Desain dan Denah Rumah Minimalis 6 x 12 M Satu Lantai dengan 2 Kamar Tidur, Terlihat Modern dan Elegan

Helloshabby.com -- Happy New Year 2021 teruntuk Ayah-Bunda terkasih. Kali ini Helloshabby.com kembali hadir menyajikan desain dan denah rumah minimalis yang bisa menjadi inspirasi keluarga. Rumah minimalis kali ini berukuran 6 x 12 Meter dengan satu lantai dan dua kamar tidur, terbilang cukup untuk hunian keluarga. Tampilan fasadnya terlihat manis dengan permainan warna abu-abu dan biru toska pada dinding eksteriornya. Belum lagi dilengkapi taman yang membuat rumah terasa segar. Sedangkan untuk bagian interiornya dibuat senyaman dan sehangat mungkin untuk anggota keluarga. Pokoknya dijamin bikin betah di rumah deh. Langsung saja simak ulasannya dalam artikel ''Desain dan Denah Rumah Minimalis 6 x 12 M Satu Lantai dengan 2 Kamar Tidur, Terlihat Modern dan Elegan''. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan kepada orang terkasih !


Tampilan Fasad Rumah

Secara keseluruhan rumah di atas tampak sederhana namun kesan modern dan elegan tetap kental terasa. Ini dikarenakan desain dan pemilihan material pada fasad rumah yang mengusung tema modern dengan sentuhan natural. Misalnya pada pagar rumah, sebagian pagar dibuat dari batu + semen ekspos yang dikombinasikan dengan pagar besi hollow. Pagar besi sliding dipilih sebagai pagar area carport untuk memudahkan akses kendaraan ke luar dan masuk area rumah. 

Tak ketinggalan, dinding eksterior dibuat dari semen ekspos dengan garis-garis horizontal yang membuat dinding terlihat dinamis. Ditambahkan unsur warna biru pada dinding dan dak cor beton agar fasad terlihat tidak polos dan membosankan. Sebagai finishing, bisa ditambahkan lampu taman yang dipasang di area taman mini supaya fasad rumah jadi semakin menarik.


Tampilan Atap

Atap utama menggunakan struktur atap pelana yang dikombinasikan dengan dak cor beton. Atap pelana ini membuat struktur rumah terlihat lebih berdimensi. Selain itu, atap pelana cenderung cocok bagi kita yang hendak menghemat biaya pengeluaran jasa tukang, sebab kontruksi atap pelana cenderung sederhana dan memerlukan bahan yang lebih minim dibandingkan atap lainnya. Meski begitu, tetap disarankan untuk memilih jenis genteng yang kuat, sehingga struktur atap tetap kokoh dan minim bocor. 

Dak cor beton digunakan sebagai  atap carport dan teras. Dak cor beton permanen tentunya lebih kuat dan meredam suara hujan lebih baik dibandingkan kanopi. Pada rumah ini, dibuat mini dak cor beton dengan finishing biru yang membuat rumah terlihat lebih tinggi.



Ruang Tamu

Masuk ke dalam rumah, kita akan disambut  dengan ruang tamu sekaligus ruang keluarga.  Ruang tamu ini terbilang cukup lebar, pasalnya dapat menampung sofa leter L dengan 4 seat. Sofa ini pun dilengkapi dengan bantalan yang nyaman dan hangat untuk tamu dan penghuni rumah. Agar bersantai lebih menyenangkan, kita bisa menempatkan TV di ruang tamu ini. Sedangkan, pada dinding dipasang bingkai hiasan maupun ambalan untuk menaruh dekorasi di ruang tamu ini. 



Tampilan Musola

Ibadah akan terasa khusyu' bila dilakukan di ruangan khusus. Pada desain rumah minimalis 6 x 12 M ini, kita bisa mendesain musola mini untuk melakukan ibadah. Musola ini diletakkan di sudut rumah yang mudah diakses oleh penghuni maupun tamu. Meksipun terbilang mungil, desain musola harus dibuat senyaman mungkin. Kita dapat memasang lantai parket yang membuat sujud menjadi lebih nyaman. Pada area dinding dibuat kombinasi semen dan batu ekspos. Lengkapi dengan kaligrafi sebagai pengingat sekaligus penanda area musola mini.



Tampilan Kamar Tidur
 
Pada kamar tidur utama berukuran 4.15 x 2 Meter ini dapat diletakan furnitur kamar yang cukup lengkap.  Penataan queen size bed diletakkan di area tengah ruangan, sehingga furnitur lainnya bisa ditempatkan di kamar utama.  Sebuah almari kayu tampak pas diletakkan di sudut ruangan. Meja kerja dilengkapi dengan kabinet atas dan rak buku bisa diletakkan di kamar utama.
 
 

Tampilan Bagan Ruangan
 
Desain dan denah rumah minimalis 6 x 12 M ini dibagi menjadi tiga ruangan. Ruangan pertama area fasad, dapat didesain untuk carport dan taman mini. Area teras ditiadakan untuk mengefisienkan space yang  terbatas. Ruangan kedua adalah publik area. Area publik adalah area yang bisa diakses oleh tamu, yang terdiri dari ruang tamu, musola dan kamar mandi bersama. Ruangan ketiga adalah ruang privasi atau ruangan khusus penghuni rumah yang terdiri dari dua kamar tidur, ruang makan, dapur, kamar mandi dan ruang laundry. Bagaimana ruangan di rumah minimalis ini cukup lengkap bukan? 

 


Denah Rumah

Berikut ini pembagian denah ruangan pada rumah minimalis 6 x 12 M satu lantai. Carport berukuran 4.3 x 3.2 Meter, taman mini berukuran 1.3 x 2 Meter. Ruang tamu berukuran 3.15 X 3.2 Meter, musola berukuran 1.35 x 2 Meter, kamar utama berukuran 4.15 x 2 Meter, kamar anak dengan ukuran 3 x 2 Meter. Dapur dan ruang makan berukuran 2.5 x 3.05 Meter, kamar mandi bersama berukura 2.05 x 1.5 Meter dan ruang cuci jemur dengan ukuran 1.6 x 4.25 Meter. 




Semoga artikel Desain dan Denah Rumah Minimalis 6 x 12 M, Satu Lantai dengan 2 Kamar Tidur Terlihat Sederhana dan Elegan bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis     : Yeni
Editor       : Munawaroh
Sumber    : Desain Rumah 36 via Youtube

Categories in English