6 Desain Teras Rumah Fungsional Anti Banjir

 

Helloshabby.com -- Ketika musim penghujan tiba, tak jarang banyak daerah yang memiliki curah hujan tinggi akan terjadi banjir atau air masuk ke dalam rumah, hal ini tentu meresahkan anda. Pembangunan rumah yang sembarangan dan tidak memperhatikan aspek lain seperti saluran pembuangan hingga resapan air memang sering terjadi. Selain aspek tersebut, anda juga harus mendesain bagian fasad untuk dapat menghalangi air hujan masuk ke dalam rumah. Salah satunya teras rumah yang terkadang menjadi tempat untuk masuknya air pertama kali sebelum ke dalam rumah. Nah kali ini helloshabby.com akan membagikan beberapa ulasan mengenai desain teras rumah fungsional anti banjir yang bisa anda terapkan di hunian masa mendatang. Berikut penjelasannya :

 

Menaikkan elevasi teras

Teras by : mins1606
 
Desain teras rumah kali ini memiliki ukuran yang cukup besar, untuk menghindari terjadinya banjir ataupun air masuk ke dalam rumah. Anda bisa menambahkan elevasi teras dengan ketinggan kurang lebih 10 cm dari lahan tanah. Hal ini selain mengurangi terjadinya genangan, tentunya anda tidak perlu khawatir jika teras rumah kotor dengan lumpur. Selain itu, untuk memberikan resapan air ketika musim penghujan. anda bisa mengapliakasikan taman di depan rumah atau pun  kolam ikan untuk memberikan hawa segar dan juga sejuk. Teras rumah fungsional untuk menahan banjir seperti ini tentunya perlu anda pikiran terlebih dahulu sebelum memulai membangun rumah dari awal hingga selesai.
 
 

Menggunakan paving block untuk halaman rumah

Teras by : heppie_nia

Untuk mengurangi genangan air yang terjadi di musim penghujan, desain teras rumah anti banjir bisa anda lakukan seperti berikut. Tidak menutup lahan keselurhan di halaman depan dengan beton ataupun cor semen. Hal ini tentunya akan menambah genangan air, apalagi jika anda tidak menambahkan sumur biopori di sekitarnya. Jika anda menginginkan halaman rumah lebih lapang dan terlihat indah, gunakan saja paving block untuk memberikan jalan air masuk ke dalam tanah melalui celah-celah kecil di sekitar paving. Desain teras rumah seperti ini tentunya akan terhindar dari banjir dan rumah anda tetap aman. 
 
 

Membuat taman rumah 

Teras by : sarahhariqy
 
 
Tak jarang kita menemui rumah dengan hamparan taman yang segar di depan teras. Selain memberikan relaksasi tersendiri, taman dengan tanaman yang berada di sekitar rumah memiliki fungsi lain. Apalagi jika memasuki musim penghujan seperti masa sekarang ini, banyak orang mengeluhkan tentang genangan air yang masuk ke dalam rumah. Hal ini tentu saja bisa anda siasati dengan berbagai cara, salah satunya menaikkan elevasi teras dan membuat taman ataupun mini garden di bagian depan. Cara ini bisa anda lakukan untuk menghidari air naik ke dalam rumah ketika curah hujan yang cukup tinggi. Tanaman di rumah tentunya dapat meresap air sehingga air pun tidak akan menggenang dan terjadi banjir. Desain teras rumah anti banjir tentunya bisa anda terapkan di rumah agar hunian tidak tampak rusuh dengan lumpur dan juga sampah yang terbawa.
 

Memberikan pembatas atau tanggul

Teras by : daeisy_05

Teras rumah yang indah tentunya cerminan dari pemilik itu sendiri. Untuk memberikan dekorasi yang cantik, anda perlu meletakkan beberapa pajangan ataupun dengan tanaman hias. Namun, apa yang terjadi jika teras cantik di rumah tergenang air ketika musim penghujan. Tentunya hal ini membuat anda risih dan gelisah, anda bisa menyiasati hal tersebut dengan menambahkan pembatas ataupun tanggul disekitarnya. Selain untuk menghalangi air masuk ke dalam teras, tanggul ini juga dapat menahan air untuk tidak mengalir ke berbagai tempat. Selain dengan menambahkan tanggul, agar air terus mengalir anda bisa membuat saluran drainase ataupun sumur biopori untuk resapan air. Cara ini sangat efektif untuk menghalangi air naik ke rumah, sehingga rumah tetap bersih dan cantik.

 

 Menutup lahan dengan rumput hias

Teras by : flowermonz
 
Bagian teras rumah merupakan area yang sering di lihat oleh banyak orang, selain dekorasi yang cantik dan enak di pandang teras juga menjadi spot terbaik untuk bersantai. Namun hal kecil pun dapat mengganggu anda, ketika musim penghujan tiba dan air naik ke area teras. Selain akan kotor, tentunya bakteri pun akan terbawa dan dapat menimbulkan penyakit. Untuk menghindari hal tersebut anda bisa menambah sumur resapan atupun dengan menutup lahan menggunakan rumput hias. Cara ini sangat efektif untuk anda terapkan agar teras rumah terhindar dari banjir. Rumput hias yang tertanam di bagian depan ini memiliki kesan yang segar dan dapat menyerap air ketika hujan tiba.


Menggunakan batu alam

Teras by: sinthaetnara

Naiknya air ke dalam rumah ketika musim penghujan memang sangat meresahkan. Selain desain rumah yang terkadang di buat seadanya tanpa memperhatikan saluran ataupun resapan air memang akan membuat genangan air di musim hujan. Anda bisa membuat desain teras yang fungsional namun tetap terhindar dari banjir dengan menaikkan elevasi ataupun menggunakan batuan alam di halaman depan tanpa menutup dengan beton agar dapat menyerap air. Agar halaman tak nampak kosong dan teras rumah tetap terjaga dari banjir, anda bisa meletakkan tanaman kesayangan di bagian depan untuk memberikan kesan estetik dan menyegarkan.
 
 

Semoga artikel desain teras rumah fungsional anti banjir ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis     :Lynda
Editor       : Munawaroh
Sumber    : Berbagai sumber 



Categories in English