Desain dan Rumah Minimalis Ukuran 6 x 15 Meter, Konsep Rumah Tumbuh Bisa Dibangun 2 Lantai Bila Ada Tambahan Rejeki

Helloshabby.com --  Ada beberapa alasan mengapa kita membangun rumah tumbuh.  Rumah tumbuh adalah rumah yang dibangun dengan bertahap, tetapi bangunan sudah berfungsi baik dan dapat digunakan oleh penghuninya, penumbuhan bangunan bisa dilakukan dengan membuat rumah menjadi 2 lantai. Sambil menabung uang untuk melanjutkan pembangunan kembali, rumah satu lantai sudah bisa difungsikan. Rumah tumbuh juga memungkinkan adanya penambahan ruang untuk anggota keluarga baru, atau membuat ruang kerja di rumah minimalis. Tertarik dengan konsep rumah tumbuh kami hadirkan artikel Desain dan Rumah Minimalis Ukuran 6 x 15 Meter, Konsep Rumah Tumbuh Bisa Dibangun 2 Lantai Bila Ada Rejeki
 

Tampak Fasad Rumah

Tampilan fasad rumah tampak menarik dari perpaduan warna pink, putih dan adanya unsur coklat kayu pada area fasad. Salah satu yang menarik adalah adanya dinding conwood plank dengan warna krem, dinding ini selain mempercantik fasad juga tahan terhadap perubahan cuaca dan anti rayap. 

Pada langit-langit teras dipasang List plafon dari permainan 2 cat. List plafon ini untuk memberi aksen pada fasad. Pada lantai rumah ditinggikan setinggi 40 cm, hal ini di maksudkan untuk menghindari risiko rumah kebanjiran.


Tampak Atap Depan

Dalam konsep rumah tumbuh bagian paling penting dalam perencanaan bangunan adalah desain atap rumah. Bagian atap depan menyesuaikan dengan pondasi batu kali. Sedangkan, pada atap teras menggunakan atap dak cor beton. Atap dak ini berfungsi untuk melindungi teras dari sengatan matahari. Atap dak cor beton pada bagian teras ini sengaja di gunakan untuk menghindari terjadinya tampias ketika hujan tiba, agar area teras tidak basah dan becek. Agar maksimal, Anda juga bisa memasang kanopi di area carport untuk melindungi kendaraan Anda. 

 

Tampak Atap Belakang

Bagian atap belakang yang akan digunakan sebagai lantai dua didesain dengan atap dak car beton. Anda bisa memasang paralon air agar tampias turun ke permukaan tanah dan tidak menggenang di area dak cor beton. 

Pada talang air juga menggunakan atap dak. Atap dak di bagian ini bisa digunakan untuk menjemur pakaian, jika lantai dua sudah jadi bagian ini menjadi arus sirkulasi udara ke kamar lantai dua. 


Tampilan Ruang Tamu/Ruang Keluarga

Desain ruang tamu bisa dibuat senyaman mungkin dengan menggunakan sofa berbentuk huruf L. Dengan sofa yang lebar, agenda bersantai atau menerima tamu di dalam rumah jadi terasa lebih lega. Jangan lupa, beri hiasan dinding yang unik untuk membuat ruang tamu ini terasa lebih hidup. 


Bagian Rumah yang akan Diubah Menjadi Tangga Lantai 2

Mendesain rumah tumbuh tentu harus mempertimbangkan letak tangga menuju lantai dua, bukan? Pada rumah tumbuh yang satu ini, atap akan diletakkan di area taman kering yang berada di antara kamar tidur utama dan kamar tidur anak kedua. Jika Anda hanya membutuhkan dua kamar tidur saja, area kamar anak bisa dimaksimalkan untuk pembangunan tangga.

 


Berikut ini denah rumah pada Desain dan Rumah Minimalis Ukuran 6 x 15 Meter. Carport berukuran 4.35 x 3 Meter dan motorport berukuran 2.75 x 1.5 Meter. Area jalan setapak dengan ukuran 2.75 x 1.5 Meter, teras depan berukuran 2.5 x 3 Meter. Masuk ke interior rumah, ruang penerima tamu dan ruang keluarga 6.75 x3 Meter. Kamar anak 1 berukuran 2.5 x 3 Meter, kamar mandi berukuran 1.5 x 2 Meter. Ruang servis 3 x 4 Meter, kamar tidur utama 3 x 4 Meter dan kamar tidur anak kedua berukuran 3 x 2 Meter.

 

Semoga artikel Desain dan Rumah Minimalis Ukuran 6 x 15 Meter, Konsep Rumah Tumbuh Bisa Dibangun 2 Lantai Bila Ada Tambahan Rejeki bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.


Penulis     : Yeni
Editor       : Munawaroh
Sumber    :Gudang Design via Youtube

 

Categories in English