanaman sultan yang mahal seolah menjadi bayang-bayang menakutkan. Padahal ini tak jadi soal, pemilihan furnitur, tanaman hingga dekorasi bisa diakali untuk membuat taman teras yang hemat biaya. Jangan bingung, kali ini Helloshabby.com telah menyiapkan artikel 6 Desain Taman Teras yang Hemat Biaya yang bisa menjadi inspirasi Anda. Semoga bermanfaat untuk mewujudkan tama teras yang hemat biaya


gambar ig @taruna_home

Agar hemat space dan biaya, Anda bisa menggunakan area teras sebagai taman hijau minimalis Anda. Tak perlu banyak dekorasi, tanaman dengan pot gerabah aneka bentuk dapat mempercantik taman teras Anda. Di dinding teras, Anda bisa menempel tanaman sirih gading yang cukup terjangkau harganya. Rambatan sirih gading ini makin tinggi daunnya akan makin besar, sehingga mempercantik tampilan dinding taman teras.


gambar ig @fera_ana

Tanaman dan taman menjadi hal yang tak bisa dipisahkan. Tak perlu tanaman sultan untuk membuat taman teras impian. Anda bisa menggunakan tanaman dengan harga terjangkau dan tidak menguras kantong. Seperti pada taman teras di atas, pemilik memilih jenis tanaman mainstream seperti kaktus aneka jenis, Areca lutescens atau palm kuning. Supaya lebih segar, pemilik rumah menambahkan rumput sintetis sebagai karpet taman. Selain terjangkau, rumput sintetis juga mudah dirawat daripada rumput asli bukan?


gambar ig @nurummieka
 
Cara lain untuk menghemat biaya desain taman teras adalah dengan model taman gaya lesehan. Anda tak perlu merogoh kocek untuk membeli kursi taman. Cukup dengan karpet bundar dengan gaya rajutan rustik yang diletakkan di tengah taman. Dengan desain dan tampilan unik, karpet bundar ini menjadi focal poin cantik di tengah taman teras. Tambahkan cushion dengan seprai motif tropikal agar bersantai semakin nyaman. 

 

gambar ig @rumahkecilts

Meski minimalis, taman teras yang satu ini tetap tampil segar. Satu set kursi dari material kayu membuat taman terlihat hangat dan nyaman. Anda bisa memaksimalkan budget dengan membuat rak tanaman dari sisa-sisa kayu yang tak terpakai di rumah. Seperti pada teras di atas, rak-rak tanaman dibuat handmade atau do it your dengan bahan kayu solid sebagai penyangga dan kayu bambu sebagai penopang tanaman. 


gambar ig @mimitis

Taman teras yang satu ini tampil segar dengan unsur tanaman hijau yang dominan. Pagar tanaman hidup yang rumbun membuat taman terasa lebih sejuk, meskipun berada di ruang terbuka. Sebagai tips menekan biaya renovasi taman, Anda bisa memilih tanaman hias yang bisa hidup di tanah basah atau pun kering. Selain itu, Anda juga bisa memilih pot dengan harga terjangkau seperti pot tawon atau pot plastik yang cocok digunakan sebagai media tanam. 


gambar ig @nurulwulandari_13
 
Selain tanaman di media pot, Anda bisa mendesain taman teras dengan tanaman rambat seperti tanaman lee kwan yeuw. Bibit tanaman ini tergolong murah dan sangat terjangkau. Secara perawatan tanaman ini juga sangat mudah. Lee kwan yeuw mudah dirawat jika akarnya sudah cukup kuat. Penyiraman sehari sekali atau bahkan tidak dirawat pun masih bisa memungkinkan tanaman ini hidup. Agar semakin hemat, Anda bisa membuat medai rambat pada pipa paralon yang diikat pada kawat. Jika sudah rumbun,tanaman rambat lee kwan yeuw membuat teras di atas tampak segar dan adem. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.


Penulis     : Yeni
Editor       : Munawaroh
Sumber    : Berbagai sumber



Categories in English