Ciptakan Nuansa Alami dengan 6 Ide Desain Taman Mungil di Sisa Lahan Belakang Rumah


 
Helloshabby.com  -- Daripada lahan belakang kosong dan tidak terpakai, manfaatkan sisa halaman belakang menjadi taman mungil yang indah. Anda bisa menciptakan nuansa alami di  taman mungil di sisa halaman belakang. Taman mungil ini nantinya bisa  menjadi ruang tersegar di rumah Anda. Agenda refreshing atau melepas lelah pun bisa dilakukan di taman,  tanpa harus keluar rumah. Sebagai inspirasi mendesain taman belakang, telah kami siapkan artikel Ciptakan Nuansa Alami dengan 6 Ide Desain Taman Mungil di Sisa Lahan Belakang Rumah khusus untuk Anda.

 
gambar ig @hesti.novitadewi
 
Nuansa alami sangat kental terasa di taman mungil yang satu ini. Alas rumput hijau dengan perpaduan pijakan jalan setapak dari lempeng kayu membuat taman ini terlihat natural dan menyegarkan. Di ujung halaman, diletakkan taman air mancur yang terbuat dari batu relief tebing buatan. Air mancur ini selain mempercantik taman, juga berfungsi sebagai sarana relaksasi bagi Anda yang menyukai suara gemericik air dan melihat sejuknya air mengalir. Kursi ayun diletakkan supaya membuat acara bersantai dan relaksasi menjadi lebih nyaman.

 
 gambar ig @umahabang
 
Sisa lahan belakang rumah bisa disulap menjadi taman mungil hanya dengan menempatkan tanaman hijau dan batuan saja. Satu tanaman dengan batang besar, seperti pohon mangga bisa Anda tanam di halaman belakang. Pohon tersebut nantinya akan membuat halaman belakang terasa lebih rindang. Sisanya, Anda bisa menempatkan tanaman hias hidup, seperti Monstera, keladi dan palem merah agar taman terlihat lebih indah. Tentu saja, Anda perlu menata tanaman hijau tersebut, agar tampil rapi dan sedap dipandang. Agar bersantai di taman semakin maksimal terasa, tambahkan kursi gantung nyaman di lahan belakang rumah Anda.  

gambar ig @desaintamanrumah

Taman mungil semi outdoor cocok diterapkan di sisa halaman belakang rumah minimalis. Lantai keramik dengan motif kayu akan menampilkan kesan yang hangat di taman mungil ini. Anda pun bisa meletakkan rumput hijau yang dikelilingi batuan koral putih untuk membuat taman semi terbuka ini lebih natural. Dinding dengan batuan pualam turut menambah keindahan di taman ini.


gambar ig @yerry_ane

Menempatkan kolam ikan di taman belakang rumah bisa menjadi pilihan yang tepat. Kolam ikan ini sebagai sarana menyalurkan hobi juga tempat relaksasi bagi Anda. Pada area sisi-sisi kolam, dipasang rumput sintetis supaya nuansa alami selalu terasa di taman ini. Tak lupa bersantai tak lengkap rasanya bila tak ada kursi taman dan satu set coffee table untuk menikmati atmosfir segar di taman ini.

 

gambar ig  @yerry_ane

Ciptakan nuansa alami dengan kolam air mancur yang disertai kolam ikan koi. Kolam air mancur ini menjadi focal poin utama di lahan belakang rumah. Desainnya kolam air mancur yang indah membuat bersantai menjadi terasa menyenangkan. Apalagi dengan bantuan sinar lampu di area air mengalir ke bawah, semakin menambah nilai estetis pada taman ini.


gambar ig @sushihome
 
 Jika tak memiliki lahan terbuka, jadikan lahan belakang Anda dengan konsep semi terbuka. Caranya mudah saja. Anda tinggal membuat bagian atap semi transparan dengan atap kaca. Dengan begitu cahaya matahari akan masuk secara maksimal pada taman rumah Anda. Agar semakin alami, pada alas lantai gunakan rumput sintetis untuk menambahkan aksen hijau natural di taman semi terbuka ini. Tambahkan pula tanaman hias asli maupun sintetis untuk membuat taman terasa lebih hidup.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.


Penulis     : Yeni
Editor       : Munawaroh
Sumber    : Berbagai sumber


Categories in English