6 Cara Trik Mengecat Ulang Tembok Lembab Agar Tidak Rembes Lagi

Helloshabby.com -- Musim penghujan memang rawan membuat dinding tembok rumah menjadi lembab. Kelembapan inilah yang mengakibatkan tembok menjadi rembes, ditumbuhi jamur hinggga mengalami keretakkan. Tembok yang lembab dan rembes, akan menimbulkan banyak ketidaknyamanan pada pada penghuninya.

Jika, sudah mengalami tanda-tanda kerusakan ini saatnya Anda mengecat ulang tembok yang lembab. Tentunya, mengecat ulang tembok tidak asal mengoleskan cat pada permukaan tembok. Ada beberapa trik yang harus dilakukan agar tembok tidak mudah rembes lagi. Simak 6 cara trik mengecat ulang tembok lembab agar tidak rembes lagi, di bawah ini:


1. Memastikan tembok kering dan bersih sebelum dicat ulang

cr:instagram/nisanisa1321

 

Salah satu ciri tembok yang lembab adalah timbulnya gelembung-gelembung kecil di dinding. Jika, tak segera diatasi gelembung ini dapat membuat tembok berjamur dan retak. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kurangnya sirkulasi udara di dalam rumah juga kondisi dinding yang masih basah saat dilakukan pengecatan.

Salah satu trik mengatasinya, pastikan tembok yang akan dicat ulang bersih dari segala jenis kotoran. Bila perlu kerok gelembung-gelembung, kotoran dan jamur yang menempel pada tembok. Pastikan juga permukaan tembok yang basah menjadi kering sempurna sebelum dilakukan pengecatan ulang.


2. Mengamplas tembok sampai permukaannya halus

cr:instagram/kamartidurminimaliss

Bila tembok lama berkapur, selanjutnya Anda perlu mengamplas dinding dengan cara disikat. Amplas tembok yang memiliki permukaan kasar hingga menjadi bersih dan halus. Jika, sebagian tembok berlubang, Anda bisa mengaplikasikan semen putih yang cepat mengering untuk menampal tembok tersebut.



3. Menyemprotkan cairan anti jamur dan bakteri pada tembok

cr:instagram/watson_decorating_services

Supaya tembok tidak mudah ditumbuhi jamur, ada baiknya Anda menyemprotkan cairan fungicidal wash untuk membunuh dan mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri. Setelah itu biarkan kering selama 12 jam. 


4. Melapisi Tembok dengan Cat Dasar Waterproof

cr:instagram/jasacatdotcom

Trik selanjutnya adalah dengan mengecat dinding dengan cat dasar waterproof. Cat dasar ini berfungsi untuk membuat cat yang menempel di dinding lebih tahan dan membuat air tidak merembes ke dalam struktur tembok. Sehingga, dinding aman dari rembes dan kebocoran lainnya. 

Jika tidak dilapisi cat dasar waterproof, cat tembok biasa akan mudah mengelupas dan menggelembung akibat air yang merembes ke dalam tembok.


5. Mengaplikasikan cat dekoratif sesuai selera

cr:instagram/yogi_kurma

Setelah melapisi dengan cat dasar, Anda tinggal mengaplikasikan cat dekoratif dengan warna-warni favorit Anda. Namun, pastikan saat mengecat ulang tembok dalam keadaan kering sempurna, begitupun dengan cat yang dipilih juga tidak boleh terlalu tebal dan terlalu banyak supaya lapisan cat tidak meleleh dan membuat tampilannya kurang estetis.


6. Perhatikan teknik pengecatan yang benar

cr:instagram/mamia_cania

Teknik pengecatan pun akan berpengaruh terhadap tampilan dan ketahanan cat tembok. Supaya permukaan cat tidak berkerut, ada baiknya mengaplikasikan cat dekoratif Anda dengan ketebalan cat yang normal. Hindari juga mengecat ulang tembok pada cuaca yang sangat panas.


Terimakasih telah menyimak artikel 6 Cara Trik Mengecat Ulang Tembok Lembab Agar Tidak Rembes Lagi sampai akhir. Semoga menambah referensi Anda untuk mengatasi dinding yang mudah rembes dan berjamur.

Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

6 Warna Cat Eksterior Fasad Rumah yang Bagus dan Tidak Kampungan

 Gambar : @brosurpropertiHomeshabby.com -- Ingin tampilan rumah anda berbeda dari yang lain ? Memilih warna cat eksterior fasad rumah sangat berpengaruh dalam menciptakan nuansa hunian yang indah. Cat luas rumah harus berfungsi secara optimal untuk melindungi dinding dari seluruh faktor yaitu cuaca,...


Inspirasi Warna Cat Pagar Rumah Minimalis 2021

 Homeshabby.com -- Pemilik rumah minimalis ataupun mewah modern sepertinya sudah tak jarang menggunakan pagar lagi sebagai kesan dekoratif dan privasi. Suasana aman ketika berkegiatan dirumah dengan adanya pagar sangat mempengaruhi kesan bebas di dalamnya.Tak jarang pemilik rumah mengabaikan pewarnaan...



6 Warna Cat Ruang Tamu yang Sejuk Bisa di Aplikasikan di Rumah

 Homeshabby.com -- Cat Interior ruangan merupakan penentu dalam mengkonsep sebuah rumah, seperti ruang tamu, kitchen set dan ruangan lainnya. Pemilihan warna dalam suatu ruangan merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan guna mewujudkan suasana rumah yang sejuk dan nyaman. Konsep pada suatu...



Terpopuler! Inilah Kombinasi Warna Cat Yang Cocok Untuk Desain Tampilan Teras Depan Rumah agar Lebih Elegan dan Enak Dipandang

Homeshabby.com - Ketika anda ingin menentukan warna cat dan anda pergi ke toko pasti anda ditawarkan warna - warna dan merk cat untuk rumah anda. Sebelum anda menentukan warna cat yang cocok, sebaiknya anda banyak mencari referensi kombinasi cat yang cocok untuk rumah anda, baik dari segi tampilan...



6 Dekorasi Kamar Tidur untuk Ruangan Kecill dengan Pilihan Cat Tembok yang Tepat

Homeshabby.com -- Tak jarang banyak orang menyukai desain rumah dengan ukuran yang luas, namun beberapa orang pun juga menyukai desain rumah ukuran minimalis seperti desain kamar berikut ini. Kamar tidur merupakan salah satu ruangan yang paling penting dalam sebuah rumah, karena fungsi utama dari kamar...



Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English