Desain dan Denah Rumah 9 x 15 Meter, Terdapat 3 Kamar Tidur Ada Kolam Renangnya!

Helloshabby.com -- Lahan berukuran 9 x 15 Meter dirasa cukup untuk menghadirkan rumah idaman dengan fasilitas yang cukup lengkap. Dengan desain dan penataan yang tepat, ruang-ruang vital termasuk area refreshing keluarga bisa dibangun. Selain itu, dalam membangun sebuah rumah kenyamanan dan keamanan penghuni harus secara matang dipertimbangkan. Konsep open plan yang menyatukan ruang bisa menjadi alternatif, selain lebih saving space, konsep open plan pun cenderung dapat memberikan kenyamanan pada keluarga. 

Berikut kami siapkan ulasan Desain dan Denah Rumah 9 x 15 Meter, Terdapat 3 Kamar Tidur Ada Kolam Renangnya! Semoga bermanfaat.



Tampak Fasad Depan

Fasad rumah yang satu ini terlihat modern dengan sentuhan alam yang seimbang. Sentuhan alam terlihat dari pemakaian pagar permanen dari material batu alam. Di sudut pagar dipasang bata ekspos dengan material keramik motif batu alam. Tak lupa diletakkan taman mini di area depan rumah. Pagar untuk keluar masuk kendaraan dipilih dengan model besi pagar hollow geser agar lebih efisien. 

 

Tampak Atap 

Struktur atap pada rumah di atas menggunakan atap perisai (limasan).  Atap perisai terbilang cukup kuat dan tahan angin dengan struktur kemiringannya. Bentuk model atap perisai ini dikombinaskan dengan dak car beton. Model kombinasi atap ini memberikan tampilan rumah terlihat modern. Area carport pun ditutup dengan atap dak cor supaya kendaraan terlindungi lebih maksimal dari sengatan matahari dan air hujan yang bisa merusak sparepart kendaraan.


Tampak Teras

Tampilan teras tampak menarik dengan adanya dinding eksterior bata ekspos. Dinding ini memberikan kesan natural nan hangat pada teras rumah. Anda bisa meletakkan satu pasang set kursi dan coffee table untuk menikmati waktu bersantai Anda. 

Pada area fasad terdapat taman mini yang bisa Anda tanami dengan vegetasi hidup. Taman ini memberikan kesegaran pandang dan membuat fasad terlihat tidak gersang. Taman ini juga memiliki fungsi sebagai resapan air hujan dan penyalur oksigen ke dalam rumah.


Ruang Tidur 1

Kamar tidur di salah satu rumah ini berukuran 3.65 x 2.65 Meter. Dalam desain sebuah kamar tidur diupayakan memberi bukaan jendela. Bukaan ini berfungsi sebagai pertukaran udara sehingga kamar tidur tidak terasa pengap. Pada desain kamar, Anda bisa membuat salah satu dinding dengan stiker bermotif sulur emas untuk memberikan kesan mewah dan elegan pada kamar.


Kolam Renang

Hadirkan ruang rekreasi keluarga di rumah Anda dengan membuat kolam renang minimalis di halaman samping rumah. Dengan adanya kolam renang, Anda tak perlu jauh-jauh menikmati segarnya kolam renang. Kolam ini berukuran 5 x 2.5 Meter, untuk kedalam bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Disarankan mendesain kolam renang dengan konsep tingkatan, agar anak-anak tetap bisa bermain di kolam renang ini. Tentunya, keamanan dan keselematan tetap harus dipertimbangkan dalam mendesain kolam renang untuk anak-anak. Anda bisa menambahkan taman vertikal di sisi kolam agar menambah kesegaran di ruang rekreasi keluarga ini.

 

Open plan Ruang Keluarga + Ruang Makan

Area ruang makan dan ruang keluarga dibuat dengan konsep open plan--menyatukan dua fungsi ruang dalam satu space. Konsep ini lebih saving space, selain itu open plan memberikan kesan keterbukaan dan kekeluargaan yang lebih erat. Ruangan ini diletakkan di area tengah rumah yang mudah diakses dari berbagai ruang. 




 Pembagian Ruang

Area dalam rumah ini terbagi menjadi 4 bagian. Bagian pertama area fasad yang terdiri dari carport, taman mini dan teras. Pada carport dengan ukuran yang sedang, bisa menampung satu mobil dan satu motor. Taman mini meskipun minimalis, tapi memiliki fungsi penting sebagai resapan air hujan. Tak lupa area teras untuk menerima tamu atau pun ruang bersantai Anda. Bagian kedua yaitu interior rumah, ruang tamu sebagai ruang publik ditempatkan di area terdepan rumah. Untuk ruang keluarga dan ruang makan didesain dengan konsep open plan agar lebih hemat space. Di antara dua kamar tidur anak terdapat musola mini yang mudah diakses, bagi tamu atau pun penghuni. 

Bagian ketiga yaitu ruang refreshing terdapat kolam renang. Area ini juga berfungsi sebagai akses udara ke dalam rumah, supaya setiap ruang terasa segar. Bagian ketiga berupa ruang servis yaitu dapur, toilet dan ruang cuci jemur yang ditempatkan di sudut rumah. 

 

Berikut ini pembagian denah ruangan dalam desain dan denah rumah 9 x 15 Meter. Carport dengan ukuran 5 x 3.35 Meter, taman hijau berukuran 3 x 2.5 Meter, dan teras berukuran 3 x 2 Meter. Ruang tamu dengan ukuran 3 x 2.25 Meter, musola indoor dengan ukuran 2 x 1.35 Meter, Kamar tidur anak 1 berukuran 2 x 1.35 Meter, kamar tidur anak 2 berukuran 2.90 x 2.65 Meter dan kamar tidur utama + kamar mandi dalam berukuran 4.8 x 3.35 Meter. Ruang makan + ruang keluarga berukuran 6.2 x 3 Meter. Kolam renang berukuran 5.2 x 2.5 Meter, dapur berukuran 3 x 2.65 Meter, toilet bersama 2.65 x 1.1 Meter dan ruang cuci jemur berukuran 3 x 1.5 Meter.

 

Semoga artikel Desain dan Denah Rumah 9 x 15 Meter, Terdapat 3 Kamar Tidur Ada Kolam Renangnya! bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis     : Yeni
Editor       : Munawaroh
Sumber    : Desain Rumah 36

Categories in English