6 Desain Atap Rumah Minimalis Anti Bocor

Helloshabby.com -- Sekecil apapun kerusakan atap menjadi masalah yang tidak bisa dipinggirkan. Kerusakan yang tidak segera ditangani akan membuat atap lama kelamaan mengalami kebocoran. Kalau sudah bocor tentunya akan membuat kita kerepotan, apalagi bila musim penghujan tiba. 

Definisi mencegah memang lebih baik daripada mengobat. Sehingga, ada baiknya sebelum menentukan jenis Atap, Anda harus seksama ketika memilih desain rangka hingga pengecetan genting dengan maksimal. Ini supaya, atap rumah yang dipilih tidak mudah bocor. Khusus untuk Anda, kami hadirkan ulasan 6 Desain Atap Rumah Minimalis Anti Bocor, simak lebih lengkapnya di bawah ini: 


Atap Pelana untuk Rumah Minimalis Modern

cr:instagram/nurulwulandari_13

Desain atap pelana menjadi salah satu atap yang cukup sederhana dari segi pembangunannya dan sangat aman. Atap pelana juga cocok untuk segala jenis rumah, terutama rumah minimalis modern. Atap pelana cukup praktis dari sisi kontruksinya, sehingga cukup mudah untuk mengidentifikasi kerusakan pada struktur atap pelana.


Atap dengan Lapisan Cat Waterproof

cr:instagram/less.sugar22

Jika atap rumah mulai mengalami tanda-tanda kebocoran kecil, mungkin ini saatnya Anda melakukan peremajaan atap. Salah satu caranya adalah memberi lapisan anti bocor dengan cat genting waterproof. Ada banyak rekomendasi cat pelapis anti bocor dipasaran, Anda hanya perlu mengoleskan cat waterproof ke permukaan genting mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan. 

 

 Desain Atap dengan Kemiringan yang Tepat

cr:instagram/homeofduca

Kerangka atap rumah perlu didesain dengan kemiringan yang tepat. Atap yang terlalu landai  akan membuat air hujan masuk merembes dan mengenai beton. Akibatnya, struktur rumah pun jadi lebih cepat rusak. Sebaliknya, atap yang kemiringannya lebih dari 30 derajat membuat genteng leih cepat merosot kebawah. Sehingga, ada baiknya Anda mendesain kemiringan atap dengan bidang kemiringan berkisar 30 derajat, agar air hujan lebih cepat mengalir ke bawah.

 

 Atap Rumah dengan Penutup Genteng yang Tepat

cr:instagram/liliofheartly

Pemilihan jenis genteng pun akan mempengaruhi tingkat kebocoran atap. Kini beragam jenis genteng muncul dengan berbagai teknologi modern yang memberikan keamanan dan kenyamanan pada hunian. Meski begitu, jenis genteng tradisional seperti genting tanah liat masih banyak menjadi pilihan. Genteng tanah liat memiliki harga yang relatif terjangkau dan sudah teruji kokoh dan tahan lama.

 

Atap Rumah dengan Pemasangan Genteng yang Rapi

cr:instagram/libby.home

Struktur atap yang kokoh akan berkurang sifat anti bocornya, apabila penyusunan genteng rumah tidak padat dan rapi. Pemasangan genteng rumah yang tidak rapi menghasilkan rongga yang memungkinkan air hujan masuk ke dalam rumah dan merusak struktur atap itu sendiri. Sehingga, pastikan genteng rumah Anda tersusun dengan rapi.

 

 Atap Anti Bocor dengan Kuda-Kuda yang Kokoh

cr:instagram/rumahmodern

Atap rumah yang kokoh dan anti bocor juga ditunjang dari pemilihan kualitas sebagai bahan pembuatan kuda-kuda yang nantinya akan menopang rangka atap. Ada banya bahan untuk kuda-kuda, dari bahan kayu, beton, pasangan bata hingga kuda-kuda baja. Pastikan Anda memilih jenis kuda-kuda yang kokoh dan sesuai anggaran pembangunan. 

 

Terimakasih telah menyimak artikel 6 Desain Atap Rumah Minimalis Anti Bocor sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.


Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English