6 Ide Kreatif Memaksimalkan Ruang Bawah Tangga dengan Berbagai Taman dan Ruang Bersantai


Helloshabby.com -- Ada banyak cara untuk memaksimalkan ruang di bawah tangga. Ada yang membuatnya sebagai gudang penyimpan barang, area dapur kering bahkan ruang kerja minimalis. Ide ini mungkin efektif, tapi juga punya banyak kekurangan, pasalnya ruang bawah tangga yang sempit tentu bisa jadi kurang efisien untuk pekerjaan yang sifatnya intens. 

Namun, Anda juga dapat memaksimalkan ruang bawah tangga sebagai taman innercourt, ruang bersantai sampai ruang untuk merealisasikan hobi Anda. Ide ini lebih praktis dan minim risiko dari segala kemungkinan. 

Sebagai inspirasi untuk memanfaatkan ruang bawah tangga, kami hadirkan ulasan 6 Ide Kreatif Memaksimalkan Ruang Bawah Tangga dengan Berbagai Taman dan Ruang Bersantai . Simak inspirasinya di bawah ini: 

Taman Bawah Tangga dengan Kolam Ikan

cr:instagram/dhouse_dzds

Ruang bawah tangga yang kosong bisa disulap menjadi taman dalam rumah innercourt yang cantik dan segar. Area bawah tangga dibagi menjadi dua bagian, sebagian untuk kolam ikan minimalis sedang bagia lainnya dimanfaatkan untuk menanam dan meletakkan tanaman hias. Kombinasi keduanya tentu akan menghadirkan kesegaran pandang yang mengasyikkan.

Belum lagi, ruang bawah tangga ini juga berfungsi sebagai void yang mengatur teknik sirkulasi udara agar suhu yang berada di dalam ruangan tetap terasa sejuk dan tidak panas. Udara dari luar dipadukan dengan kesegaran taman, pastinya membuat ruangan di dalam rumah ikut terasa sejuk dan segar. 


Taman Kering Bawah Tangga untuk Mengobrol Santai

cr:instagram/aamsari1

Jika inspirasi pertama menggunakan konsep taman basah, inspirasi selanjutnya mengusung gaya taman kering di bawah tangga. Taman kering ini bisa dimanfaatkan sebagai ruang bersantai sambil mengobrol bersama. Untuk mendesainnya, Anda hanya perlu memilih lantai keramik dengan permukaan layaknya kayu untuk menghadirkan kesegaran yang lebih natural. Selanjutnya, Anda tinggal meletakkan satu set meja dan bangku taman. Memilih meja kayu akan sangat pas ditempatkan di taman kering yang satu ini. 

Taman Hijau Anti Ribet di Bawah Tangga

cr:instagram/bayt_suzwan

Tak dipungkiri, ada saatnya kita membutuhkan ruang khusus sebagai healing space: menghilangkan penat dan menjernihkan pikiran kita. Untuk itu, area bawah tangga bisa juga dimanfaatkan sebagai taman healing space kita. Tak harus ribet, alih-alih memilih rumput organik yang perlu perawatan, kita bisa memilih karpet rumput yang halus dan bisa dijadikan alas duduk ketika bersantai. Selain itu, kita pun bisa memilih tanaman artifisial yang juga memberikan kesegaran pandang dan tak memerlukan perawatan khusus.

Ruang Bawah Tangga untuk Rumah Si Kucing 

cr:instagram/kumpulandekorasicantik

Hobi memelihara kucing atau peliharaan lain? Jika iya, ruang bawah tangga juga dapat digunakan untuk rumah khusus untuk hewan peliharaan Anda. Di ruangan ini, Anda dapat meletakkan berbagai kebutuhan dan mainan si kucing. Bukan hanya spesial, tapi ruangan khusus ini juga akan membuat rumah Anda jadi lebih terbebas dari kenakalan si kucing yang terkadang suka merusak perabot rumah.

Ruang ini dibuat dengan material  Polycarbonate yang memiliki tampilan sebening kaca. Anda tetap dapat melihat aktivitas hewan peliharaan dari luar ruangan.  Desainnya dibuat menyesuaikan dengan tinggi pemilik rumah, sehingga Anda tidak kesulitan ketika hendak membersihkan rumah si kucing ini.

Ruang Hobi di Bawah Tangga

cr:instagram/mkhome_id

Daripada dibiarkan menjadi dead spot (area mati yang tidak berfungsi), kita bisa mengubah ruang bawah tangga sebagai ruang untuk merealisasikan hobi, hobi menjahit misalnya. Di sini, kita bisa meletakkan berbagai bahan dan peralatan menjahit di rak khusus di bawah tangga. Menambahkan dekorasi dinding akan membuat ruangan ini terlihat lebih hidup dan tidak kaku. 


Perpustakaan Mini Di Bawah Tangga 

cr:instagram/rumahku.minimalis

Cara lain memanfaatkan ruang bawah tangga adalah membuat perpustakaan mini di area ini. Cara ini selain efektif juga baik untuk menumbuhkan minat baca pada anak. Kita bisa mendesain rak buku built-in atau rak melayang untuk memajang dan meletakkan koleksi buku bacaan kita. Area lantai juga dibuat tinggi 5-7cm, sehingga perpustakaan mini di atas terlihat lebih istimewa. 

Itulah beberapa ide untuk memanfaatkan ruang di bawah tangga. Anda dapat memilih konsep ruang bawah tangga yang pas dengan model rumah Anda. 

Terimakasih telah menyimak artikel 6 Ide Kreatif Memaksimalkan Ruang Bawah Tangga dengan Berbagai Taman dan Ruang Bersantai sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber


Categories in English